Sukses

iOS 16 Kembali Tampilkan Persentase Baterai di iPhone, Tapi...

iOS 16 beta 5 menghadirkan kembali tampilan persentase baterai iPhone di sudut kanan atas layar. Namun tampilan ini malah dikeluhkan, kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Apple merilis iOS 16 beta 5 hari ini. Salah satu hal yang dinantikan pengguna iPhone, yakni persentase baterai di iPhone bakal dikembalikan di Status Bar.

Sekadar informasi, pengguna iPhone pasti sadar kalau di iOS 15 dan sebelumnya, untuk melihat persentase baterai harus menggulirkan layar Control Center ke bawah.

Dengan update di iOS 16, persentase baterai iPhone bisa dilihat langsung tanpa harus menggulirkan layar ke bawah.

Namun, berdasarkan tampilan di iOS 16 beta 5, The Verge menyebut tampilan baterai tersebut tidaklah menarik dan hampir tidak bisa dibaca.

Bagi pengguna yang telah mencoba update ke iOS 16 beta 5 namun tidak melihat persentase baterai, mereka bisa mengaturnya terlebih dahulu karena tidak diaktifkan secara default.

Caranya, pengguna iPhone bisa masuk ke menu Battery di Setting dan aktifkan saklar Battery Percentage.

Opsi tersebut tidak tersedia di iPhone 11, iPhone 12 mini, dan iPhone 13 mini. Namun mungkin berubah dengan rilis iOS 16 beta di masa mendatang.

Kembali ke tampilan persentase baterai di iOS 16, The Verge menyebutnya tidak menarik, mirip dengan nomor punggung di jersey olahraga. Namun, munculnya persentase baterai ini masih menimbulkan masalah fungsional.

Karena angka persentase tersebut muncul di ikon baterai, untuk membacanya, baterai iPhone harus terisi penuh agar persentase mudah dibaca. Jadi, ketika baterai ponsel hanya tinggal 10 persen, ikon baterai terlihat selalu penuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Malah Bikin Susah

Padahal, tujuan ikon baterai adalah agar pengguna memahami dengan cepat, berapa banyak sisa daya yang dimiliki. Sayangnya, indikator baterai "penuh" ditambah angka-angka kecil justru tidak mudah untuk dilihat.

Indikator baterai yang ada, justru dinilai tidak membantu dan sulit untuk dibaca, jika pengguna memakai background warna terang.

Saat ini, dibandingkan persentase baterai, ikon baterai dianggap lebih nyaman bagi pengguna. Pasalnya, meski ikon baterai tidak menampilkan berapa sisa baterai, indikator warna yang digunakan justru bisa menjadi patokan bagi pengguna.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Tidak Praktis

Dalam hal ini, ketika ikon baterai berubah warna dari hijau ke kuning, menjadi tanda yang tepat untuk mulai mengisi daya iPhone atau mengaktifkan mode daya rendah.

Sekadar informasi, Apple memutuskan menghilangkan persentase baterai di Status Bar iPhone sejak kehadiran iPhone X. Sebagai gantinya, persentase baterai di iPhone bisa dilihat ketika pengguna membuka Control Center atau menggulirkan layar Control Center ke bawah.

Namun karena kurang praktis, banyak orang yang meminta Apple untuk mengembalikan tampilan persentase baterai di sudut kanan atas iPhone.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.