Sukses

Telkomsel Matikan 3G di 143 Kota Hari Ini Rabu 20 Juli 2022, Cek Daftar Lengkapnya

Telkomsel telah mematikan jaringan 3G di 143 kota atau kabupaten pada Rabu, 20 Juli 2022. Berikut ini daftar lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel telah mematikan jaringan 3G di ratusan kota atau kabupaten. Pantauan Tekno Liputan6.com di situs resmi Telkomsel, ada 143 kota yang mendapatkan peningkatan layanan 3G ke 4G/LTE mulai hari ini, Kamis (20/7/2022).

Pemadaman jaringan 3G berlangsung di wilayah Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara hingga Maluku-Papua.

Sumatra 52 kota yang sebagian meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, hingga Kepulauan Bangka Belitung.

Lalu Jawa dengan 49 kota, termasuk DKI Jakarta (Kota Jakarta Timur), sebagian Jawa Barat, Jawa Timur hingga Jawa Tengah.

Kalimantan ada 7 kota, mulai dari sebagian Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Utara.

Sulawesi ada 16 kota, mulai dari sebagian Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan.

Bali-Nusa Tenggara meliputi 9 kota, mulai dari sebagian Bali, Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur.

Terakhir, Maluku-Papua dengan 10 kota, mulai dari sebagian Maluku, Maluku Utara, Papua hingga Papua Barat.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa mengecek daftar kota atau kabupaten yang mendapatkan upgrade 4G di tautan ini: https://www.telkomsel.com/untungjadi4g.

Telkomsel sendiri mengatakan sudah merencanakan suntik mati jaringan 3G sejak 2020. Migrasi 3G ke jaringan 4G sudah dimulai dan dijadwalkan akan selesai pada akhir 2022.

"Telkomsel konsisten melakukan pemerataan dan akselerasi layanan 4G/LTE melalui pembangunan infrastruktur BTS 4G/LTE baru, pembangunan BTS USO 4G di wilayah 3T hingga peningkatan atau upgrading layanan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia secara bertahap dan terukur di sepanjang tahun 2022," kata VP Corporate Communications Telkomsel, Saki H. Bramono.

Ia menambahkan program upgrade jaringan 3G ke 4G LTE dilakukan secara berkala dengan tetap mengedepankan kenyamanan pelanggan.

"Demi menjamin kenyamanan pelanggan dan kualitas konektivitas yang lebih baik, kami terus melakukan sosialisasi melalui berbagai channel ke pelanggan untuk segera melakukan pergantian kartu ke USIM 4G dan mulai menggunakan perangkat yang mendukung 4G," ucap Saki memungkaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Telkomsel Segera Nonaktifkan Sinyal 3G di Jatim, Buruan Migrasi ke 4G

Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Jawa Bali Riny Novitriyanti membenarkan, pihaknya mulai melakukan upgrade layanan 3G ke 4G di 50 kabupaten/kota secara bertahap di Jawa Bali.

"Ditargetkan sampai akhir tahun ini, sinyal 3G Telkomsel tuntas dinonaktifkan," ujar Riny di Surabaya, Rabu (13/7/2022).

 

Riny mengungkapkan, di Jawa Timur secara masif juga edukasi dan sosialisasi kepada pelanggan 3G tentang upgrade layanan 3G ke 4G.

"Mereka yang masih menggunakan smartphone 3G juga segera mengganti dengan smartphone 4G karena untuk bisa bermigrasi ke 4G harus menggunakan smartphone 4G," ucapnya.

Riny mengatakan, kebijakan ini sebagai bentuk Telkomsel mematuhi aturan yang ditetapkan Menkominfo Johnny G Plate.

"Kami terus mengingatkan kepada pelanggan 3G di Jawa Timur untuk segera bermigrasi ke layanan 4G dengan menukarkan kartu SimCard ke GraPARI Telkomsel terdekat,” ujarnya.

Migrasi ini, lanjut Riny, juga upaya perluasan pemerataan layanan 4G dengan menonaktifkan sinyal 3G di beberapa wilayah.

Seperti di Sidoarjo dan beberapa kota dan kabupaten lainnya di Jawa Timur, terhitung mulai 20 Juli 2022 mendatang, secara permanen, dipastikan tidak tersedia jaringan seluler generasi ketiga lagi.

"Pada tanggal tersebut pula, Telkomsel menonaktifkan sinyal 3G," ucap Riny.

Sebelum tanggal tersebut, kata Riny, akan ada beberapa penonaktifan 3G di beberapa kota di Jawa Timur, seperti kota Surabaya, Bangkalan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Kediri, Sampang, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar dan Pamekasan.

“Itu sebabnya, kami kembali mengingatkan agar pelanggan yang masih menggunakan kartu 3G segera migrasi ke kartu 4G Telkomsel ke GraPARI terdekat agar dapat menikmati Digital Experience terbaik," ujarnya

Riny mengatakan, sejak Maret hingga saat ini jumlah pelanggan 3G Telkomsel di wilayah Jawa Timur yang sudah banyak yang melakukan migrasi SimCard 4G. "Sisanya, diharapkan segera bermigrasi sebelum sinyal 3G Telkomsel dinonaktifkan secara permanen," ucapnya.

3 dari 6 halaman

Siapkan Smartphone Harga Terjangkau

Riny menambahkan, Telkomsel mempermudah pelanggan 3G untuk bermigrasi ke layanan 4G dengan menyediakan perangkat smartphone 4G dengan harga terjangkau.

"Smartphone 4G tersebut bisa dibeli di GraPARI terdekat maupun di toko-toko HP yang ada di daerah," ujarnya.

Untuk jadwal daftar kota/ kabupaten yang telah dilakukan peningkatan/ pengalihan layanan 3G ke 4G sesuai periode waktu dapat diakses melalui: www.telkomsel.com/untungjadi4g.

"Upgrade layanan 3G ke 4G tersebut kondisional atau bisa berubah sewaktu-waktu yang tergantung kesiapan masing-masing wilayah," ucap Riny.

4 dari 6 halaman

Telkomsel Gandeng Samsung dan Blibli, Hadirkan Smartphone 4G Terjangkau

 Telkomsel menggandeng Samsung dan Blibli menghadirkan program bundling smartphone 4G hingga 31 Juli 2022. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan ekonomi digital lewat pemanfaatan teknologi 4G LTE.

Sebagaimana diketahui, saat ini operator telekomunikasi Indonesia tengah dalam tahap mematikan jaringan 3G untuk ditingkatkan dengan 4G.

Dalam kondisi ini, ada beberapa hambatan penghapusan 3G, salah satunya karena masih banyak pengguna yang belum memakai perangkat 4G.

Program bundling smartphone 4G terjangkau ini sekaligus menjadi upaya Telkomsel mengajak masyarakat untuk beralih ke layanan 4G.

Sekadar informasi, program ini menawarkan paket bundling data Telkomsel dengan smartphone 4G Samsung terjangkau di platform e-commerce Blibli.

Program bundling ini membuka kesempatan bagi masyarakat untuk membeli smartphone 4G Galaxy A dan M series dengan harga mulai dari Rp 1,5 jutaan.

Lewat paket bundling ini, pelanggan Telkomsel bisa mendapatkan keuntungan tanpa perlu ganti nomor atau kartu. Pelanggan juga bisa mendapatkan kuota hingga 96GB dengan Rp 60 untuk 6 bulan.

Program ini juga bisa dinikmati dengan memanfaatkan pilihan pembayaran cicilan 0 persen melalui fitur Blibli PayLater.

Pelanggan baru juga bisa mendapatkan keuntungan berupa kartu perdana Telkomsel Prabayar di kotak smartphone dan mengaktifkan paket BundlingMax dengan kuota 16GB per bulan senilai Rp 75 ribu.

5 dari 6 halaman

Mulai dari Galaxy A03, Galaxy A12, dkk

General Manager Loyalty and Device Partnership Management Telkomsel Lolyta Sihite mengatakan, "Telkomsel ingin membuka kesempatan lebih luas kepada pelanggan atau masyarakat yang masih menggunakan layanan 2G/3G untuk beralih ke layanan broadband 4G dengan dukungan smartphone yang sesuai kebutuhan dan harga terjangkau."

Sementara itu, Head of MX Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Selvia Gofar mengatakan, Samsung mengajak masyarakat yang masih pakai layanan 3G untuk mengoptimalkan teknologi dan beralih ke 4G.

Adapun smartphone yang ada dalam program bundling ini, mulai dari Samsung Galaxy A03, Galaxy A12, Galaxy M12, dan Galaxy M32 siap jadi daily driver 4G dengan kamera resolusi tinggi hingga 64MP.

Smartphone juga mendukung memori luas hingga 128GB, dan baterai 5.000 mAh untuk mendukung produktivitas.

VP President HP Tablet Accessories Blibli, Christian Ng, menyebut, kolaborasi ini menegaskan komitmen Blibli sebagai e-commerce terpercaya bukan hanya bagi pelanggan tetapi juga mitra seperti Telkomsel dan Samsung.

Kerja sama ini pun didukung dengan layanan lengkap Blibli, mulai dari beragam opsi pembayaran. Mulai dari cicilan PayLater, gratis ongkir, jaminan 100 persen original dan retur barang, fitur tukar tambah, hingga layanan pelanggan 24/7.

Langkah ini, sejalan dengan upaya Telkomsel yang tahun ini, secara bertahap dan terukur melakukan pengalihan layanan jaringan 3G ke 4G di seluruh Indonesia.

Pelanggan yang ingin melakukan ganti kartu 4G Telkomsel bisa dilakukan dengan cara mudah. Caranya bisa menukarkan kartu 4G ke Grapari terdekat.

Permintaan ganti kartu 4G bisa dilakukan secara online melalui situs telkomsel.com/untungjadi4G, aplikasi myTelkomsel, Call Center 188, media sosial Telkomsel serta memanfaatkan layanan Grapari online. Selanjutnya, kartu 4G akan dikirimkan ke alamat pelanggan.

6 dari 6 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.