Sukses

Xiaomi Hentikan Dukungan Layanan Purna Jual untuk Xiaomi Mi 8, Redmi 6 Pro dkk

Xiaomi menghentikan dukungan layanan purna jual terhadap sejumlah smartphone Xiaomi dan Redmi-nya. Model apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dunia smartphone, makin lawas usia ponsel, lambat laun akan kehilangan dukungan update software dan layanan purna jual, serta jadi tidak relevan untuk dipakai.

Meski begitu beberapa tahun terakhir, vendor smartphone menghadirkan dukungan iOS lebih panjang dibandingkan sebelumnya.

Ada banyak OEM menawarkan dukungan jangka panjang dari sisi hardware maupun software. Xiaomi adalah salah satu yang cukup baik dalam memberikan dukungan software dan layanan purna jual untuk imereka.

Mengutip Gizchina, Minggu (24/7/2022), perusahaan menyediakan update untuk segudang smartphone Xiaomi dan perangkat Redmi.

Jika Xiaomi tidak bisa menyediakan versi Android yang lebih baru, Xiaomi meng-update perangkat lama dengan update MIUI yang lebih baru. Namun, akhir dari smartphone lawas Xiaomi memang tidak bisa dihindari.

Pasalnya, belum lama ini Xiaomi sepenuhnya menghentikan dukungan dan layanan purna jual untuk Xiaomi Mi Mix 3 5G, Redmi 6 Pro, dan perangkat lainnya.

Xiaomi secara resmi mengumumkan penghentian layanan purna jual untuk beberapa smartphone Xiaomi, termasuk dua ponsel di atas.

Total ada tujuh smartphone Xiaomi dan smartphone Redmi yang tidak akan mendapatkan dukungan layanan purna jual dan perbaikan, mulai 1 Juli 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7 Smartphone Xiaomi

Menurut pernyataan Xiaomi, berikut adalah ketujuh smartphone yang dimaksud:

- Mi Max 3

- Xiaomi Mi 8 Discovery Edition (versi transparan)

- Mi 8 screen fingerprint (edisi transparan dan non-transparan)

- Xiaomi Mi Mix 3 (5G)

- Mi Play

- Redmi S2

- Redmi 6 Pro

Perusahaan menyatakan, produk-produk tersebut sudah dihentikan produksinya. Oleh karenanya, produsen tidak akan lagi memasok suku cadang untuk layanan purna jual.

Itu artinya, ketika satu dari ketujuh smartphone lawas Xiaomi di atas butuh penggantian suku cadang, tidak akan lagi tersedia komponen penggantinya.

Perlu dicatat, sebagian dari ketujuh model smartphone di atas dirilis sekitar tahun 2018. Oleh karena itu, kemungkinan masih ada sejumlah pengguna yang masih memakai ke-7 model ini untuk penggunaan harian.

Sesuai laporan, Xiaomi kini tengah sibuk mengembangkan MIUI 14. Sementara, para pengguna smartphone Xiaomi dan Redmi masih menunggu MIUI 13.5.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Ponsel Terbaru Xiaomi 12 Lite 5G di Indonesia

Sebelumnya, pada Senin (19/7/2022), Xiaomi resmi meluncurkan Xiaomi 12 Lite 5G untuk para konsumennya di Tanah Air. Beberapa fitur unggulan pun ditawarkan perusahaan asal Tiongkok ini dalam smartphone teranyarnya.

Menurut Xiaomi, perangkat ini ini diciptakan bagi mereka yang menginginkan teknologi flagship, dalam balutan smartphone yang ultra slim dan ringan, untuk memastikan mereka bisa menjadi yang terdepan dalam tren.

 "Xiaomi 12 Lite 5G lebih dari sekedar alat komunikasi, namun juga menyatu dengan tren," kata Marketing Director Xiaomi Indonesia, Vanessa Tan, dalam siaran persnya.

Menurutnya, smartphone ini "layaknya aksesoris yang dapat meningkatkan rasa percaya diri penggunanya, dan tentunya juga sebagai penunjang produktivitas, maupun eksistensi melalui kehadiran studio-level camera yang mempesona."

Fotografi jadi salah satu unggulan yang ditawarkan di HP Xiaomi ini. HP Android ini memiliki kamera utama 108MP, untuk menghasilkan foto dengan detail yang tajam.

Selain itu, disematkan juga kamera 8MP ultra-wide angle dengan sudut bukaan 120 derajat, serta kamera makro 2MP.

Xiaomi juga menghadirkan fitur eye tracking focus di kamera ponsel ini, yang bertujuan untuk membaca dengan akurat posisi mata dan wajah, serta motion capture yang bisa mengikuti fokus pada obyek saat bergerak dengan cepat.

Xiaomi 12 Lite juga memiliki kamera selfie 32MP dengan Autofokus, untuk membuat foto bebas blur. Kamera di ponsel ini juga dapat menganalisis depth estimation dan portrait matting untuk efek bokeh yang nyata dan alami.

4 dari 4 halaman

Xiaomi Selfie Glow

Fitur unggulan fotografi lainnya adalah Xiaomi Selfie Glow dengan dual soft LED, yang tujuannya meningkatkan keindahan foto yang natural dalam berbagai skenario.

Xiaomi 12 Lite 5G juga dilengkapi dengan berbagai fitur imaging seperti Magic Cutout untuk mengidentifikasi dan memotong objek yang tidak diinginkan serta selfie portrait mode dengan auto HDR

Fitur lainnya adalah mode Vlog dengan pilihan berbagai macam style secara instan, dan One-click AI cinema untuk menciptakan efek sinematis.

Spesifikasi lainnya, Xiaomi 12 Lite 5G didukung layar 6.55” AMOLED display dengan teknologi HDR10+ dan Dolby Vision, serta sudah mendapatkan dukungan dari Dolby Atmos di sisi audionya.

TrueColor display di perangkat ini juga diklaim bisa menghasilkan 68 miliar warna. Sementara refresh rate-nya adalah 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz. Untuk kenyamanan mata, terdapat fitur Sunlight mode 3.0, Reading mode 3.0 dan True Display.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.