Sukses

Telkomsel Pastikan Kesiapan Akses Jaringan di Rangkaian Kegiatan G20

Berikut strategi Telkomsel dalam mempersiapkan akses jaringan broadband di rangkaian kegiatan G20, di berbagai wilayah Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menyatakan kesiapannya dalam menggelar akses jaringan broadband untuk mendukung konektivitas digital di berbagai rangkaian kegiatan G20, yang dilangsungkan di berbagai wilayah Indonesia.

Perusahaan menyebut, sejak awal tahun mereka sudah memastikan kesiapan infrastruktur termasuk kapasitas dan kualitas jaringan broadband untuk memberikan kenyamanan pada seluruh delegasi dari berbagai negara di G20.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, melalui siaran persnya, ditulis Jumat (22/7/2022) mengatakan, Presidensi Indonesia dalam G20 untuk pertama kalinya, adalah tonggak sejarah bangsa.

"Yang sekaligus menjadi momen untuk menunjukan komitmen kebangkitan bangsa Indonesia khususnya, dan dunia pasca masa pandemi yang selama dua tahun terakhir cukup menantang," kata Hendri.

Sejumlah 429 delegasi yang merupakan para petinggi negara akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali pada November 2022. Selain itu seluruh rangkaian kegiatan G20 juga akan diikuti oleh setidaknya 21 ribu perwakilan delegasi lainnya.

Menurut Hendri, Telkomsel merasa terpanggil untuk memastikan penyediaan akses broadband dalam mendukung kenyamanan konektivitas digital seluruh perwakilan delegasi yang akan hadir.

Hendri mengatakan, hal ini demi membuka lebih banyak peluang kemajuan bersama seluruh negara, yang tergabung dalam G20.

Dalam dukungan akses jaringan ini, Telkomsel mengungkapkan sudah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di lebih dari 35 ribu BTS broadband, termasuk tambahan 190 BTS 5G dan 11 Compact Mobile BTS (COMBAT).

Optimalisasi tersebut dilakukan di sejumlah rangkaian kegiatan G20, yang digelar di beberapa wilayah Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangkaian Kegiatan G20

Pertama ada di rangkaian kegiatan Digital Economy Working Group (DEWG) yang diselenggarakan di Jakarta, Yogyakarta, dan Labuan Bajo, dan rangkaian kegiatan Business 20 (B20) summit yang diselenggarakan di Jakarta dan Bali.

Lalu di rangkaian kegiatan Youth 20 (Y20) summit yang diselenggarakan di Palembang, Lombok, Balikpapan, Manokwari, dan Bandung.

Dukungan juga digelar untuk kegiatan Energy Transitions Working Group (ETWG) dan Trade and Investment Working Group (TIWG) di Surakarta dan Labuan Bajo.

Berikutnya adalah di Women 20 (W20) di Likupang, Malang, Manokwari dan kawasan Danau Toba hingga pelaksanaan Puncak G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

Telkomsel bersama sejumlah pelaku bisnis di sektor digital juga terlibat langsung mendukung rangkaian kegiatan DEWG G20 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika di Labuan Bajo, NTB (20-23 Juli 2022) dan Nusa Dua, Bali (29-30 Agustus 2022).

Telkomsel menyebut, dalam pertemuan 2nd Sherpa DEWG G20 di Labuan Bajo, mereka memfasilitasi penyediaan kapasitas dan kualitas jaringan akses broadband di kapal delegasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hadirkan Telkomsel Prabayar Tourist

Sedangkan untuk pelaksanaan DEWG G20 di Nusa Dua-Bali, akan digelar showcase pemanfaatan teknologi jaringan 5G, terutama dalam mendukung revolusi Industri 4.0 serta tiga isu prioritas DEWG G20.

Tiga isu prioritas ini mencakup konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi COVID-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara.

Menurut Hendri, selain mendukung ketersediaan akses broadband di wilayah digelarnya rangkaian kegiatan G20, perusahaan juga menghadirkan kemudahan akses produk dan layanan bagi seluruh perwakilan delegasi dari negara lain.

Telkomsel menawarkan kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist, yang menyediakan paket kuota internet 25GB, kuota telepon lokal 25 menit, serta kuota telepon internasional 25 menit.

Kartu perdana tersebut akan tersedia di sejumlah titik transit delegasi G20 seperti bandar udara, tempat penginapan, hingga lokasi acara.

Kartu perdana ini juga dapat dipesan secara pre-order dari negara asal perwakilan delegasi G20 melalui website Telkomsel dan dapat diambil di GraPARI atau gerai penjualan tertentu ketika telah tiba di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Gaet Perusahaan Telekomunikasi Negara Lain

Telkomsel juga menyatakan memastikan kesiapan layanan international roaming di Indonesia, bagi mereka yang tetap akan menggunakan layanan dari negara asalnya.

Telkomsel mengatakan sudah menggandeng 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia, di mana 48 perusahaan berasal dari negara delegasi G20 yang akan hadir di Indonesia.

Kerja sama mencakup 4G Roaming Partnership dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari tiap negara.

Kerja sama juga dilakukan untuk 5G Roaming Partnership dengan 12 perusahaan telekomunikasi seluler dari Amerika Serikat, Arab Saudi, Kanada, Korea Selatan, Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, Rusia dan Turki.

Menggandeng Kemkominfo serta Kementerian Perdagangan, perusahaan juga menyediakan layanan di sejumlah titik untuk asistensi terkait proses registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) perangkat yang akan digunakan perwakilan delegasi.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.