iPhone 14 Pro dan Pro Max Bakal Pakai RAM 6GB

Oleh Yuslianson pada 27 Jul 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 27 Jul 2022, 16:00 WIB
iPhone 14 Pro
Perbesar
Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Liputan6.com, Jakarta - Apple rencananya bakal meluncurkan deretan smartphone terbarunya, iPhone 14 pada September 2022.

Dalam acara ini, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut akan memperkenalkan empat seri ponsel baru, yaitu iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Jelang acara peluncuran seri terbaru iPhone itu, bocoran informasi terkait ponsel teranyar milik Apple tersebut sudah membanjiri jagat maya.

Bocoran terkini adalah terkait dengan spesifikasi, khususnya RAM yang akan Apple sematkan di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Dilansir DigiTimes, Rabu (27/7/2022), iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max bakal mengusung RAM LPDDR5 6GB lebih cepat, dan efisien dari seri sebelumnya.

Diketahui, ponsel iPhone di pasaran saat ini masih menggunakan RAM LPDDR4X dan akan tetap terpasang di dua model iPhone 14 lainnya, yaitu iPhone 14 dan iPhone 14 Max.

Berbeda dari seri iPhone 13 yang menggunakan RAM mulai dari 4GB, seluruh model iPhone 14 akan menggunakan RAM 6GB.

Adapun keempat seri iPhone 14 yang akan diumumkan Apple adalah sebagai berikut:

  • iPhone 14: 6GB (LPDDR4X)
  • iPhone 14 Max: 6GB (LPDDR4X)
  • iPhone 14 Pro: 6GB (LPDDR5)
  • iPhone 14 Pro Max: 6GB (LPDDR5)

Selain pakai RAM baru, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max juga dikabarkan akan ditenagai oleh chipset Appple A16.

Kabar ini diungkap oleh analis Ming-Chi Kuo, sekaligus menyebutkan dua model iPhone 14 lainnya hanya akan menggunakan chipset A15--seperti seri iPhone 13.

iPhone 14 series dikabarkan menampilkan beberapa fitur dan perubahan baru, mulai dari kamera, opsi warna baru, ganti notch ke lubang di layar dan berbentuk pil, dan banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Apple Tambah Pemasok Komponen iPhone 14

iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Lebih lanjut, Apple dikabarkan sedang bersiap untuk mulai proses produksi massal seri iPhone 14 beberapa minggu mendatang, untuk mengejar target peluncuran pada musim gugur ini.

Akan tetapi, perusahaan disebut-sebut menghadapi masalah dalam hal pasokan komponen yang dibutuhkan agar produksi massal iPhone 14 series ini sesuai target.

Tak ingin menunda penjualan pertama iPhone 14 pada akhir tahun ini, Apple menambah daftar pemasok komponen HP iPhone baru tersebut.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, komponen SG Micro telah lulus sertifikasi kualitas untuk model iPhone 14 kelas atas.

Mengutip 9to5Mac, Sabtu (23/7/2022), perusahaan Tiongkok ini telah bergabung dalam daftar pemasok Apple untuk komponen iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Apple akan menggunakan IC manajemen daya SG Micro (untuk manajemen baterai) di iPhone tahun ini. Kuo menyebutkan, ini adalah pertama kalinya SG Micro memasok komponen untuk produk high-end Apple.


Lockdown Covid-19 Berdampak di Produksi

<p>Seperti ini bentuk iPhone 14 Pro? (Doc: Jon Posser x Ian Zelbo)</p>

"Tidak hanya akan membantu perusahaan untuk meningkatkan pendapatan, tetapi juga berdampak positif pada pengiriman iPhone 14," kta Kuo.

Pada Mei 2022, laporan Nikkei Asia mengungkap produksi iPhone 14 akan tertunda tiga minggu karena kebijakan lockdown Covid-19 di Tiongkok.

Laporan ini diperkuat oleh analis Jeff Pu, yang mengungkapkan iPhone 14 Max (model pengganti iPhone mini) adalah varian paling terpengaruh oleh penundaan ini.

Kuo pun mengatakan, Apple akan menghadapi masalah pasokan dengan produksi massal iPhone 14.

Namun, dia percaya masalah ini akan memiliki "dampak terbatas" pada pengiriman ponsel baru karena Apple telah memesan jutaan komponen beberapa bulan sebelum peluncuran.

Dengan begini, Apple memiliki waktu cukup untuk memproduksi unit iPhone 14 series dalam jumlah besar dan siap dijual.


iPhone 14 Tanpa Kartu SIM di Beberapa Negara

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Apple dikabarkan mulai mengadopsi standar eSim atau tanpa slot kartu SIM untuk deretan iPhone yang bakal diluncurkan.

Berdasarkan laporan The Wall Street Journal, Rabu (20/7/2022), Apple bakal merilis versi iPhone 14 hanya eSIM (tanpa slot kartu SIM) di beberapa negara.

Perusahaan berbasis di Cupertino, AS, tersebut juga disebutkan belum sepenuhnya beralih dari kartu SIM ke eSIM sepenuhnya dalam waktu dekat ini.

Apple berencana untuk mengadopsi model iPhone 14 eSIM di seluruh perangkatnya secara bertahap, sejalan dengan peluncuran produk baru.

Diketahui, perusahaan bentukan Steve Jobs itu juga sudah mengabarkan sejumlah operator seluler di AS untuk mempersiapkan iPhone khusus eSIM pada musim gugur ini.

Apa yang menjadi kelebihan eSIM? Dari sisi perusahaan, Apple dapat menambah komponen lain ke dalam ponsel bilamana slot kartu SIM sudah dicabut.

Bagi konsumen, pengguna akan mendapatkan update keamanan ke jutaan pengguna di seluruh dunia secara bersamaan.

(Ysl/Tin)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya