Niagahoster Ajak Mahasiswa dan UMKM Kembangkan Talenta Digital

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 27 Jul 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 27 Jul 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi talenta digital. Marvin Meyer/Unsplash
Perbesar
Ilustrasi talenta digital. Marvin Meyer/Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Transformasi digital kian pesat didorong pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020. Di dunia yang serba digital, mahasiswa, masyarakat, atau bahkan UMKM membutuhkan kecakapan digital untuk terus bisa beradaptasi dan mengembangkan kreativitas.

Data World Bank menyebut, saat ini Indonesia kekurangan talenta digital. Tidak main-main, dalam kurun waktu 15 tahun ke depan, Indonesia butuh setidaknya 9 juta talenta digital.

Kemkominfo pun menjelaskan pentingnya kecakapan digital di berbagai industri Indonesia. Pemenuhan talenta digital pun diharapkan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah melalui berbagai programnya, tetapi juga harus dilakukan oleh pihak swasta.

Melihat kebutuhan akan talenta digital yang cakap, perusahaan web hosting di Indonesia Niagahoster berkontribusi mengakselerasi pengembangan talenta digital di Indonesia.

Niagahoster memiliki program pengembangan kecakapan digital bernama Development Program. Lewat program ini, Niagahoster menyediakan alat bagi semua orang untuk belajar dan berkembang dalam memanfaatkan teknologi digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ajak Mahasiswa, Alumni, dan UMKM Ikut Pelatihan

Niagahoster mengajak mahasiswa dan UMKM untuk mengembangkan talenta digital.
Perbesar
Community Program Specialist Niagahoster, Linggar Dwi Addieningtyas. (Foto: Niagahoster)

"Sejalan dengan visi Niagahoster, yakni membantu jutaan orang di Indonesia untuk memaksimalkan potensi internet, Development Program diperuntukkan bagi mahasiswa, UMKM, dan masyarakat umum yang ingin mendalami skill digital dan memaksimalkan kehadiran online-nya di internet," kata Community Program Specialist Niagahoster, Linggar Dwi Addieningtyas.

Sekadar informasi, Development Program Niagahoster memberikan pelatihan digital skill beragam secara gratis. Mulai dari pelatihan website berbasis WordPress dan Laravel, SEO, design thinking, hingga branding dan digital marketing bagi UMKM.

Guna memperluas jangkauan program pengembangan skill digital ini, Niagahoster berkolaborasi dengan institusi pendidikan seperti kampus atau platform edukasi digital.

"Development Program Niagahoster sudah berkolaborasi dengan berbagai institusi maupun edutech. Mulai dari 100 Startup Digital Kemkominfo, Zenius, Komunitas Guru, gingga kampus-kampus," kata Tyas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kerja Sama dengan Ikatan Alumni Univ Negeri Malang

Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan
Perbesar
Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan. Kredit: Freepik

Untuk berkontribusi dalam akselerasi pengembangan talenta digital bagi generasi Z dan milenial, Niagahoster juga bekerja sama dengan Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) melalui program WordPress Pro Course.

Ketuka IKA UM Ainin mengatakan, fresh graduate yang merupakan generasi Z dan milenial yang bisa beradaptasi dengan teknologi perlu difasilitasi dan dimotivasi untuk mengembangkan karier dan memasuki dunia kerja profesional di era yang sangat kompetitif seperti sekarang ini.

"Kami mewujudkan visi dan misi IKA UM dengan mengembangkan berbagai program kerja, salah satunya kolaborasi dengan Development Program Niagahoster melalui program WordPress Pro Course," kata Ainin yang bergelar Profesor.

Profesor Ainin mengatakan, lewat program tersebut, Niagahoster membantu menghadirkan narasumber berpengalaman di bidang design thinking, instalasi website, layouting, dan SEO.

Sejauh ini, WordPress Pro Course hasil kolaborasi kedua pihak di atas telah membantu 90 orang alumni IKA UM.

(Tin/Ysl)

Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang
Perbesar
Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya