Sukses

Oppo Ungkap MariSilicon X Akan Hadir di Reno8 Pro

Oppo baru saja mengungkap varian lini Reno8 yang akan menggunakan chip MariSilicon X.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo akhirnya mengungkap varian Reno8 yang akan menggunakan chip MariSilicon X. Melalui beberapa unggahan di akun resminya, Oppo Reno8 Pro 5G terungkap akan menjadi smartphone pertama di lini Reno yang menggunakan chip NPU tersebut.

Sebagai informasi, MariSilicon X merupakan chip NPU mandiri besutan Oppo yang dikembangkan untuk meningkatkan pengolahan pencitraan yang lebih baik. Chip ini pertama kali digunakan pada Oppo Find X5 Pro.

"NPU premium MariSilicon X sebelumnya memang dikhususkan hanya untuk perangkat flagship saja, seperti Find X5 Pro. Namun, dengan komitmen dan semangat Oppo untuk menyajikan teknologi baru ke berbagai kelas smartphone, chip ini juga akan disematkan di Reno8 Pro 5G," tutur PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (1/8/2022).

Lebih lanjut Aryo menuturkan, keberadaan MariSilicon X sekaligus menegaskan posisi seri Oppo Reno8 yang memiliki keunggulan dari sisi kamera. Sebab, menurutnya, lini seri Reno memang selalu mengedepankan dua hal, yakni fitur kamera dan desain perangkat.

Hal itu dapat dilihat dari riwayat pengembangan lini Oppo Reno yang selalu menghadirkan fitur kamera unik dan teknologi paling mutakhir. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi yang pertama di industri, seperti teknologi 10X Hybrid Zoom di Reno 10X Zoom, dan ultra steady video di Oppo Reno2.

Sementara pada Oppo Reno7, Oppo menyematkan algoritma AI ke dalam sensor yang dikembangkan bersama Sony. Untuk itu, berbekal MariSilicon X, Oppo Reno8 Pro 5G juga akan hadir dengan berbagai fitur kamera, seperti kemampuan perekaman malam hari yang lebih baik.

Oppo juga menyebut jargon pada Reno8 Pro adalah 'The Portrait Expert' yang menitikberatkan pada kemampuan portret di malam hari atau lingkungan rendah cahaya. Namun, meski sudah mulai diungkap, jadwal resmi peluncuran lini Reno8 di Indonesia belum diumumkan.

Kendati demikian, smartphone ini disebut akan meluncur pada Agustus 2022. Untuk itu, informasi lebih lanjut mengenai lini Reno8 dan varian yang akan tersedia di Indonesia akan diungkap dalam beberapa pekan ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Chip MariSilicon X yang Akan Hadir di Lini Oppo Reno8

Sebelumnya, lini Oppo Reno8 dipastikan akan siap meluncur untuk pasar Indonesia. Smartphone ini diketahui sudah mendapat Sertifikasi Postel Kementerian Komunikasi dan Informatika dan TKDN Kementerian Perindustrian.

Menyusul kabar tersebut, Oppo Indonesia pun menggelar event Oppo Reno Portrait Workshop. Dalam event tersebut, Oppo mengungkap salah satu spesifikasi kunci yang akan hadir di seri Oppo Reno8.

Spesifikasi kunci yang dimaksud adalah lini Oppo Reno8 akan dipersenjatai dengan chip NPU besutan sendiri, yakni MariSilicon X.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, kehadiran MariSilicon X ini merupakan bentuk komitmen Oppo untuk menghadirkan teknologi terkini ke lebih banyak orang.

Sebagai informasi, MariSilicon X merupakan chip yang dikembangkan secara mandiri oleh Oppo. Chip ini hadir pertama kali pada lini Oppo Find X5 Pro dan sebelumnya akhirnya menyambangi seri Oppo Reno.

"Oppo Reno8 yang dipersenjatai MariSilicon X akan menjadi yang pertama di seri Reno," tutur Aryo dalam event yang digelar, Selasa (26/7/2022) sore.

3 dari 5 halaman

Kemampuan Chip MariSilicon X

Lebih lanjut Aryo menuturkan, chip ini hadir sekaligus menjawab permasalahan NPU yang ada saat ini.

Adapun permasalahan yang dimaksud Aryo bukan persoalan teknis, melainkan perspektif konsumen. Jadi saat ini, menurut Aryo, konsumen kerap merasa ada perbedaan hasil foto dari perangkat yang menggunakan chipset berbeda.

Sebagai contoh, hasil foto dari smartphone yang menggunakan chipset A dianggap memiliki keunggulan dari sisi warna lebih akurat. Sementara, hasil foto dari smartphone dengan chipset B dianggap lebih unggul dalam hal HDR.

"Untuk menghapuskan perspektif tersebut, maka ditengahi dengan NPU yang kami bangun sendiri yakni MariSilicon X. NPU ini juga bisa bekerja dengan baik di Snapdragon dan MediaTek, dua chipset yang digunakan di perangkat Oppo hingga sekarang," ujarnya menjelaskan.

4 dari 5 halaman

Kemampuan Lain MariSilicon X

Untuk mendukung kemampuannya, Oppo membekali MariSilicon X dengan dedicated DDR bandwidth. Berbekal DDR khusus tersebut, MariSilicon X mampu melakukan pemrosesan pencitraan berlangsung lebih cepat.

Selain itu, MariSilicon X mampu menghadirkan kualitas foto terbaik yang didukung Ultra HDR dengan rasio kontras 1.000.000 : 1 atau empat kali dynamic range yang dihasilkan Oppo Find X3 Pro.

Chip ini juga diperkuat dengan peningkatan mode RGBW yang menghadirkan tekstur 1,7 kali lebih jelas dan kecepatan pemrosesan file mentah 2 kali lebih cepat.

Lalu dengan algoritma RAW terbaru, MariSilicon X dapat mengurangi noise melalui kecerdasan buatan di masing-masing saluran warna RGB.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah seluruh varian Oppo Reno8 Series akan menggunakan chip MariSilicon X. Dari laporan, ada kemungkinan chip ini akan dipakai di Reno8 varian tertinggi. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.