Sukses

Top 3 Tekno: Telkomsel Matikan 3G di Ratusan Kota/Kabupaten Jadi Sorotan

Telkomsel memasuki tahap ketiga dalam melakukan upgrade jaringan 3G ke 4G LTE. Kali ini perusahaan mulai mematikan 3G di 143 kota/kabupaten per 20 Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memasuki tahap ketiga dalam melakukan upgrade jaringan 3G ke 4G LTE. Kali ini Telkomsel matikan 3G di 143 kota/kabupaten mulai 20 Juli 2022.

Informasi ini menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (20/7/2022) kemarin.

Berita lain yang juga populer masih datang dari Telkomsel yang menyatakan secara total ada 504 kota/kabupaten yang akan mendapatkan optimalisasi jaringan 4G LTE.

1. Telkomsel Matikan 3G di 143 Kota Hari Ini Rabu 20 Juli 2022, Cek Daftar Lengkapnya

Telkomsel telah mematikan jaringan 3G di ratusan kota atau kabupaten. Pantauan Tekno Liputan6.com di situs resmi Telkomsel, ada 143 kota yang mendapatkan peningkatan layanan 3G ke 4G/LTE mulai hari ini, Kamis (20/7/2022).

Pemadaman jaringan 3G berlangsung di wilayah Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara hingga Maluku-Papua.

Sumatra 52 kota yang sebagian meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, hingga Kepulauan Bangka Belitung.

Lalu Jawa dengan 49 kota, termasuk DKI Jakarta (Kota Jakarta Timur), sebagian Jawa Barat, Jawa Timur hingga Jawa Tengah.

Kalimantan ada 7 kota, mulai dari sebagian Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Utara.

Sulawesi ada 16 kota, mulai dari sebagian Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan.

Bali-Nusa Tenggara meliputi 9 kota, mulai dari sebagian Bali, Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur.

Terakhir, Maluku-Papua dengan 10 kota, mulai dari sebagian Maluku, Maluku Utara, Papua hingga Papua Barat.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa mengecek daftar kota atau kabupaten yang mendapatkan upgrade 3G ke 4G LTE di tautan ini: https://www.telkomsel.com/untungjadi4g.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Telkomsel Matikan 3G di 504 Kota/Kabupaten dalam Empat Tahap

Telkomsel mengklaim terus melanjutkan proses peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di sepanjang tahun 2022.

Langkah mematikan jaringan 3G di 504 kota/kabupaten di Indonesia dilakukan Telkomsel secara bertahap dan terukur yang dibagi menjadi empat tahap.

Tahap pertama telah selesai dilakukan pada Maret hingga Mei 2022 di 86 kota/kabupaten, tahap kedua selesai dilakukan pada Juni 2022 di 91 kota/kabupaten.

Saat ini Telkomsel telah memasuki tahap ketiga yang akan berlangsung mulai Juli 2022 dengan menargetkan 143 kota/kabupaten secara bertahap dan terukur. Untuk tahap berikutnya akan diinformasikan lebih lanjut, menyesuaikan kesiapan ekosistem 4G secara keseluruhan.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho, mengatakan Telkomsel memastikan tetap menjaga kenyamanan seluruh pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan dari Telkomsel selama rangkaian proses upgrade jaringan masih berjalan sampai dengan selesai.

"Kami juga terus mendorong peningkatan migrasi pelanggan ke uSIM 4G/LTE dengan menghadirkan kemudahan melalui ragam opsi mekanisme yang luas, baik secara online maupun offline, serta didukung beragam penawaran program menarik," katanya melalui keterangan tertulis, dikutip Rabu (20/7/2022).

Perusahaan berharap proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE dan percepatan migrasi pelanggan dapat membuka peluang lebih luas bagi masyarakat sampai pelosok negeri dalam mengoptimalkan berbagai potensi diri untuk berkembang dan maju, melalui pemanfaatan teknologi akses broadband berteknologi digital terdepan dari Telkomsel.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Samsung Umumkan Kehadiran One UI Watch4.5, Bawa Sejumlah Fitur Baru

Samsung mengumumkan One UI Watch4.5 akan segera hadir untuk seri Galaxy Watch4, Galaxy Watch4 Classic, termasuk Galaxy Watch model terbaru. One UI Watch4.5 disebut hadir dengan beragam fitur anyar untuk meningkatkan pengalaman dalam memakai Galaxy Watch.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (20/7/2022), salah satu fitur baru yang dihadirkan Samsung adalah kehadiran keyboard QWERTY, sehingga memudahkan komunikasi dari jam tangan pintar tersebut.

Tidak hanya itu, One UI Watch4.5 juga memungkinkan pengguna beralih mode input secara lebih mulus, baik dengan mendiktekan pesan atau keyboard. Panggilan telepon dengan Galaxy Watch juga lebih lancar, karena sistem operasi ini mendukung Dual-SIM.

Nantinya, pengguna dapat mengatur kartu SIM pilihan di smartphone Galaxy mereka dan Galaxy Watch akan melakukan sinkronisasi secara otomatis. Samsung juga memudahkan pengguna untuk memilih watch face favorit mereka.

Dengan One UI Watch terbaru ini, pengguna bisa menambahkan watch face ke daftar favorit hingga beberapa kali, kemudian melakukan kustomisasi. Watch face akan disimpan untuk akses cepat, sehingga pengguna tidak perlu menelusuri ulang seluruh koleksi dari awal.

Samsung juga menyertakan fitur aksesibiltas untuk meningkatkan pengalaman pengguna, mulai dari menyesuaikan tampilan jam dengan nuansa warna pililhan mereka, meningkatkan kontras agar huruf lebih mudah dibaca, efek blur, serta penghapusan animasi.

Ada pula bantuan auditori untuk mereka yang sulit mendengar. Lewat fitur ini, pengguna dapat menyeimbangkan suara dari output audio kiri dan kanan untuk headset bluetooth yang terhubung dengan Galaxy Watch.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.