Fitur Baru WhatsApp Mungkinkan Pengguna Hapus Pesan 2 Hari Setelah Terkirim

Oleh Yuslianson pada 09 Agu 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 10:30 WIB
Whatsapp
Perbesar
Ilustrasi Whatsapp Credit: unsplash.com/Mika

Liputan6.com, Jakarta - Meta, perusahaan induk aplikasi pesan WhatsApp baru saja meluncurkan update dimana penggunanya dapat menghapus pesan dua hari setelah terkirim.

Fitur baru WhatsApp ini diumumkan oleh perusahaan lewat akun Twitter resmi mereka, dimana pengguna memiliki waktu 2 hari dan 12 jam untuk menghapus pesan.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp hanya memiliki batas waktu menghapus pesan 1 jam, 8 menit, dan 16 detik--secara spesifik.

Untuk menggunakan fitur baru di WhatsApp ini, kamu bisa buka grup atau chat individu. Pastikan untuk men-tap dan tahan pesan yang ingin dihapus.

Lanjutkan dengan klik tombol "Hapus", lalu pilih "Hapus untuk semua orang" atau "Hapus untuk saya".

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, semua penerima pesan harus sudah meng-update aplikasi WhatsApp mereka ke versi terkini agar fitur ini berfungsi.

Selain itu, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan jika pesan WhatsApp tersebut tidak terhapus di sisi penerima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kuasa Admin Grup WhatsApp Ditingkatkan

Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Dimitri Karastelev

WhatsApp dikabarkan tengah bersiap untuk merilis sebuah fitur yang berguna untuk grup WhatsApp.

Lewat fitur yang tengah diujicobakan di WhatsApp versi Beta ini, nantinya, admin grup dapat menghapus pesan apa pun yang dikirim oleh semua anggota grup dan berdampak ke semua orang.

Mengutip Gizchina, Selasa (2/8/2022), dengan kemampuan untuk menghapus pesan dari semua orang, administrator grup WhatsApp diklaim bakal bisa mengatur grup WhatsApp dengan lebih baik.

Fitur ini akan tersedia bagi penguji beta WhatsApp di Android, yakni WhatsApp Beta hingga versi 2.22.17.12.

Jika kamu adalah admin sebuah grup dan bermaksud menghapus sebuah pesan melihat opsi "delete for everyone" atau "hapus pesan untuk semua orang", itu artinya fitur tersebut tersedia untuk kamu.

Nama admin WhatsApp bakal muncul di balon chat jika kamu (sebagai admin) menghapus pesan. Keterangan ini akan dapat dilihat oleh seluruh anggota grup. Dengan begitu, para anggota grup tahu, admin lah yang menghapus pesan tersebut.

 


Tombol Catch-up di WhatsApp

Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Adem Ay

Bukan hanya itu, WhatsApp juga merilis sebuah perbaikan untuk catch-up button. Perlu diketahui, catch-up button adalah notifikasi yang muncul ketika ada seseorang di grup yang me-mention nama seorang pengguna.

Sebelumnya, pada catch-up button ini terdapat bug dan muncul tanpa alasan yang pasti, padahal si pengguna tidak di-mention oleh siapa pun di dalam grup.

Sekadar informasi, aplikasi WhatsApp memang menghadirkan beragam fitur untuk grup WhatsApp. Sebelumnya, pengguna bisa membungkam alias me-mute anggota grup tertentu yang dianggap mengganggu.

Selain itu, pengguna juga bisa menyembunyikan gambar profil dan status online dari kontak-kontak tertentu yang tidak diinginkan.

 


Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone

Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

Sebelumnya WhatsApp menghadirkan fitur transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone dan sebaliknya. Bagi kamu yang sering gonta-ganti ponsel dari HP Android ke iOS atau sebaliknya, pasti pernah mengalami kesulitan untuk me-restore riwayat chat WhatsApp dari atau kedua OS tersebut.

Nah, lewat pembaruan aplikasi WhatsApp yang diluncurkan kali ini. Pengguna aplikasi chat di perangkat iOS atau Android pun kini bisa dengan mudah mentransfer riwayat chat.

Kabar baik ini diungkap oleh perusahaan lewat akun Twitter-nya, "Cara baru untuk tetap menyimpan chat penting. Hari ini Anda memiliki kemampuan untuk mentrasfer seluruh riwayat chat dari Android ke iOS dan sebaliknya."

Dengan fitur baru ini, informasi akun, foto profil, chat individu, grup, riwayat obrolan, media, dan pengaturan aplikasi akan ikut ke transfer ke perangkat baru.

Bagaimana sih caranya? Mengutip dari laman FAQ WhatsApp, Sabtu (23/7/2022), berikut adalah cara transfer chat WhatsApp dari Android ke iOS atau sebaliknya dengan mudah.

(Ysl/Tin)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya