Sukses

Oppo A57 Rilis di Indonesia, Bawa Fitur yang Serba Pertama ke Seri A5

Oppo A57 membawa beberapa fitur dan spesifikasi yang belum pernah ada di seri A5 sebelumnya seperti A55.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo secara resmi meluncurkan perangkat teranyar mereka yaitu smartphone Oppo A57, Kamis (21/7/2022) .

Adapun, peluncuran Oppo A57 ini juga digelar melalui platform Oppo Brand Store (OBS) Virtual yang terdapat di aplikasi TikTok melalui akun Oppo Store Indonesia dan akun resmi TikTok Oppo Indonesia.

Smartphone terbaru di lini A5 Series ini membawa beberapa fitur dan spesifikasi yang belum pernah ada di seri A5 sebelumnya seperti A55, di mana Oppo menghadirkan berbagai peningkatan di banyak sisi, baik dari segi perangkat keras maupun fitur, di mana beberapa di antaranya dihadirkan di lini atasnya seperti Oppo Reno.

"Kami sudah konsisten bahwa kami akan membawa berbagai macam keunggulan-keunggulan dari perangkat-perangkat di lini seri atasnya, untuk berada di lini selanjutnya," kata Aryo Meidianto A., PR Manager Oppo Indonesia dalam konferensi pers di Jakarta.

"Maka dari itu dari segi desain, kemudian dari segi teknik pewarnaan, kami menghadirkan teknik yang sebelumnya hanya ada di perangkat kelas menengah atas, kemudian ke perangkat A5 Series," imbuh Aryo.

Oppo mengatakan, smartphone A57 hadir dengan membawa predikat "yang pertama' di seri A5. Misalnya desain retro modern dengan finishing Oppo Glow. Desain Oppo A57 menghadirkan bingkai 7,99 mm untuk membuat perangkat ini jadi lebih mudah digenggam.

Oppo Glow juga membuat perangkat ini bebas sidik jari dan tahan terhadap goresan, di samping membuatnya terlihat berkilau jika terkena cahaya.

Ponsel ini juga telah menerapkan enduring quality, yang telah lolos enam uji utama termasuk uji jatuh, uji radiasi, uji ketahanan terhadap lingkungan, uji, tangkapan sinyal dan ketahanan terhadap cipratan air.

Untuk ketahanan cipratan air normal, HP Oppo A57 sudah mendapatkan sertifikasi IPX4 Water Resistance.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengisian Daya 33W Supervooc

Kapasitas baterai Oppo A57 sebesar 5000mAh, yang mendukung pengisian daya 33W Supervooc. Smartphone ini diklaim bisa terisi penuh hanya dalam kurun waktu 72 menit. Untuk pengisian daya selama 10 menit, disebut bisa membuat HP ini dapat dipakai untuk YouTube-an selama 2,8 jam.

Untuk mengatasi panas saat mengisi daya dengan cepat, Oppo A57 membawa teknologi Charging Heat Technology, perlindungan over-voltage dan over-current voltage, membuat pengisian dayanya benar benar aman, meski daya yang dialirkan ke perangkat sangat besar.

Fitur di sektor charging lainnya adalah Optimized Night Charging, yang membantu perangkat untuk mempelajari rutinitas pengguna, untuk menghitung waktu yang tepat untuk memulai mengisi daya ponsel di malam hari.

Fitur lain di sisi pengisian daya smartphone ini adalah Super Nighttime Standby yang akan mengurangi daya baterai dua persen jika perangkat menyala semalaman.

Oppo A57 juga menjadi seri A5 pertama yang mengusung Ultra-Linear Stereo Speakers, yang dilengkapi dengan kehadiran dual speaker. Dengan output linear, perangkat akan memiliki output atau keluaran suara dua kali lebih besar, maksimal hingga 85dB.

Jika masih kurang, Oppo A57 juga membawa fitur Ultra Volume Mode, yang akan meningkatkan keluaran suara 200 persen lebih keras. Teknologi lainnya adalah Dirac 3.0, yang akan membawa peningkatan dan optimalisasi speaker.

Oppo A57 mengusung layar Waterdrop 6.56 inci, Refresh Rate 60 Hz, IPS LCD HD+, 90 persen NTSC Color Gammut, dengan AI Eye Comfort. Sementara di dapur pacu, perangkat ini mendapatkan dukungan dari prosesor Mediatek Helio G35.

3 dari 4 halaman

Adopsi ColorOS 12.1

Dari segi software, A57 menggunakan sistem operasi terbaru mereka yaitu ColorOS 12.1 berbasis Android 12, yang membawa fitur-fitur populer seperti Flexdrop, untuk mempermudah multi-tasking dengan memperkecil layar aplikasi dan dipindahkan posisinya.

Fitur lainnya adalah Three-finger Translate with Google Lens, untuk mempermudah menerjemahkan ke berbagai bahasa dengan tangkapan layar. Terdapat juga fitur-fitur privasi untuk menjaga keamanan data pengguna.

Oppo A57 juga menghadirkan fitur ekspansi RAM, yang membuat pengguna bisa menambahkan RAM sementara sampai 4GB.

Saat fitur ekspansi RAM ini diaktifkan, berbagai kegiatan di latar belakang yang tidak diperlukan akan melakukan dihentikan, untuk meminimalkan beban sistem. Aplikasi yang jarang digunakan juga akan dikompresi untuk mengosongkan penyimpanan internal.

Kemudian, internal yang tersedia kemudian akan digunakan untuk membuat RAM tambahan sementara. Sistem ini berpadu dengan ekspansi ROM yang gunanya untuk mengoptimalkan penyimpanan, dengan secara otomatis menyimpan data aplikasi sistem dan beberapa data aplikasi media sosial, langsung ke kartu Micro SD.

Sebagai tambahan, Oppo hanya menghadirkan dua fitur di atas untuk para pengguna Oppo A57 di wilayah Indonesia dan India. Kedua fitur tersebut disesuaikan dengan kebiasaan pengguna di kedua negara.

Di sisi fotografi, Oppo A57 hadir dengan konfigurasi 13 MP Main Camera F/2.2 dan 2MP Depth Camera F/2.4. Sementara untuk kamera depannya menggunakan kamera 8MP F/2.0.

"Kami sangat percaya bahwa Oppo A57 akan mudah diterima konsumen Indonesia dan dapat mengungguli pesaing di kelas yang sama," kata Aryo.

Hadir dalam dua varian warna yaitu Glowing Green dan Glowing Black, Oppo A57 hadir di pasar Indonesia dengan harga Rp 2.399.000 untuk RAM 4GB + RAM Expansion: 1GB, 2GB, 4GB dan ROM 64GB + MicroSD hingga 1TB.

4 dari 4 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.