5 Tips Cegah Panas Berlebih pada Smartphone Saat Bermain Game

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 25 Jul 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 25 Jul 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi Game Mobile, PUBG
Perbesar
Ilustrasi Game Mobile, PUBG (Photo by SCREEN POST on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Smartphone saat ini bukan lagi alat untuk sekadar berkomunikasi. Ponsel pintar sudah berkembang menjadi perangkat untuk memudahkan pekerjaan dan hiburan, termasuk salah satunya untuk bermain game.

Meskipun begitu, tidak semua smartphone kuat untuk bermain game. Ada beberapa game yang membutuhkan spesifikasi perangkat tertentu untuk dapat memainkannya.

Seringkali, game-game yang membutuhkan spesifikasi perangkat cukup tinggi, dapat membuat smartphone jadi lebih panas apabila dimainkan, bahkan dengan pengaturan grafik low hingga medium sekalipun.

Panasnya perangkat, selain berpengaruh pada performa game, tentu juga membuat smartphone terasa tidak nyaman di tangan.

Maka dari itu, dilansir Sportskeeda, dikutip Senin (24/7/2022), ada lima cara yang kamu lakukan untuk mendinginkan smartphone saat sedang bermain game.

1. Pilih phone case yang tahan panas

Casing atau phone case, tidak cuma berguna untuk menjaga ponsel dari benturan atau kotor saat terjatuh. Aksesoris semacam ini juga membantu mengurangi pemanasan yang berlebihan.

Maka dari itu, pilihlah casing smartphone yang membantu menahan keluaran panas maksimal dari perangkat pada saat kamu bermain game.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mengatur Perangkat

Samsung Galaxy A53 5G untuk bermain Mobile Legends: Bang Bang (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Samsung Galaxy A53 5G untuk bermain Mobile Legends: Bang Bang (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

2. Ubah pengaturan perangkat

Setiap orang memiliki settingan atau pengaturan smartphone yang berbeda-beda saat bermain game.

Tidak sedikit yang menginginkan grafik terbaik, sementara yang lain akan mengorbankannya demi mendapatkan kualitas dan performa permainan yang lebih baik.

Pengaturan perangkat pun juga berdampak pada operasional, kinerja, dan suhu perangkat.

Sehingga, pertimbangkan untuk menurunkan kecerahan layar atau menyesuaikan pengaturan grafis, saat memainkan game-game berat di ponsel. Ini tak cuma membuat gameplay semakin baik, tapi juga membuat perangkat tak terlalu panas. 

3. Tutup aplikasi tak terpakai

Banyak orang lupa mematikan aplikasi yang tidak terpakai, di mana ini bisa menurunkan performa perangkat dan menyebabkan panas berlebih.

Tutuplah aplikasi yang tidak terpakai, khususnya yang sudah digunakan dalam waktu lama, untuk membuat ponsel pintarmu berada di kinerja yang paling baik dan mencegah pemanasan.

Menghapus file-file yang tidak dibutuhkan juga dapat membantu ponselmu dari panas yang berlebihan.


Hindari Sinar Matahari dan Istirahat

Free Fire
Perbesar
Free Fire. (Liputan6.com/ Yuslianson)

4. Hindari sinar matahari secara langsung

Sinar matahari yang langsung terpapar pada perangkat akan membuatnya menjadi lebih panas, menurunkan kinerja, dan berpotensi merusaknya serta komponennya.

Sehingga, disarankan untuk mencari tempat yang teduh apabila kamu ingin bermain game dengan smartphone, dan hindari paparan sinar matahari secara langsung.

5. Beri jeda di saat bermain dalam waktu lama

Bermain dalam waktu lama tentu saja dapat membuat smartphone jadi panas dan mempengaruhi kinerjanya. Untuk itu, berikan jeda setelah durasi bermain yang lama, dan bermainlah dalam waktu sewajarnya.

Selain untuk menjaga smartphone dalam kinerja yang baik, hal ini juga bagus untuk kesehatan dirimu sendiri. Istirahatkan diri sejenak setelah lama bermain dengan mengisi perut atau minum.

(Dio/Isk)

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya