Instagram Rilis Template dan Tools Baru untuk Permudah Pengguna Bikin Reels

Oleh Iskandar pada 25 Jul 2022, 07:30 WIB
Diperbarui 25 Jul 2022, 07:30 WIB
Instagram Reels. Dok: Meta
Perbesar
Instagram Reels. Dok: Meta

Liputan6.com, Jakarta - Meta Facebook memperkenalkan tools baru untuk memperluas cara pengguna berkolaborasi dengan pengguna lainnya dalam menggunakan Instagram Reels.

Pembaruan ini tentunya dilakukan perusahaan sebagai bagian dari strateginya untuk bersaing dengan TikTok.

Kamu tidak hanya dapat me-remix video, tetapi juga foto di Instagram, menyuguhkan lebih banyak materi untuk digunakan. Demikian sebagaimana dilansir Engadget, Senin (25/7/2022).

Instagram juga menambahkan lebih banyak tata letak Remix untuk menyertakan green screen, layar terpisah, atau tampilan reaksi gambar picture-in-picture guna mempermudah pngguna menambahkan Reels sendiri atau Reels yang sudah ada.

Kamu bahkan dapat memilih untuk melampirkan remix ke akhir Reels asli, alih-alih memutarnya secara berdampingan. Format itu bekerja lebih baik jika kamu memiliki opini atau sanggahan yang ingin kamu publikasikan.

Selain itu, Meta meluncurkan template untuk memudahkan pembuatan Reels dengan efek audio dan video yang telah dimuat sebelumnya. Kamu hanya perlu menambahkan foto atau video ke salah satunya.

Kamu dapat melihat koleksi template dengan mengetuk ikon kamera di tab Reels. Fitur baru lainnya untuk menyaingi TikTok adalah kemampuan merekam dengan kamera depan dan belakang ponsel secara bersamaan menggunakan kamera Instagram.

Ya, akhirnya Meta mengkonfirmasi fitur yang akan mengubah semua video yang diposting di Instagram sebagai Reels, selama durasinya kurang dari 15 menit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Memonetisasi Reels

Instagram Reels
Perbesar
Instagram Reels. Kredit: Instagram

Video berdurasi di bawah 90 detik mungkin direkomendasikan untuk diunggah di feed yang mungkin memiliki jangkauan lebih luas.

Namun, Instagram tidak akan menggunakan Reels sebagai rekomendasi jika profil kamu digembok, dan tidak akan mengubah unggahan lama.

Fitur ini diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang dan bakal menggabungkan semua video dan Reels dalam satu tab di aplikasi.

Beberapa hari lalu, Instagram juga memperkenalkan fitur yang memungkinkan influencer memperoleh penghasilan dari Reels.

Kreator kini dapat membagikan feed khusus pelanggan yang 'mengunci' konten mereka di balik paywall.

Meta berjanji kepada kreator tidak akan memotong penghasilan mereka sampai tahun 2024, tetapi menempatkan Reels di belakang paywall adalah salah satu cara untuk memonetisasi.

Eksekutif perusahaan sebelumnya mengatakan bahwa mereka bermaksud untuk fokus memonetisasi Reels secepat mungkin di paruh kedua tahun 2022.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Deretan Fitur Baru Instagram

Instagram
Perbesar
Sejumlah pembaruan yang dihadirkan Instagram untuk video Reels. (Dok: Instagram)

Instagram mengumumkan sejumlah tools dan fitur baru untuk membuat pengguna lebih mudah membuat konten di Reels.

Dalam video pengumuman, Head of Instagram, Adam Mosseri mengatakan, Instagram hanya akan memiliki satu format video, yakni Reels.

"Kami ingin agar Instagram mudah digunakan, sehingga seluruh video di Instagram akan menjadi Reels. Bukan berarti semua video di Instagram adalah video tarian, tetapi kami ingin agar pengguna memiliki akses ke berbagai tools (pada Reels)," katanya.

Mosseri pun mengungkap, Instagram menghadirkan sejumlah tools untuk memudahkan pengguna mengkreasikan video Instagram.

Mengutip blog Instagram, Jumat (22/7/2022), pihaknya kini memperluas tools untuk Remix, guna menyempurnakan cara pengguna menceritakan kisah di Instagram, saat berkolaborasi dengan pembuat konten atau teman terfavorit. Apa saja?

Reels for photos

Foto masih jadi pengalaman inti Instagram. Nah, dalam beberapa minggu mendatang pengguna bisa me-remix foto publik. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat Reels mereka sendiri.

Layout Remix yang diperluas

Pengguna bisa memilih antara layar hijau, horizontal, atau split screen atau reaksi untuk ditambahkan ke video komentar ke Reels yang ada saat ini.

Tambahkan Klip

Alih-alih membuat Remix kamu muncul bersamaan dengan Reels asli, pengguna nantinya bisa menambahkan potongan video mereka, setelah video yang asli. Dengan begitu, video bisa dimainkan secara berurutan.


Dual, Rekam Pakai Kamera Depan dan Belakang

Semua video di Instagram kini jadi Reels
Perbesar
Seluruh video di Instagram kini jadi Reels (Foto: Blog Instagram).

"Instagram ingin membuat semua orang bisa mengekspresikan ide-ide kreatif dengan mudah sehingga kami menghadirkan fitur untuk meng-capture, edit, dan membagikannya dari ponsel pengguna," kata Instagram dalam blognya.

Template

Template memungkinkan pengguna menciptakan Reels dengan mudah, memuat ulang audio, dan klip placeholder. Dengan begitu, pengguna hanya perlu menambahkan foto atau klip video mereka sendiri.

Pengguna bisa menemukan ide template dengan mengetuk ikon kamera pada tab Reels.

Dual

Pengguna bisa merekam konten dan reaksi secara bersamaan. Pengguna dalam hal ini, bisa merekam memakai kamera depan dan belakang ponsel secara bersamaan untuk berbagi perspektif lain memakai fitur Dual di kamera Instagram.

Seperti dikatakan Mosseri, semua video yang diunggah di Instagram bakal dibagikan sebagai Reels.

Karena Reels menawarkan pengalaman menciptakan dan menonton video secara lebih luas dan menghibur, Instagram menghadirkan tool kreatif dan pengalaman layar penuh pada video Reels.


Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial

Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial
Perbesar
Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya