Sukses

Redmi 10 5G Resmi Melenggang di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Xiaomi telah mengumumkan kehadiran Redmi 10 5G untuk pasar Indonesia, simak artikel berikut ini untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi resmi memperkenalkan Redmi 10 5G sebagai smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia. Kehadiran perangkat ini sendiri sebenarnya sempat diungkap oleh Xiaomi Indonesia melalui akun media sosialnya beberapa hari lalu.

Menurut Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel, Redmi 10 5G merupakan HP Andriod 5G entry level yang mendukung berbagai aktivitas pengguna, seperti menjelajah internet, mengakses media sosial, streaming video, mendengarkan musik, hingga bermain game online.

"Xiaomi menghadirkan Redmi 10 5G sebagai salah satu pilihan bagi masyarakat yang menginginkan aspek 'future-proof' dalam smartphone yang digunakan sehari-hari," tuturnya dalam peluncuran Redmi 10 5G, Selasa (2/8/2022).

Untuk dapur pacu, Xiaomi membekali ponsel ini dengan chipset Dimensity 700. Ada dua pilihan memori yang tersedia, yakni RAM 4GB dengan ROM 128GB dan RAM 6GB dengan ROM 128GB.

Redmi 10 5G mendukung kemampuan dual 5G SIM standby, sehingga jaringan 5G smartphone ini mampu aktif di dua jaringan sekaligus. Lalu untuk layar, smartphone ini memiliki layar LCD berukuran 6,58 inci beresolusi FHD+ dengan refresh rate 90Hz.

Layar HP Redmi ini juga dilengkapi teknologi Adaptive Sync, sehingga secara pintar mampu menyesuaikan refresh rate sesuai kondisi pemakaian. Dengan demikian, perangkati ini tetap bisa memberikan performa smartphone optimal yang hemat daya.

Xiaomi turut membenamkan fitur Sunlight Display dan Reading Mode 3.0 untuk memberikan rasa nyaman di mata pengguna. Dari sisi audio, Redmi 10 5G memiliki Hi-Res Audio Certification untuk kualitas suara yang kencang sekaligus jernih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Redmi 10 5G

Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung kemampuan fast charging 18W. Namun dalam paket pembelian, konsumen akan mendapatkan charger dengan kemampuan 22.5W.

Urusan fotografi, smartphone ini memiliki dua kamera belakang yang terdiri lensa utama 50MP dan depth camera 2MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 5MP.

Di Indonesia, smartphone ini hadir dalam tiga pilihan warna, yakni graphite gray, chrome silver, dan aurora green. Redmi 10 5G akan tersedia mulai 8 Agustus 2022 melalui kanal penjualan online dan offline.

Untuk keamanan, Redmi 10 5G telah dilengkapi fitur side fingerprint sensor dan AI face unlock. Smartphone ini menjalankan MIUI 13 berbasis Android 11. 

Harga dari Redmi 10 5G varian RAM 4GB dan ROM 128GB adalah Rp 2.799.000, sedangkan varian RAM 6GB dengan ROM 128GB dijual Rp 2.999.000.

3 dari 4 halaman

Xiaomi Gaet Octopus dan Forwat untuk Ajak Masyarakat Daur Ulang Produk Elektronik Bekas

Di sisi lain, Xiaomi, menggandeng platform ekonomi sirkular Octopus dan Forum Wartawan Teknologi (Forwat) untuk mengampanyekan pengelolaan elektronik bekas pakai secara bertanggung jawab.

Kerja sama ini sendiri diluncurkan dalam bentuk kampanye #LebihLestari, untuk pengelolaan dan daur ulang elektronik bekas pakai memberikan dampak lebih luas dalam ekonomi sirkular serta lingkungan yang lebih berkelanjutan.

Tujuan dari kampanye ini adalah sebagai upaya bersama untuk mengedukasi, sekaligus membangun kesadaran dalam menjaga kelestarian lingkungan, serta membantu konsumen mengelola elektronik bekas pakai dengan bertanggung jawab.

Country Director Xiaomi Indonesia, Wentao Zhao mengatakan, kampanye ini adalah langkah awal dari komitmen jangka panjang mereka, untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

"Lewat kampanye ini, kami mengajak Xiaomi Fans dan masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mengadopsi praktik ramah lingkungan," kata Zhao.

"Salah satunya dengan memberikan solusi daur ulang barang elektronik bekas pakai," imbuhnya, seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (30/7/2022).

Xiaomi mengatakan, inovasi teknologi saat ini berlangsung dengan sangat cepat. Masyarakat pun juga semakin mudah untuk memperolehnya, sehingga pergantian produk yang lebih lawas pun ikut menjadi lebih cepat.

Di sisi lain, masyarakat terkadang lupa bahwa sebuah produk elektronik bekas pakai harus dikelola dengan serius agar tidak merusak lingkungan.

4 dari 4 halaman

Sejalan dengan Skema Pemerintah

Perusahaan asal Tiongkok ini menambahkan, kampanye #LebihLestari juga sejalan dengan saran pemerintah untuk menerapkan skema take-back dalam mengelola elektronik bekas pakai.

Dalam skema ini, elektronik bekas pakai diserahkan oleh konsumen ke produsen, untuk dikelola atau didaur ulang, bekerja sama dengan lembaga masyarakat terkait, untuk menjadi sumber energi terbarukan.

Sehingga, barang elektronik bekas pakai ini nantinya tidak akan sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Kampanye ini pun diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam mengelola elektronik bekas pakai di Indonesia.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2021 menyebutkan, baru sebanyak 17,4 persen elektronik bekas pakai yang dikumpulkan kemudian diolah atau didaur ulang dengan benar.

"Pengelolaan dan daur ulang elektronik bekas pakai yang dikumpulkan di drop-off point Xiaomi nantinya akan dilakukan oleh para pelestari lingkungan untuk menjadi barang yang 100 persen berguna," kata CEO Octopus, Moehammad Ichsan.

Menurut Ichsan, penerapan ekonomi sirkular dalam kampanye ini akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik, sekaligus membantu mempromosikan tentang ekonomi sirkular kepada masyarakat. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.