Sukses

Mengetahui Pemanfaatan Kecerdasan Buatan di Bidang Genomik

Perkembangan ilmu genomik dapat memanfaatkan AI untuk menciptakan teknologi yang efektif dan efisien.

Liputan6.com, Jakarta - Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial (KORIKA) akan menggelar webinar untuk umum bertajuk "Kecerdasan Artifisial Untuk Pengembangan Genom di Indonesia" pada Sabtu (23/7/2022).

Presiden KORIKA Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc.,IPU mengatakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Inteligence/AI) bisa digunakan di segala bidang, termasuk kesehatan.

"Perkembangan ilmu genomik dapat memanfaatkan AI untuk menciptakan teknologi yang efektif dan efisien. Hal ini dapat mendorong dan membantu, khususnya bidang kesehatan Indonesia, baik dari segi diagnosa, pengobatan, maupun pencegahan suatu penyakit," kata Hammam melalui keterangannya, Kamis (21/7/2022).

Ia berharap dengan webinar ini peserta dapat lebih mengenal dan memahami manfaat kecerdasan buatan yang dapat diterapkan di bidang genomik.

Sebagai informasi, webinar ini akan dibagi dua sesi, yang mana sesi pertama menghadirkan tiga pembicara kunci yakni Menteri Kesehatan Ir. Budi GunadiSadikin, CHFC.,CLU; Deputi Ketua BRIN untuk Kebijakan Publik Dr. Mego Pinandito, M.Eng; dan CEO Huawei Cloud Indonesia Jason Zhang.

Adapun sesi kedua juga menghadirkan tiga pembicara kunci yakni Wakil Menteri Kesehataan dr. Dante SaksonoHarbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D; Menteri Perdagangan 2011-2014 Dr. Gita Wirjawan, B.B.A., M.B.A.; dan pembicara dari eksekutif Huawei.

Selain pembicara kunci, hadir narasumber Setiaji, S.T., M.Si. (Digital Transformation Office, Ministry of Health), Dr. Rifki Sadikin (Kepala Pusat RisetKomputasi – BRIN), Dr. Arnaldo MarulituaSinaga, S.T, M.InfoTech (Rector of IT Del), Prof. Drh.  Bambang Purwantara, M.Sc.,Ph.D (IPB): Genome in Animal, Prof. Dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K) (UI), dan Prof. Dr. Ir. Miftahudin M.Si (IPB).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Genom?

Ketua Pelaksana Dr. dr. Telly Kamelia, SpPD-KP, FINASIM menjelaskan, genom adalah bagian dari bidang genetika dan biologi molekuler modern yang merupakan seluruh informasi genetik yang dimiliki suatu sel atau organisme.

Bidang ilmu yang mempelajari hal ini adalah genomik.

"Genomik adalah bidang interdisipliner biologi yang berfokus pada struktur, fungsi, evolusi, pemetaan, dan pengeditan genom. Saat ini bidang genomik terus dikembangkan karena dapat diterapkan di berbagai bidang seperti kesehatan, bioteknologi, antropologi, dan masih banyak lagi," paparnya.

Peserta bisa mengikuti webinar ini secara gratis dengan terlebih dahulu mengakses di laman KORIKA: https://www.korika.id/.

Para peserta yang hadir diproyeksikan berasal dari peneliti genomik, insinyur, komunitas, akademisi, universitas, dan mahasiswa.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.