Sukses

Samsung Disebut Bakal Luncurkan Tablet Lipat Usai Kesuksesan HP Galaxy Z

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi jika perusahaan teknologi Korea Selatan, Samsung, tengah giat-giatnya mengembangkan berbagai perangkat layar lipat, khususnya usai kesuksesan smartphone seri Galaxy Z Flip dan Fold.

Baru-baru ini, sebuah bocoran mengklaim bahwa Samsung sedang mengembangkan tablet layar lipat (foldable) pertama mereka, yang disebut-sebut bakal diperkenalkan bersamaan dengan Galaxy Tab S9.

Bocoran tentang tablet foldable Samsung ini diberitakan dalam sebuah blog di Naver oleh lanzuk, Mengutip Phone Arena, Selasa (9/8/2022), hal ini juga disebutkan oleh leaker IceUniverse dalam sebuah unggahan di Weibo.

Dikutip dari Sammobile, sejauh ini belum ada kabar maupun pengumuman dari Samsung terkait tablet layar lipat ini, termasuk soal Galaxy Tab S9.

Dengan asumsi Samsung mengikuti jadwal perilisan tahunan mereka, seri Tab S9 dan tablet Galaxy lipat ini akan diluncurkan sekitar Januari sampai Februari 2023.

Mengingat kabar ini belum resmi, maka belum ada juga nama resmi untuk perangkat yang satu ini. Media Slashgear sendiri menjuluki tablet lipat pertama Samsung ini sebagai "Galaxy Z Tab" sementara Phone Arena menamainya "Galaxy Tab Fold."

Samsung sendiri bakal merilis dua smartphone layar lipat terbaru mereka pada 10 Agustus 2022 mendatang. Berbagai bocoran informasi tentang produk yang akan diumumkan dalam acara pun sudah beredar sejak beberapa bulan lalu.

Adapun produk yang akan diumumkan oleh Samsung di Galaxy Unpacked 2022 antara lain Galaxy Z Fold4, Z Flip4, Galaxy Watch 5, Watch 5 Pro, Galaxy Buds 2 Pro TWS, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Z Fold4 Sempat Mejeng di Situs Amazon

Baru-baru ini, sebuah iklan di e-commerce Amazon memperlihatkan gambar Galaxy Z Fold4. Berdasarkan deskripsi yang kini sudah dihapus, Galaxy Z Fold4 memiliki layar berukuran 6,2 inci di bagian luarnya.

Sementara itu layar di bagian dalamnya berukuran 7,6 inci dengan rasio 21.6:18. Baik layar di luar dan di dalam sudah mendukung refreh rate hingga 120Hz.

Seperti yang sudah diketahui lewat bocoran baru-baru ini, HP Android baru milik Samsung ini akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 buatan Qualcomm.

Untuk mendukung performa sehari-hari, perusahaan juga sudah menyematkan baterai 4400mAh dengan pengisian cepat 25W.

Terkait dengan fotografi, HP Samsung ini akan dilengkapi dengan kamera utama 50MP, lensa ultra-wide-angle 12MP, dan telefoto 10MP (3x optical zoom).

Sebagai informasi pelengkap, Samsung Galaxy Z Fold4 ini memiliki ukuran tinggi bodi 155,1mm, lebar 67,1mm saat dilipat, dan ketebalan 15.8mm. Saat dibuka, HP Samsung ini memiliki lebar 130,1mm dan berat 263 gram.

Sayang, informasi Samsung Galaxy Z Fold4 yang muncul di situs Amazon tersebut tidak mengungkap label harganya. Selain itu, hanya ada opsi memori 512GB yang ditampilkan di laman web.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bocoran Harga dan Spesifikasi Galaxy Z Fold4

Gambar render yang dibagikan oleh OnLeaks dan Smartprix, serta Evan Blass dan 91Mobiles, menunjukkan bahwa Galaxy Z Fold 4 akan mengawinkan formula phone-slash-tablet dengan elemen desain dari Galaxy S22 Ultra.

Cangkang kamera belakangnya akan sedikit menonjol seperti Galaxy S22 Ultra dan dimensi yang sedikit diubah. Pembocor Ice Universe memprediksi Galaxy Z Fold 4 akan memiliki lipatan layar yang lebih smooth.

Dari segi kinerja, pembocor terkenal Yogesh Brar mengatakan Samsung Galaxy Z Fold 4 akan menggunakan chip Snapdragon 8+ Gen 1 baru yang dipasangkan dengan RAM 12GB atau 16GB.

Kamera belakang utama memiliki resolusi 50MP yang ditingkatkan serta kamera beresoulsi 16MP yang jauh lebih tajam. Ditambah sensor ultra-wide 12MP dan zoom 3X di bagian belakang, serta kamera selfie 10MP.

Soal ruang penyimpanan, Brar menyatakan bahwa Galaxy Z Fold 4 akan hadir dengan memori internal mulai 256GB, sedangkan Evan Blass menyebut 128GB.

Sementara YouTuber Jon Prosser dan yang lainnya meyakini Galaxy Z Fold 4 akan rilis di toko pada 26 Agustus 2022. Varian 128GB akan ditawarkan dengan harga lebih murah dari pendahulunya (Galaxy Z Fold 3) yang dibanderol US$ 1.800.

 

4 dari 4 halaman

Bocoran Galaxy Z Flip 4

Jika bocoran gambar OnLeaks dan Evan Blass (ditambah video TechTalkTV yang dihapus) akurat, Galaxy Z Flip 4 sebenarnya adalah salinan Flip 3 dengan kamera belakang serupa, layar eksternal sedikit lebih besar, dan warna berbeda.

Menurut Yogesh Brar, Galaxy Z Flip 4 akan ditopang Snapdragon 8+ Gen 1, tetapi masih menyertakan RAM 8GB dengan ruang penyimpanan hingga 256GB yang tidak dapat diperluas dan layar 120Hz 6,7 inci.

Galaxy Z Flip 4 disebut akan mendapatkan baterai 3.700mAh yang lebih besar (dibandingkan 3.300mAh di Flip 3) dan pengisian daya 25W (dibandingkan 15W).

Kamera belakang ganda 12MP dan kamera selfie 10MP yang ada pada pendahulunya akan dibawa ke model baru.

Belum ada kepastian apakah Flip 4 akan tetap dibanderol dengan harga mulai US$ 999 seperti pendahulunya. Namun, jika ada model 128GB, diharapkan harganya tidak jauh lebih mahal.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.