Kylie Jenner dan Kim Kardashian Kesal Instagram Tampilkan Lebih Banyak Reels: Setop Tiru TikTok

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 26 Jul 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 26 Jul 2022, 13:00 WIB
Rajin Membentuk Otot Perut Usai Melahirkan, Kylie Jenner Tetap Fokus Mengurus Bayinya
Perbesar
Rajin Membentuk Otot Perut Usai Melahirkan, Kylie Jenner Tetap Fokus Mengurus Bayinya. foto: Instagram @kyliejenner

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, jika pengguna membuka Instagram, mereka bakal sadar kalau ada lebih banyak Reels pada feed dan lebih sedikit engagement di unggahan pengguna.

Platform Instagram pun jadi kian mirip dengan TikTok dan hal ini tidak dirasakan oleh satu atau dua orang saja.

Rupanya, keluhan tersebut disetujui oleh pemilik akun dengan follower terbanyak nomor dua di Instagram, Kylie Jenner.

Unggahan Kylie Jenner tampaknya memperlihatkan ketidaksukaannya terhadap tampilan baru Instagram yang lebih banyak mengedepankan Reels.

Ia mengunggah gambar hasil screenshot milik pengguna lain di Instagram Stories-nya. Selain Kylie Jenner, screenshot tersebut banyak diunggah juga orang pengguna lainnya.

Tulisannya adalah "Make Instagram Instagram Again". Hal ini memperlihatkan ada banyak pengguna Instagram yang merindukan Instagram saat masih menjadi aplikasi berbagi foto.

"Make Instagram Instagram again. Berhenti menjadi seperti TikTok, saya hanya ingin melihat foto-foto teman-teman saya. Salam, semua orang," begitu bunyi tulisan yang diunggah Kylie Jenner di Instagram Stories-nya.

Bukan hanya Jenner, kakak Kylie, Kim Kardashian juga mengunggah hal serupa. Unggahan Kim bahkan disukai lebih dari 1,1 juta kali oleh pengguna.

Bahkan, petisi yang dibuat seseorang di Change.org pun mendapatkan lebih dari 100.000 tanda tangan.

Terlepas dari itu, pergeseran Instagram menjadi seperti TikTok bukanlah hal baru. Meta sebagai induk Instagram terus berupaya mendorong Reels selama berbulan-bulan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tampilan Instagram Berubah Jadi Lebih Banyak Reels

Instagram Reels
Perbesar
Instagram Reels. Kredit: Instagram

Reels merupakan produk Instagram yang digadang-gadang hasil tiruan dari TikTok.

Belum lama ini, Instagram juga memberi insentif kepada kreator yang membuat Reels dengan memberikan bonus berupa uang tunai.

Untuk mendapatkan insentif, Instagram juga melarang kreator untuk mengunggah ulang postingan yang sebelumnya sudah diunggah di TikTok.

Sebelumnya, Instagram memang menghadirkan perubahan tampilan. Di mana, kini Instagram menghadirkan efek layar penuh pada semua video. Selain itu belum lama ini bos Instagram Adam Mosseri mengungkap, semua video yang diunggah ke Instagram otomatis akan menjadi Reels.

Kylie Jenner diketahui punya 360 juta followers di Instagram. Tentu menarik melihat apakah Instagram peduli dengan feedback dari Kylie Jenner terkait platformnya.

Ini bukan pertama kalinya Kylie Jenner sebal dengan tampilan baru platform medsos. Sebelumnya pada 2018, Kylie Jenner juga mengaku enggan membuka Snapchat setelah perusahaan mendesain ulang tampilannya.

Gara-gara komentar Jenner, nilai saham Snap anjlok dan kehilangan sekitar USD 1,3 miliar pada hari berikutnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Semua Video Instagram Jadi Reels

Instagram hadirkan tab Video, mengembalikan IGTV berdurasi panjang ke aplikasi utama.
Perbesar
Instagram hadirkan tab Video, mengembalikan IGTV berdurasi panjang ke aplikasi utama. (Foto: Blog Instagram).

Sebelumnya, Instagram mengumumkan sejumlah tools dan fitur baru untuk membuat pengguna lebih mudah membuat konten di Reels.

Dalam video pengumuman, Head of Instagram, Adam Mosseri mengatakan, Instagram hanya akan memiliki satu format video, yakni Reels.

"Kami ingin agar Instagram mudah digunakan, sehingga seluruh video di Instagram akan menjadi Reels. Bukan berarti semua video di Instagram adalah video tarian, tetapi kami ingin agar pengguna memiliki akses ke berbagai tools (pada Reels)," katanya.

Mosseri pun mengungkap, Instagram menghadirkan sejumlah tools untuk memudahkan pengguna mengkreasikan video Instagram.

Mengutip blog Instagram, Jumat (22/7/2022), pihaknya kini memperluas tools untuk Remix, guna menyempurnakan cara pengguna menceritakan kisah di Instagram, saat berkolaborasi dengan pembuat konten atau teman terfavorit. Apa saja?

Reels for photos

Foto masih jadi pengalaman inti Instagram. Nah, dalam beberapa minggu mendatang pengguna bisa me-remix foto publik. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat Reels mereka sendiri.

Layout Remix yang diperluas

Pengguna bisa memilih antara layar hijau, horizontal, atau split screen atau reaksi untuk ditambahkan ke video komentar ke Reels yang ada saat ini.

Tambahkan Klip

Alih-alih membuat Remix kamu muncul bersamaan dengan Reels asli, pengguna nantinya bisa menambahkan potongan video mereka, setelah video yang asli. Dengan begitu, video bisa dimainkan secara berurutan.


Jangkauan Reels Diperluas ke Lebih Banyak Audiens

Ilustrasi Instagram di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Perbesar
Ilustrasi Instagram di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

"Dalam beberapa minggu mendatang, semua video yang diunggah kurang dari 15 menit bakal dibagikan sebagai Reels. Video yang diunggah sebelum perubahan ini bakal tetap jadi video, bukan Reels," tutur Instagram dalam blognya.

Siapa Saja yang Bisa Tonton Reels Kamu?

Jika akun pengguna bersifat publik, seluruh video baru yang menjadi Reels mungkin bisa direkomendasikan dan dilihat oleh lebih banyak orang di Instagram.

Pengaturan ini diaplikasikan ke Reels yang berdurasi kurang dari 90 detik.

Sementara kalau akun pengguna diatur privat, Reels hanya akan disaksikan oleh followers pengguna tersebut.

Profile

Instagram akan mengkonsolidasikan video dan tab Reels pada profil pengguna. Sehingga hanya akan ada satu Home untuk seluruh video yang sudah diunggah, baik itu Reels atau video yang sebelumnya sudah diunggah. 

(Tin/Isk)


Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial

Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial
Perbesar
Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya