Sony dan Backbone Kolaborasi Rilis Kontroler Edisi PlayStation untuk iPhone

Oleh Agustinus Mario Damar pada 30 Jul 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 30 Jul 2022, 13:00 WIB
PlayStation
Perbesar
Tampilan Backbone One-PlayStation One yang baru saja meluncur. (Dok: PlayStation).

Liputan6.com, Jakarta - Sony bersama Backbone mengumumkan kolaborasi terbarunya. Lewat kolaborasi ini, keduanya merilis kontroler untuk bermain game di iPhone dengan sentuhan khas PlayStation.

Dikutip dari blog PlayStation, Sabtu (30/7/2022), kontroler ini terinspirasi dari desain DualSense untuk PS5. Hal itu dapat dilihat dari pemilihan warna, material, termasuk finishing produk tersebut.

Menurut CEO Backbone, Maneet Khaira, kontroler ini juga hadir dengan tombol yang membuat kenyamanan bermain layaknya memakai kontroler PS5. Pengguna juga bisa menghubungkan kontroler bernama Backbone One-PlayStation Edition ini dengan headset Pulse 3D.

Maneet menuturkan, kontroler ini dapat dipakai untuk memainkan game PS5 atau PS4 lewat aplikasi Remote Play. Berbekal koneksi internet, pengguna tinggal menghubungkan iPhone-nya ke Backbone One dan langsung memainkan game PS yang dimiliki.

Selain itu, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi Backbone App untuk melakukan kustomisasi tombol. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa fitur PlayStation.

Selain game PS, pengguna Backbone One juga kompatibel dengan sejumlah game di App Store dan layanan streaming game yang mendukung kontroler, seperti Genshin Impact, Fantasian, Call of Duty: Mobile, dan sejumlah game lainnya.

Saat meluncur pertama kali, Backbone One-PlayStation Edition akan tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Swedia, Belanda, serta Britania Raya. Nantinya, kontroler ini juga akan hadir untuk lebih banyak negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


PS Plus Agustus 2022: Yakuza Like a Dragon hingga Tony Hawks Pro Skater 1+2

PS Plus Agustus 2022
Perbesar
Daftar game PS4 dan PS5 di PS Plus Agustus 2022. (Doc: PlayStation Asia)

Di sisi lain, Sony baru saja mengumumkan deretan judul game gratis PS4 dan PS5 yang masuk ke dalam daftar PS Plus Agustus 2022.

Mulai dari 2 Agustus hingga 5 September 2022, gamer yang sudah berlangganan layanan PS Plus dapat mengunduh 4 judul game secara gratis.

Adapun keempat judul game tersebut, antara lain Yakuza: Like a Dragon, Tony Hawk’s Pro Skater 1+2, Little Nightmares, dan Unrailed.

Mengutip blog PlayStation, Jumat (29/7/2022), Yakuza: Like a Dragon dan Pro Skater tersedia bagi pemilik PS4 dan PS5.

Sementara Little Nightmares dan Unrailed hanya untuk pemain dengan konsol PS4.

Yakuza: Like a Dragon adalah game terkini dari seri Yakuza, dimana player akan bermain sebagai karakter utama baru bernama Ichiban Kasuga.

Sebelum hadir di PS Plus bulan depan, Like a Dragon juga sudah meluncur secara gratis bagi pelanggan Xbox Games Pass.

Selain Like a Dragon, Sony juga sudah mengungkap seri Yakuza lainnya juga akan hadir di PS Plus mulai dari bulan mendatang hingga akhir tahun ini.

Sementara itu, Tony Hawks Pro Skater 1+2 adalah game remaster yang sebelumnya meluncur pada 2020 (dan tersedia untuk konsol terkini pada 2021).

Bagi gamer yang suka dengan game bertemakan puzzle platformer maka wajib memiliki Little Nightmares ini.

Terakhir adalah Unrailed, game co-op multiplayer dimana gamer harus bekerja sama dengan pemain lainnya untuk membangun lintasan kereta di area tanpa batas.


PS Plus Juli 2022

PS Plus Juli 2022
Perbesar
PS Plus Juli 2022: Crash Bandicoot 4: It’s About Time, The Dark Pictures Anthology: Man of Medan, Arcadegeddon, dan Zero Strain. (Doc: PlayStation Asia)

Sebelum mengunduh game-game baru di PS Plus Agustus 2022, gamer masih berkesempatan untuk mengunduh game gratis yang tampil di PS Plus bulan ini.

Adapun bulan ini Sony membagikan gratis empat judul game menarik, seperti Crash Bandicoot 4: It’s About Time, The Dark Pictures Anthology: Man of Medan, Arcadegeddon, dan Zero Strain.

Dari keempat judul game yang tampil, Crash Bandicoot 4: It’s About Time akan menjadi highlight PS Plus July 2022 dan wajib diklaim.

Selanjutnya ada The Dark Pictures Anthology: Man of Medan. Game bergenre horor drama interaktif dimana player akan mengikuti perjalanan sekelompok mahasiswa saat melakukan perjalanan menyelam di Pasifik.

Alih-alih menemukan harta karun, mereka malah bertemu dengan sebuah kapal hantu. Karena bersifat interaktif, player dapat memainkan semua karakter di dalam game.

Dua game terakhir yang ada di dalam daftar adalah Arcadegeddon dan Zero Strain. Dimana Arcadegeddon adalah game bergenre arcade co-op yang memadukan PvE dan PvP.

Dalam game iini, player dapat menjelajahi berbagai bioma, berpartisipasi dalam mini game, dan menghadapi banyak musuh.

Terakhir Zero Strain, dimana game bergenre shoot 'em up top-down serba cepat dengan elemen MOBA, serta gaya seni neon yang menarik.


Sony Umumkan PlayStation Stars

PlayStation Stars
Perbesar
Sony bakal umumkan program loyalitas PlayStation Stars pada akhir tahun ini. (Doc: PlayStation blog)

Lebih lanjut, Sony berencana meluncurkan program loyalitas bagi pemilik konsol game PS4 dan PS5 akhir tahun ini, yakni PlayStation Stars.

Apa sih PlayStation Stars? Ini merupakan program loyalitas dimana pemain setia PlayStation (PS) mendapatkan sejumlah poin untuk ditukar di PlayStation Store.

Perusahaan menyebutkan, pemain dapat bergabung di program loyalitas PlayStation Stars ini secara gratis, sebagaimana dikutip dari PlayStation blog, Sabtu (16/7/2022).

Sony menjelaskan, sejumlah poin akan diberikan kepada gamer dengan cara masuk ke dalam game secara setiap bulannya, atau menyelesaikan berbagai tantangan tertentu dan berbasis trofi.

Salah satu contoh adalah, tantangan adalah menjadi pemain pertama yang mendapatkan trofi platinum di salah satu judul game di kota tempat pemain tinggal.

"Anggota PlayStation Star dapat menukarkan poin loyalitas yang didapat dalam bentuk uang di PSN wallet, atau berbagai produk di PlayStation Store," kata Sony Interactive Entertainment VP, Grace Chen.

Tak hanya itu, pemain juga bisa menukarkan poin mereka untuk mendapatkan sejumlah koleksi digital, seperti figur karakter ikonik dan favorit hingga barang-barang menarik lainnya.

Dalam sesi wawancara dengan The Washington Post, Chen mengatakan koleksi digital yang diklaim menggunakan poin dari PlayStation Stars bukan NFT. 

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya