WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Sembunyikan Nomor Telepon

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 10 Agu 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 12:00 WIB
[Fimela] WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

Liputan6.com, Jakarta - Ada informasi WhatsApp akan mengizinkan pengguna menyembunyikan nomor telepon mereka dari lawan bicara, di aplikasi Android.

Informasi ini disebut-sebut terkait dengan program pengujian beta Google Play. Dikatakan, fitur tersebut tengah dalam pengembangan.

Mengutip Gizchina, Selasa (9/8/2022), belum diketahui apakah fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna atau tidak. Namun menurut portal WABetaInfo, pengguna akan bisa menyembunyikan nomor WhatsApp dari lawan bicara.

Meski begitu, sejauh ini fitur menyembunyikan nomor telepon dari lawan bicara hanya di grup tertentu di aplikasi Android.

Opsi ini disebut-sebut tidak aktif secara default. Selain itu, fitur menyembunyikan nomor telepon ini hanya berlaku untuk anggota komunitas. Di mana, nomor telepon orang yang bergabung dengan komunitas tidak akan muncul secara default, namun setelah pengguna bergabung dengan grup tertentu dalam komunitas.

Pengguna bisa membuat nomornya terlihat, namun hanya untuk anggota WhatsApp group.

Screenshot yang dipublikasikan WABetaInfo memungkinkan pengguna mengevaluasi bagaimana inovasi tersebut akan bisa dilihat dalam pengaturan grup. Di luar komunitas, fungsi menyembunyikan nomor telepon belum tersedia dan belum diketahui keberadaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Telegram Sudah Punya Fitur Sembunyikan Nomor Telepon

Whatsapp - Vania
Perbesar
Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Adem Ay

Sebelumnya, Telegram telah menawarkan fungsi menyembunyikan nomor telepon dari pengguna lain secara default. Dengan begitu, pengguna Telegram bisa saja tidak mengetahui nomor telepon pengguna lainnya dan menambahkan kontak hanya dengan mencari username.

Sementara itu, pengembang WhatsApp disebut-sebut telah menambahkan fitur baru ke aplikasi, yang memberi kewenangan pada admin group untuk menghapus pesan apa pun bagi semua pengguna.

Fitur yang memungkinkan admin menghapus pesan untuk pengguna tersedia untuk beta tester WhatsApp di Android dengan versi 2.22.17.12. Di mana, jika admin group yang ingin menghapus pesan melihat opsi "hapus untuk semua orang", maka fitur tersebut sudah digulirkan ke akun si admin.

Nantinya nama pengguna akan tetap ditampilkan di gelembung obrolan setelah pesan dihapus. Jadi, semua anggota group akan tahu bahwa si admin telah menghapus pesan tersebut.

Sementara itu, WhatsApp telah menambahkan banyak fitur baru. Mulai dari peningkatan ukuran file yang dibagikan, membungkam pesan dari pengguna tertentu di group, menyembunyikan foto profil dari orang tertentu, hingga menyembunyikan status online dari kontak tertentu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Pengguna Bisa Hapus Pesan WhatsApp dalam 2 Hari

Whatsapp - Vania
Perbesar
Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Mika Baumeister

Terlepas dari fitur di atas, belum lama ini, Meta, perusahaan induk aplikasi pesan WhatsApp baru saja meluncurkan update dimana penggunanya dapat menghapus pesan dua hari setelah terkirim.

Fitur baru WhatsApp ini diumumkan oleh perusahaan lewat akun Twitter resmi mereka, dimana pengguna memiliki waktu 2 hari dan 12 jam untuk menghapus pesan.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp hanya memiliki batas waktu menghapus pesan 1 jam, 8 menit, dan 16 detik--secara spesifik.

Untuk menggunakan fitur baru di WhatsApp ini, kamu bisa buka grup atau chat individu. Pastikan untuk men-tap dan tahan pesan yang ingin dihapus.

Lanjutkan dengan klik tombol "Hapus", lalu pilih "Hapus untuk semua orang" atau "Hapus untuk saya".

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, semua penerima pesan harus sudah meng-update aplikasi WhatsApp mereka ke versi terkini agar fitur ini berfungsi.

Selain itu, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan jika pesan WhatsApp tersebut tidak terhapus di sisi penerima.

(Tin/Ysl)

Infografis Bantahan Adanya Pasal Karet di Permenkominfo PSE Lingkup Privat. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Bantahan Adanya Pasal Karet di Permenkominfo PSE Lingkup Privat. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya