Sukses

Blibli Jaga Relevenasi Layanan untuk Kepuasan Pelanggan Lewat Ekosistem Terintegrasi

Blibli menegaskan komitmennya sebagai platform belanja dan lifestyle terpercaya di Indonesia pada peringatan ulang tahunnya yang ke 11.

Liputan6.com, Jakarta - Blibli menegaskan komitmennya sebagai platform belanja dan lifestyle terpercaya di Indonesia pada peringatan ulang tahunnya yang ke 11. Hal itu dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan pengalaman berbelanja yang seamless, tapi juga fitur dan layanan yang relevan lewat ekosistem terintegrasi.

"Pencapaian hari ini tidak membuat kami berpuas diri, melainkan jadi motivasi untuk terus relevan, berdaya saing dan memberikan solusi inovatif," tutur CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto saat acara open house seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (28/7/2022).

Oleh sebab itu, Kusumo menuturkan, Blibli fokus pada pengembangan ekosistem yang terintegrasi antara saluran luring dan daring, sekaligus strategi omnichannel untuk mengakomodir kenyamanan berbelanja offline maupun online.

Menurut Kusumo, selama 11 tahun meramaikan industri digital Indonesia, ecommerce lokal ini terus mengembangkan kapabilitas dan kapasitas layanan agar terus relevan bagi kebutuhan pelanggan yang dinamis dari waktu ke waktu.

"Sebagai perusahaan teknologi, kami bekerja berdampingan dengan perubahan, sehingga, kecepatan beradaptasi dan menjaga relevansi bisnis adalah etos kerja yang kami terapkan dalam mengembangkan Blibli," ujarnya Kusumo.

Untuk melengkapi ekosistemnya, Blibli juga telah membuka toko ritel offline Blibli Store agar dapat lebih dekat pada pelanggan. Sejak awal 2021 hingga sekarang, Blibli telah membuka 87 gerai tukar tambah perangkat, baik independen maupun berkolaborasi bersama dengan mitra brand.

Executive VP Consumer Electronics Blibli, Wisnu Iskandar menuturkan, Blibli Store merupakan jawaban Blibli atas permintaan pelanggan. Terlebih saat ini, menurutnya, masih banyak masyarakat yang lebih nyaman untuk berbelanja secara offline, termasuk membeli perangkat elektronik.

Ekosistem terlengkap Blibli juga tidak terlepas dari solusi omnichannel komperehensif yang diberikan. Hingga sekarang, Blibli mencatat lebih dari 9.500 merchant Blibli InStore, lebih dari 12.000 pick up point Click & Collect, dan Blibli Mitra.

Blibli juga menawarkan customer journey yang lebih baik bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Solusi omnichannel Blibli pun didukung layanan bernilai tambah, seperti jaminan 100 persen produk orisinal, pengiriman 2 Jam Sampai, trade-in, dan asuransi untuk memberikan kepuasan lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Blibli Ungkap Strategi Penuhi Kepuasan Pelanggan dan Jalankan Bisnis Berkelanjutan

Menjelang perayaan ulang tahun yang ke-11, platform e-commerce Blibli memastikan kesiapan operasional perusahaan, dalam memenuhi pesanan demi menjamin kepuasan pelanggan dalam pengalaman berbelanja.

Lisa Widodo, COO dan Co-Founder Blibli mengatakan, dalam 11 tahun perjalanannya, mereka "terus memberikan kualitas produk, layanan, yang berkelanjutan disertai inovasi tanpa kompromi yang berpusat pada kepuasan pelanggan."

"Didukung dengan komitmen dalam memberikan pengalaman Pasti Puas, Pasti di Blibli, kami pun menghadirkan sistem operasional yang prima dan terpadu, termasuk di bidang logistik, agar pelanggan bisa menikmati pengalaman retail terbaik tiap memenuhi kebutuhannya sehari-hari," kata Lisa.

Platform e-commerce ini lebih lanjut mengungkapkan, ada beberapa strategi yang dilakukan oleh mereka, untuk memperkuat komitmen excellence operations dan sustainability mereka.

Lisa dalam siaran persnya, ditulis Sabtu (23/7/2022), mengatakan, Blibli menjamin setiap pesanan dikirim dengan aman dan cepat untuk menjaga barang tetap dalam kualitas terbaik sampai di tangan pelanggan.

Di sini, Blibli mengklaim telah menjalankan salah satu layanan logistik terbaik di industri melalui solusi Fulfillment by Blibli, yang memiliki 14 warehouse atau gudang, yang beroperasi lebih dari 24 jam, dengan total luas lebih dari 130 ribu meter persegi.

Perusahaan e-commerce itu juga menyediakan 33 hubs, serta armada pengiriman BES Paket berisi lebih dari 750 tenaga profesional dan berpengalaman.

3 dari 4 halaman

Sejumlah Inovasi

Dalam menyediakan layanan logistiknya, Blibli juga menghadirkan sejumlah inovasi berupa layanan bernilai tambah seperti gratis ongkir, solusi pengiriman 2 Jam Sampai, trade-in dan scheduled delivery, hingga kebijakan retur dengan rentang waktu sampai 15 hari.

Perusahaan di bawah Grup Djarum ini juga menggandeng 20 mitra logistik, untuk memberi pilihan metode pengiriman yang lebih luas bagi pelanggan.

Blibli juga menyatakan komitmen mereka terhadap bisnis yang berkelanjutan atau sustainable business, dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan mengurangi gas rumah kaca seperti CO2 hingga 29 persen pada 2030 sesuai Paris COP 21.

Hal itu dilakukan salah satunya lewat Program LCEV (Low Carbon Electric Vehicle), untuk mencapai bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23 persen pada 2025 dan 31 persen di 2030, serta mendorong industri otomotif memproduksi kendaraan bermotor sesuai tren global.

4 dari 4 halaman

Perkenalkan E-Bike

Blibli pun mengatakan, mereka mendukung upaya untuk menciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan, dengan menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di setiap operasional yang dilakukan.

Blibli telah menjalankan kegiatan logistik yang ramah lingkungan melalui desain warehouse yang hemat listrik, penggunaan e-forklift, pengelolaan air secara efisien dengan rain water tank, serta pemanfaatan limbah kardus yang didaur ulang menjadi wrapping paper.

Selain itu, Blibli juga memperkenalkan e-bike yang ramah lingkungan, yang akan mendukung kegiatan operasional perusahaan. Penyediaan e-bike ini merupakan hasil kerja sama dengan Smoot Motor Indonesia.

"Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat bersama-sama memberi dampak berkelanjutan terhadap lingkungan," kata Lisa.

"Sebagai omnichannel commerce dengan prinsip sustainable business, Blibli berkomitmen untuk mengimplementasi paham ESG di setiap operasional perusahaan sekaligus memperkuat operational excellence kami," pungkasnya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini