Sukses

Diablo Immortal Raup Untung Rp 1,5 Triliun dalam 2 Bulan Pertama Rilis

Terlepas dari berbagai ulasan beragam, game Diablo Immortal ternyata mampu menjadi "mesin uang" paling produktif bagi Blizzard dan NetEase.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Activision Blizzard memgumumkan kehadiran gim Diablo Immortal pada November 2018, hingga melirisnya pada Juni 2022 memang menuai banyak kontroversi.

Salah satu alasan adalah keputusan pengembang dan penerbit game untuk hanya merilis game bergenre action RPG ini hanya untuk PC Windows dan mobile.

Lainnya adalah ketika Activision Blizzard mengubah konsep seri Diablo ini menjadi game free-to-play, dengan memperkenalkan mikrotransaksi untuk mempercepat karakter naik level hingga upgrade senjata dan armor di dalam gim.

Terlepas dari berbagai ulasan beragam, game Diablo Immortal ternyata mampu menjadi "mesin uang" paling produktif bagi Blizzard dan NetEase--selaku co-developer game.

Berdasarkan laporan dari perusahaan analitik Sensor Tower, Minggu (31/7/2022), game Diablo Immortal telah menghasilkan uang lebih dari USD 100 juta atau Rp 1,5 triliun.

Angka ini terbilang cukup menakjubkan, mengingat Diablo Immortal ini baru meluncur di perangkat mobile dan PC Windows dalam kurun waktu 2 bulan.

Sensor Tower menyebutkan, gim ini lebih unggul ketimbang dari IP game besar lain yang meluncur di perangkat mobile, seperti gim Fire Emblem Heroes keluaran Nintendo.

Adapun gim Nintendo ini butuh 10 pekan untuk mencapai angka USD 100 juta, sementara Fortnite butuh waktu 12 minggu, dan Final Fantasy XV: A New Empire sekitar 22 minggu.

Walau lebih unggul dari IP gim besar, Diablo Immortal masih jauh dari Pokemon Go yang hanya membutuhkan waktu 2 minggu untuk mencapai angka Rp 1,5 triliun.

Sensor Tower menjelaskan, Diablo Immortal dalah gim mobile peringkat ke-13 tertinggi di dunia dalam hal perolehan pendapatan.

Sementara itu, gim buatan Activision Blizzard ini juga merupakan gim mobile RPG nomor 4 dan MMORPG kedua--dibelakang game NetEase lainnya, Fantasy Westward Journey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Minimal Perangkat PC, iOS, dan Android

<p>Diablo Immortal siap maluncur di iOS, Android, dan juga PC pada 2 Juni 2022. (Doc: Activision Blizzard)</p>

Beberapa fitur yang dikerjakan seperti optimalisasi build package awal, optimalisasi kinerja perangkat Android, peningkatan pengalaman di PC, serta pengoptimalan kinerja dan jaringan.

Apabila kamu ingin memainkan Diablo Immortal di Android, iOS, dan PC Windows, pastikan kamu memperhatikan beberapa persyaratan minimum perangkat untuk dapat memainkan game berikut ini. 

Blizzard memberi catatan, karena kemungkinan perubahan pemrograman, persyaratan sistem minimum untuk Diablo Immortal dapat berubah seiring waktu.

Android

Untuk perangkat Android, mengutip keterangan di Google Play Store, Diablo Immortal dapat dimainkan pada perangkat dengan Android 6.0 atau yang lebih tinggi.

Meski begitu, di laman support Battle.net, spesifikasi untuk memainkan Diablo Immortal untuk perangkat Android adalah:

  • OS: Android 5.0 dan lebih tinggi
  • Prosesor: Snapdragon 660/Exynos 9611 dan lebih tinggi
  • Video: Adreno 512 / Mali-G72 MP3 dan lebih tinggi
  • Memori: 2 GB RAM
3 dari 4 halaman

iOS

Trailer Diablo Immortal (Activision Blizzard)

Mengutip keterangan di App Store, untuk perangkat iPhone membutuhkan iOS 11.0 atau yang di atasnya, sementara iPad membutuhkan iPadOS 11.0 atau yang lebih tinggi dan iPod touch membutuhkan iOS 11.0 atau lebih tinggi.

Sementara, dalam laman Battle.net, perangkat iOS untuk memainkan Diablo Immortal minimal adalah iPhone 6s atau yang terbaru, serta memiliki OS iOS 11 dan yang lebih baru.

Selain itu, dibutuhkan juga ruang sebesar 3,4 GB apabila ingin memasang game ini di perangkat iOS.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi untuk PC Windows

Trailer Diablo Immortal (Activision Blizzard)

Untuk perangkat PC Windows, kamu dapat mengunduh game ini melalui situs Battle.net milik Blizzard. Berikut ini spesifikasi yang dibutuhkan supaya dapat menjalankan Diablo Immortal:

Spesifikasi Minimal

  • OS: Windows 7 / Windows 8 / Windows 10 / Windows 11 (64-bit)
  • Prosesor: Intel Core i3 atau AMD FX-8100
  • Video: NVIDIA GeForce GTX 460, ATI Radeon HD 6850 atau Intel HD Graphics 530
  • Memori: 4 GB RAM
  • Internet: Membutuhkan koneksi internet
  • Resolusi: Resolusi layar minimum 1920 x 1080

Spesifikasi Direkomendasikan

  • OS: Windows 10 / Windows 11 (64-bit)
  • Prosesor: Intel Core i5 or AMD Ryzen 5
  • Video: NVIDIA GeForce GTX 770 or AMD Radeon RX 470
  • Memori: 8 GB RAM
  • Internet: Membutuhkan koneksi internet
  • Resolusi: Resolusi layar minimum 1920 x 1080 

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.