Sukses

Mobilman.id Gandeng Anak Usaha Blue Bird untuk Perluas Jual Beli Mobil Bekas

Marketplace mobil bekas Mobilman.id menggandeng Balai Lelang Caready, anak perusahaan PT Blue Bird Tbk. untuk memperluas penjualan mobil bekas.

Liputan6.com, Jakarta - Marketplace mobil bekas Mobilman.id menggandeng Balai Lelang Caready, anak perusahaan PT Blue Bird Tbk. untuk memperluas penjualan mobil bekas.

CEO PT MobilMan Digital Indonesia, Danang Wikanto, mengatakan Mobilman dengan Caready sama-sama bergerak di bidang mobil bekas, namu berbeda bentuk.

"Maka dari itu, kami melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk bersinergi," ujar Danang melalui keterangannya, Sabtu (30/7/2022).

Ia menyebut di layanan jual beli mobil bekas, terbentuk budaya pembeli mengingingkan dua hal. Pertama mobil bagus dan kedua harga murah. Sebaliknya, penjual mobil bekas berharap harga tertinggi dan cepat laku. Akibatnya sulit ketemu.

"Tapi, bagi pembeli dan penjual berpengalaman, tidak begitu lagi. Mereka realistis mengikuti harga pasar dan sesuai dengan kondisi mobil," tutur Danang.

Marketplace Mobilman.id sebagai sarana jual beli mobil bekas diklaim menjadi lalu-lintas antara penjual dengan pembeli. Per hari, rata-rata 112 unit mobil bekas diiklankan di Mobilman.id.

Sementara jumlah pengunjung rata-rata 1.900 viewers dan perbandingan antara tingkat laku dengan mobil teriklan adalah 1 banding 12.

"Maka, lebih banyak mobil teriklan yang tidak laku. Sedangkan esok harinya, iklan suatu mobil tertimpa oleh (rata-rata) 112 iklan baru. Esok harinya lagi, iklan semakin tenggelam tertimpa iklan baru. Padahal, di antara ratusan mobil bekas teriklan itu, ada mobil kondisi bagus harga realistis, tapi tidak laku," tutur Danang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lelang Ratusan hingga Ribuan Mobil

Sebaliknya, PT Balai Lelang Caready, sebagai lembaga perusahaan lelang mobil bekas mengaku rutin melelang mobil bekas, sepekan dua kali untuk area Bekasi.

Lelang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu secara online, di mana ada ratusan hingga ribuan mobil bekas dilelang.

General Manager Caready, Biem Hadiedy Kartawijaya, mengatakan perbandingan antara mobil yang dilelang dengan mobil yang laku, rata-rata sekitar dua mobil terlelang, satu mobil laku.

"Kesempatan terjual saat ini di balai lelang cukup besar dengan rata rata satu banding tiga," ungkapnya.

Ia menambahkan tingkat laku di Caready sangat tinggi, sebab harga mobil terlelang di Caready sangat realistis dengan kondisi mobilnya. Juga, calon pembeli peserta lelang memang sudah siap beli sehingga sangat cepat laku.

Bentuk kerjasama Mobilman dengan Caready adalah mobil yang diiklankan di Mobilman, dan ternyata belum laku akan dihubungi oleh para staf Mobilman. Penjual mobil ditawari oleh pihak Mobilman agar mobil tersebut dilelang di Caready. Tujuannya agar cepat terjual.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bagaimana dengan Keamanannya?

Biem menuturkan perusahaan mengasuransikan seratus persen seluruh aset dan juga kendaraan yang dititipkan di Balai Lelang Caready, sehingga aman terutama resiko bencana alam seperti banjir, gempa bumi dan lainnya.

"Asuransi menyangkut semua kerusakan sampai kehilangan," ungkapnya sambari menambahkan klaim asuransi palng lambat 24 jam dari saat mobil bermasalah.

Terkait daya tampung mobil terlelang di Caready, Biem menuturkan perusahaan memiliki lahan yang cukup luas.

"Pool Caready Bekasi memiliki luas 1 hektar. Karena Caready adalah anak perusahaan dari Blue Bird, maka beberapa lokasi di luar kota akan menggunakan pool taksi Blue Bird yang terjamin aman," Biem memungkaskan.

4 dari 4 halaman

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.