Gemas, Pencarian Hari Kucing Sedunia 8 Agustus 2022 di Google Tampilkan Animasi Lucu

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 08 Agu 2022, 12:13 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 13:05 WIB
Kucing - Vania
Perbesar
Ilustrasi Kucing/https://unsplash.com/Manja Vitolic

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dan bikin gemas di laman pencarian Hari Kucing Sedunia pada 8 Agustus 2022 ini di Google.

Kalau kamu membuka pencarian Google dan mengetikkan Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day, hasil pencarian akan memperlihatkan tapak kaki kucing.

Ketika kamu mengklik tapak kaki kucing yang ada di hasil pencarian Google tersebut, akan muncul animasi gemas, berbagai kaki kucing memegang telapak kaki kucing tersebut.

Pengguna juga bisa mengklik bagian layar lainnya, nantinya, animasi kaki kucing akan menyentuh bagian yang diklik. Tidak lupa, tiap kemunculan kaki kucing akan diingi dengan suara "meong" dan "purring" dari si kucing.

Animasi kucing yang tampil pun beragam. Ada kucing warna hitam, abu-abu, tabby alias si belang, kucing oren, kucing dengan kaos kaki putih, hingga si calico alias belang tiga.

Uniknya, suara "meong" dari tiap-tiap kucing juga berbeda, ada yang bersuara imut hingga cempreng.

Laman pencarian Google untuk Hari Kucing Sedunia dengan animasi kucing ini bukan hanya tampil di penelusuran menggunakan desktop atau komputer, tetapi juga ada di Android atau iOS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ada di Google versi Desktop, Android, hingga iOS

Hari Kucing Sedunia
Perbesar
Laman pencarian Google untuk keyword "Hari Kucing Sedunia" atau "International Cat Day" menampilkan animasi kaki dan suara kucing. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Pengguna yang menyentuh bagian layar Android di laman pencarian Hari Kucing Sedunia akan melihat layarnya penuh dengan tapak kaki kucing. 

<p>Hasil pencarian Google untuk keyword Hari Kucing Sedunia (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>

Namun sayangnya, animasi kucing yang ditampilkan di iOS tidak semasif yang ditampilkan di Android. Selain itu, pada penelusuran di iOS, pengguna juga tidak bisa mendengar suara "meong" atau "purring" dari si kucing.

Buat kamu yang merupakan pecinta kucing dan penasaran dengan animasi kucing yang dimaksud, segera buka Google, lalu ketik "Hari Kucing Sedunia" atau "International Cat Day" di kolom pencarian. Jangan lupa tekan cari.

Lalu, sentuh gambar telapak kaki kucing yang ada, dan lihat, kucing warna apa yang akan menyapa kamu. Selamat mencoba ya, cat lovers!

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


YouTube Ikut Rayakan Hari Kucing Sedunia

YouTube merayakan Hari Kucing Sedunia 2022 (Screenshot YouTube)
Perbesar
YouTube merayakan Hari Kucing Sedunia 2022 (Screenshot YouTube)

Selain di laman pencarian Google, kalau kamu perhatikan, ada yang menarik di tampilan logo YouTube di kiri atas dari platform tersebut pada hari ini, Senin (8/8/2022).

Jika membuka YouTube baik di aplikasi ponsel atau situs web, mungkin sebagian dari kamu bakal melihat animasi logo YouTube yang berubah menjadi seekor kucing lucu yang berwarna biru-merah muda.

Selain itu, bakal ada sebuah banner yang bertuliskan: "Kalau kucing kamu tiba-tiba hilang bisa jadi dia lagi viral di YouTube."

Animasi ini ditampilkan oleh platform berbagi video milik Google ini dalam rangka merayakan Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day tahun 2022.

"Yuk rayain Hari Kucing Sedunia bersama makhluk imut berbulu yang sering jadi meme, menginspirasi tren muka cemberut, dan lain-lain," tulis YouTube di banner tersebut.


Tentang Hari Kucing Sedunia

Kucing (pixel.com)
Perbesar
Kucing (pixel.com)

Apabila kamu mengklik tombol "Jelajahi" atau "Explore" di banner tersebut, kamu bakal diarahkan ke beberapa video soal kucing yang ada di YouTube, di mana beberapa di antaranya pernah menjadi viral.

Salah satu yang Tekno Liputan6.com temukan adalah video viral berdurasi 2 menit 58 detik berjudul "Kucing Berantem Rebutan Wilayah, Siapakah yang menang?" dari kanal Bang Os.

Ada juga beberapa rekomendasi video bertemakan kucing lainnya yang ditampilkan, misalnya dari kreator seperti Medy Renaldy dan MiawAug, hingga meme Nyan Cat.

Mengutip First Post, Hari Kucing Internasional pertama kali dirayakan di tahun 2022 oleh International Fund for Animal Welfare, dengan tujuan untuk mengapresiasi kucing.

Peringatan ini juga biasanya menyoroti tentang perlindungan terhadap kucing dari kekerasan.

(Tin/Ysl)

Infografis Tekno Google Twitter revisi
Perbesar
Infografis Tekno Google Twitter revisi
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya