Sukses

Pengguna Apple Watch Rentan Diserang Phishing?

Pengguna Apple Watch dikabarkan rentan diserang phishing, dan disarankan untuk meng-update sistem operasi menjadi WatchOS 8.7.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Apple Watch perlu waspada, terutama mereka yang masih menjalankan sistem operasi di bawah WatchOS 8.7.

Pasalnya, di India, para pengguna Apple Watch yang menjalankan WatchOS versi lawas mendapatkan peringatan dari Kementerian Elektronik dan Teknologi Informasi India.

Menurut kementerian tersebut, pengguna WatchOS versi lawas di India bisa terdampak risiko serangan phishing parah. Masalah ini dianggap sangat serius sehingga konsumen disarankan untuk mengambil langkah cepat jika mereka terdampak.

Mengutip Gizchina, Jumat (29/7/2022), peringatan tersebut jelas membuktikan bahwa hacker mulai beralih fokus pada para Apple Watch untuk menggulirkan serangan phishing atau peretasan, guna mendapatkan keuntungan dari korbannya.

Menurut Kementerian tersebut, Apple Watch memiliki beberapa kelemahan yang memungkinkan hacker menjebol keamanan dari perangkat yang ditarget, secara jarak jauh.

Diperkirakan, para hacker mengirimkan permintaan ke Apple Watch target, yang secara khusus dibuat agar mereka bisa menjalankan kode arbitrer apa pun. Jika serangan berhasil, hacker bisa mengakses data penggua perangkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Update OS Apple Watch

Kerentanan ini ada karena komponen AppleAVD di Apple Watch. Komponen tersebut membuat terjadinya masalah otorisasi komponen Apple Mobile File integrity, komponen audio, ICU, dan Webkit.

Selain itu masalah lain yang mungkin terjadi adalah komponen multi-touch, kerusakan penulisan memori di komponen driver GPU, komponen Kernel, dan inisiasi memori dalam komponen libxml2.

Untungnya, Apple telah merilis update WatchOS 8.7 yang menambal masalah-masalah di atas. Sebagai akibatnya, pemilik Apple Watch kini bisa membentengi diri dari serangan phishing, dengan cara update ke Apple Watch 8.7.

Berikut adalah cara untuk update WatchOS Apple Watch kamu:

- Pastikan jaringan WiFi aktif di Apple Watch kamu

- Navigasikan ke aplikasi Setting di Apple Watch

- Setelah memilih menu General, klik Software Update

- Jika tersedia update software, sebuah pesan akan muncul di layar. Setelah memilih untuk menginstal, masuk ke layar dan tunggu hingga update muncul.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Apple Watch Selamatkan Nyawa Penderita Tumor

Terlepas dari phishing, Apple Watch kembali menyelamatkan nyawa seseorang. Kejadian itu dialami oleh seorang wanita di Maine, Amerika Serikat (AS) yang nyaris kehilangan nyawanya karena tumor.

Kim Durkee, segera dilarikan ke ruang operasi di Massachusetts General Hospital setelah ia dibangunkan di malam hari, karena pemberitahuan di smartwatch Apple-nya itu.

Dilansir CBS News, Durkee awalnya tidak percaya perangkat itu membangunkannya selama beberapa malam di penghujung Mei. Peringatan menunjukkan jantungnya mengalami fibrilasi atrium.

"Malam ketiga jumlahnya sedikit terlalu tinggi untuk nyaman," kata Durkee, dikutip Selasa (26/7/2022).

"Lalu aku bilang kau tahu, pergilah ke ruang gawat darurat jika mereka memberitahumu bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan, lalu lemparkan saja arloji itu," imbuhnya.

Durkee pun ke rumah sakit. Namun, dokter mengabarkan bahwa jantungnya berdetak tidak menentu karena alasan yang menakutkan.

Durkee diberitahu dirinya mengalami myxoma, tumor langka yang tumbuh cepat, berisiko menghambat suplai darah ke jantungnya, dan akhirnya menyebabkan stroke.

Wanita itu menceritakan, para dokter bertanya bagaimana dirinya bisa tahu dia mengalami fibrilasi atrium. Durkee pun menjawab, ia tahu karena smartwatch Apple tersebut memberitahunya.

 

4 dari 4 halaman

Korban Perempuan 69 Tahun

Meski tidak memiliki gejala selain fibrilasi atrium, Durkee tetap dilarikan ke Massachusetts General Hospital dan menjalani operasi pada tanggal 27 Juni 2022 yang lalu.

Dokter mengangkat empat sentimeter tumor yang hampir pasti bisa membunuhnya, lewat lima jam operasi jantung terbuka. Durkee pun melanjutkan 11 hari dirawat di rumah sakit, lalu melanjutkan pemulihan di rumahnya.

Setelah kejadian itu, Durkee pun mengatakan bahwa perangkat Apple Watch-nya benar-benar menyelamatkan hidupnya. "Saya menganggap diri saya sangat beruntung, berada di sini dan berbicara dengan Anda," katanya.

Wanita 67 tahun itu sendiri mengaku, dia awalnya membeli jam tangan pintar tersebut hanya untuk memantau aktivitas fisiknya, atau memanggil bantuan darurat apabila dia jatuh.

Durkee tidak pernah membayangkan jam tangan yang bergambar Minnie Mouse-nya itu akan membantu diagnosis tumor yang mematikan, dan menyelamatkan nyawanya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.