Sukses

Mengenal Chip MariSilicon X yang Akan Hadir di Lini Oppo Reno8

Simak artikel ini untuk mengetahui kemampuan chip MariSilicon X yang digunakan pada lini Oppo Reno8.

Liputan6.com, Jakarta - Lini Oppo Reno8 dipastikan akan siap meluncur untuk pasar Indonesia. Smartphone ini diketahui sudah mendapat Sertifikasi Postel Kementerian Komunikasi dan Informatika dan TKDN Kementerian Perindustrian.

Menyusul kabar tersebut, Oppo Indonesia pun menggelar event Oppo Reno Portrait Workshop. Dalam event tersebut, Oppo mengungkap salah satu spesifikasi kunci yang akan hadir di seri Oppo Reno8.

Spesifikasi kunci yang dimaksud adalah lini Oppo Reno8 akan dipersenjatai dengan chip NPU besutan sendiri, yakni MariSilicon X.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, kehadiran MariSilicon X ini merupakan bentuk komitmen Oppo untuk menghadirkan teknologi terkini ke lebih banyak orang.

Sebagai informasi, MariSilicon X merupakan chip yang dikembangkan secara mandiri oleh Oppo. Chip ini hadir pertama kali pada lini Oppo Find X5 Pro dan sebelumnya akhirnya menyambangi seri Oppo Reno.

"Oppo Reno8 yang dipersenjatai MariSilicon X akan menjadi yang pertama di seri Reno," tutur Aryo dalam event yang digelar, Selasa (26/7/2022) sore.

Lebih lanjut Aryo menuturkan, chip ini hadir sekaligus menjawab permasalahan NPU yang ada saat ini.

Adapun permasalahan yang dimaksud Aryo bukan persoalan teknis, melainkan perspektif konsumen. Jadi saat ini, menurut Aryo, konsumen kerap merasa ada perbedaan hasil foto dari perangkat yang menggunakan chipset berbeda.

Sebagai contoh, hasil foto dari smartphone yang menggunakan chipset A dianggap memiliki keunggulan dari sisi warna lebih akurat. Sementara, hasil foto dari smartphone dengan chipset B dianggap lebih unggul dalam hal HDR.

"Untuk menghapuskan perspektif tersebut, maka ditengahi dengan NPU yang kami bangun sendiri yakni MariSilicon X. NPU ini juga bisa bekerja dengan baik di Snapdragon dan MediaTek, dua chipset yang digunakan di perangkat Oppo hingga sekarang," ujarnya menjelaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kemampuan Lain MariSilicon X

Untuk mendukung kemampuannya, Oppo membekali MariSilicon X dengan dedicated DDR bandwidth. Berbekal DDR khusus tersebut, MariSilicon X mampu melakukan pemrosesan pencitraan berlangsung lebih cepat.

Selain itu, MariSilicon X mampu menghadirkan kualitas foto terbaik yang didukung Ultra HDR dengan rasio kontras 1.000.000 : 1 atau empat kali dynamic range yang dihasilkan Oppo Find X3 Pro.

Chip ini juga diperkuat dengan peningkatan mode RGBW yang menghadirkan tekstur 1,7 kali lebih jelas dan kecepatan pemrosesan file mentah 2 kali lebih cepat.

Lalu dengan algoritma RAW terbaru, MariSilicon X dapat mengurangi noise melalui kecerdasan buatan di masing-masing saluran warna RGB.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah seluruh varian Oppo Reno8 Series akan menggunakan chip MariSilicon X. Dari laporan, ada kemungkinan chip ini akan dipakai di Reno8 varian tertinggi.

3 dari 5 halaman

Oppo Reno8 dan Reno8 Pro Meluncur di Pasar Global, Harganya?

Sebelumnya, Oppo akhirnya meluncurkan seri Reno8 dan Reno8 Pro secara global, setelah sebelumnya diumumkan untuk pasar Tiongkok pada Mei 2022.

Sayangnya, perusahaan tidak sekaligus memboyong Oppo Reno8 Pro Plus keluar dari Tiongkok.

Terlepas dari hal itu, Oppo Reno8 Pro ditenagai oleh prosesor Dimensity 8100. Sementara itu model standar Reno8 pakai Dimensity 1300.

Oppo melengkapi model Reno8 Pro dengan layar AMOLED berukuran 6,7 inci yang sudah mendukung refresh rate 120Hz, dan HDR10+.

Bagi pengguna yang suka main PUBG Mobile di ponsel, game ini dapat berjalan mulus di mode 90Hz--pertama dari seluruh seri Reno.

Sementara untuk Oppo Reno8, perusahaan menggunakan layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90Hz

Soal fotografi, Oppo Reno8 dan Reno8 Pro dilengkapi kamera belakang 50MP dengan sensor Sony IMX766, ultra wide 8MP, dan makri 2MP.

Untuk urusan selfie, perusahaan sudah menyediakan kamera 32MP bersensor IMX709 dengan matriks RGBW untuk meningkatkan kinerja saat kurang cahaya.

Kedua model Oppo Reno8 ini sudah beroperasi menggunakan ColorOS 12.1 berbasis Android 12.

Perusahaan membanderol harga Oppo Reno8 Pro diangka USD 575 atau sekitar 8,6 juta--di India, dengan RAM 8GB dan memori 256GB.

Lalu untuk harga Reno8 yang mulai dijual di India pada 19 Juli ini, perusahaan mematok di USD 488 atau sekitar Rp 7,3 juta.

4 dari 5 halaman

Oppo Pad Air Rilis, Harga Mulai Rp 2,8 Jutaan

Di sisi lain, Oppo baru saja merilis produk tablet terbarunya, bersamaan dengan pengumuman deretan HP Android Reno8 series.

Adapun tablet yang diumumkan oleh perusahaan adalah Oppo Pad Air. Rumor kehadiran perangkat ini sudah lama menjadi pembicaraan warganet belakangan ini.

Kini, perusahaan asal Tiongkok tersebut secara resmi meluncurkan Oppo Pad Air di kategori kelas menengah dengan harga USD 195 atau Rp 2,8 juta--RAM 4GB/65GB.

Sementara itu, harga Oppo Pad Airmodel 4GB/128GB dibanderol Rp 3,2 juta dan paling tinggi dengan RAM 6GB/128GB dijual seharga USD 255 atau sekitar Rp 3,7 juta.

Seperti kebanyakan produk tablet di pasaran saat ini, Oppo juga menyertakan keyboard cover dan stylus untuk Oppo Pad Air yang dijual terpisah.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.