Ini Cara Pin Postingan Instagram di Android dan iPhone

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 01 Agu 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 01 Agu 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi Instagram, main media sosial Instagram
Perbesar
Ilustrasi Instagram, main media sosial Instagram. (Photo by Kate Torline on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial Instagram saat ini memungkinkan penggunanya untuk menyematkan unggahan yang dianggap terbaiknya, ke posisi paling atas di feed profilnya.

Dengan fitur ini, orang lain yang mengunjungi sebuah profil, akan bisa secara langsung melihat tiga postingan yang disematkan atau di-pin.

Ini bisa jadi cara yang bagus untuk memperlihatkan konten terbaikmu di platform media sosial tersebut, tanpa harus membuat orang lain melakukan scrolling di profilmu, apalagi jika kamu sudah mengunggah ratusan atau ribuan postingan.

Berikut ini langkah-langkah menyematkan atau melakukan pin postingan Instagram, yang sangat mudah dilakukan baik di Android maupun iPhone:

  1. Masuk ke profilmu lewat tab di sebelah kanan bawah aplikasi Instagram
  2. Pilih salah satu unggahan yang ingin disematkan, lalu pilih ikon tiga titik di kanan atas unggahan tersebut
  3. Pilih Pin to your profile

Selain itu, kamu juga bisa mencabut unggahan yang sudah di-pin kapan saja. Nantinya, postingan Instagram tersebut akan kembali ke posisi awalnya apabila sudah tidak lagi disematkan di bagian teratas profilmu. Berikut caranya:

  1. Masuk ke profilmu lewat tab di sebelah kanan bawah aplikasi Instagram
  2. Pilih salah satu unggahan yang ingin disematkan, lalu pilih ikon tiga titik di kanan atas unggahan tersebut
  3. Pilih Unpin from profile

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Termasuk Fitur Baru

Fitur pin di Instagram
Perbesar
Fitur baru di Instagram, pengguna bisa pin foto atau Reels di profil IG. (Doc: Instagram)

Fitur pin unggahan di Instagram sendiri termasuk fitur baru di media sosial milik Meta ini. Kemampuan itu dirilis pada bulan Juni 2022 yang lalu.

“Profil Anda adalah tempat Anda, jadi kami mencari lebih banyak cara untuk memberi Anda kendali atas pengalaman itu,” kata Instagram head, Adam Mosseri saat itu.

Perlu diketahui, saat ini pengguna hanya dapat menyematkan 3 postingan atau Reel di grid Instagram profile mereka. Sebagai tambahan informasi, Instagram sudah diketahui sedang uji coba fitur pin postingan dan Reels ini sejak akhir April 2022.

Adapun fitur pin ini awalnya ditemukan oleh spesialis rekayasa balik, Allesandro Paluzzi, yang melihat kemampuan pin tersebut di dalam kode Instagram pada Januari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Instagram Rilis Template dan Tools untuk Permudah Bikin Reels

Semua video di Instagram kini jadi Reels
Perbesar
Seluruh video di Instagram kini jadi Reels (Foto: Blog Instagram).

Sebelumnya, Meta Facebook memperkenalkan tools baru untuk memperluas cara pengguna berkolaborasi dengan pengguna lainnya dalam menggunakan Instagram Reels.

Pembaruan ini tentunya dilakukan perusahaan sebagai bagian dari strateginya untuk bersaing dengan TikTok.

 Kamu tidak hanya dapat me-remix video, tetapi juga foto di Instagram, menyuguhkan lebih banyak materi untuk digunakan. Demikian sebagaimana dilansir Engadget, Senin (25/7/2022).

Instagram juga menambahkan lebih banyak tata letak Remix untuk menyertakan green screen, layar terpisah, atau tampilan reaksi gambar picture-in-picture guna mempermudah pngguna menambahkan Reels sendiri atau Reels yang sudah ada.

Kamu bahkan dapat memilih untuk melampirkan remix ke akhir Reels asli, alih-alih memutarnya secara berdampingan. Format itu bekerja lebih baik jika kamu memiliki opini atau sanggahan yang ingin kamu publikasikan.

 


Memudahkan Pembuatan Reels

Reels
Perbesar
Layanan mirip TikTok milik Instagram, Reels, diuji coba di India usai pemblokiran TikTok (Foto: Instagram)

Selain itu, Meta meluncurkan template untuk memudahkan pembuatan Reels dengan efek audio dan video yang telah dimuat sebelumnya. Kamu hanya perlu menambahkan foto atau video ke salah satunya.

Kamu dapat melihat koleksi template dengan mengetuk ikon kamera di tab Reels. Fitur baru lainnya untuk menyaingi TikTok adalah kemampuan merekam dengan kamera depan dan belakang ponsel secara bersamaan menggunakan kamera Instagram.

Ya, akhirnya Meta mengkonfirmasi fitur yang akan mengubah semua video yang diposting di Instagram sebagai Reels, selama durasinya kurang dari 15 menit.

Video berdurasi di bawah 90 detik mungkin direkomendasikan untuk diunggah di feed yang mungkin memiliki jangkauan lebih luas.

Namun, Instagram tidak akan menggunakan Reels sebagai rekomendasi jika profil kamu digembok, dan tidak akan mengubah unggahan lama. Fitur ini diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang dan bakal menggabungkan semua video dan Reels dalam satu tab di aplikasi.

(Dio/Ysl)

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia
Perbesar
Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya