Sukses

WhatsApp untuk iOS Segera Bisa Tampilkan Partisipan Lama di Group

WhatsApp untuk iOS bakal segera menghadirkan fitur baru yakni Past Participants. Fitur ini bisa menampilkan partisipan lama di grup WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mereka yang senang berpartisipasi di grup WhatsApp, kini perusahaan tengah mengembangkan sejumlah fitur baru.

Setelah memperluas kapasitas partisipan yang bisa masuk di sebuah grup, WhatsApp mengembangkan sebuah fungsi yang memungkinkan pengguna keluar dari grup tanpa diketahui partisipan lainnya.

Kini, WhatsApp berencana untuk membawa fitur baru bagi WhatsApp group. Fitur baru yang dikembangkan adalah para anggota sebuah grup bisa mencari partisipan lama dari grup tersebut.

Pertama kali dilihat oleh WABetaInfo, setelah mengembangkan fitur tersebut untuk aplikasi Android, WhatsApp juga bermaksud menghadirkan fitur yang sama bagi pengguna WhatsApp iOS di iPhone.

Dengan fitur bernama Past Participants ini, pengguna WhatsApp bakal bisa melihat siapa saja anggota yang ke luar dari grup atau dihapus, dalam 60 hari terakhir.

"Akan ada opsi baru yang terlihat di bagian bawah daftar peserta grup di update mendatang yang memungkinkan orang melihat siapa saja yang pernah menjadi peserta grup di masa lalu," tulis WABetaInfo, dikutip dari 9to5Mac, Senin (25/7/2022).

Lebih lanjut, WABetaInfo menulis, opsi baru ini akan mempermudah anggota grup untuk melacak siapa saja yang meninggalkan grup WhatsApp.

Sayangnya, informasi ini tidak hanya terlihat oleh admin group tetapi semua anggota grup bisa melihatnya. Namun karena masih dalam pengembangan, cara kerja fitur ini bisa saja berubah nantinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Lainnya

Belum lama ini, WhatsApp mulai menggulirkan reaksi kedua. Reaksi tersebut memungkinkan pengguna bereaksi terhadap pesan dengan emoji apa pun.

Selain itu, perusahaan akhirnya menyediakan kemampuan untuk transfer riwayat obrolan Android ke aplikasi iOS melalui aplikasi Move to iOS.

Fitur transfer riwayat dari Android ke iOS atau sebaliknya kemungkinan jadi salah satu fitur paling banyak diminta dan membutuhkan waktu bertahun-tahun bagi WhatsApp untuk mengimplementasikannya secara dua arah.

Kini, pengguna yang berencana untuk bermigrasi dari Android ke iPhone atau sebaliknya akan bisa menyimpan semua riwayat obrolan mereka.

Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone

Lewat pembaruan aplikasi WhatsApp yang diluncurkan kali ini. Pengguna aplikasi chat di perangkat iOS atau Android pun kini bisa dengan mudah mentransfer riwayat chat.

Kabar baik ini diungkap oleh perusahaan lewat akun Twitter-nya, "Cara baru untuk tetap menyimpan chat penting. Hari ini Anda memiliki kemampuan untuk mentrasfer seluruh riwayat chat dari Android ke iOS dan sebaliknya."

Dengan fitur baru ini, informasi akun, foto profil, chat individu, grup, riwayat obrolan, media, dan pengaturan aplikasi akan ikut ke transfer ke perangkat baru.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone

Bagaimana sih caranya? Mengutip dari laman FAQ WhatsApp, Sabtu (23/7/2022), berikut adalah cara transfer chat WhatsApp dari Android ke iOS atau sebaliknya dengan mudah.

1. Buka aplikasi Move to iOS di HP Android kamu dan ikuti petunjuk di layar.

2. Masukkan kode yang tampil di iPhone kamu ke ponsel Android.

3. Tap tombol Next atau Lanjutkan, dan ikut petunjuk selanjutnya yang muncul di layar.

4. Pilih WhatsApp di layar Transfer Data.

5. Ketuk Start atau Mulai di ponsel Android, dan tunggu WhatsApp menyiapkan data yang akan diekspor.

6. Kamu akan secara otomatis keluar dari ponsel Android setelah data disiapkan.

7. Ketuk Next atau Berikutnya untuk kembali ke aplikasi Move to iOS.

8. Tap Continue atau Lanjutkan untuk mentransfer data dari ponsel Android Anda ke iPhone.

9. Tunggu hingga proses transfer, dan aplikasi Move to iOS mengonfirmasi telah selesai.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.