Jajal Internetan di Tengah Danau Toba, Operator Mana Paling Ngebut?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 20 Jul 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 20 Jul 2022, 12:00 WIB
Danau Toba di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara
Perbesar
Danau Toba di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Simalungun - Danau Toba di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menjadi salah satu dari lima Destinasi Wisata Super Prioritas (DSP) yang dicanangkan Kemenparekraf.

Sebagai destinasi wisata super prioritas, kawasan ini dikover oleh jaringan internet mumpuni yang bakal meningkatkan pengalaman wisatawan saat berkunjung ke kawasan Danau Toba.

Apalagi di zaman serba digital saat ini, mengunggah foto, video, atau status saat tengah berlibur, ke media sosial menjadi tanda eksistensi seseorang. Lantas, seberapa cepat dan menyenangkannya pengalaman internetan di kawasan Danau Toba yang jadi salah satu destinasi wisata super prioritas di Indonesia?

Di sela acara event dunia Women20 Summit (W20 Summit) yang digelar di Kawasan Danau Toba, di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Tekno Liputan6.com menyempatkan diri untuk menyeberangi Danau Toba, menuju beberapa lokasi wisata sekitar.

Tidak lupa, kami juga menjajal pengalaman internetan menggunakan layanan milik beberapa operator telekomunikasi saat berada di kapal penyeberangan. Bagaimana rasanya?

Pertama, pengujian kami lakukan menggunakan layanan internet dari XL Axiata. Di Danau Toba, kami mencoba menggunakan layanan pesan Telegram dan YouTube menggunakan jaringan XL Axiata, saat berada di tengah danau.

<p>Uji kecepatan internet XL Axiata menggunakan aplikasi SpeedTest by Ookla (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>

Hasilnya, internet XL Axiata mendapatkan sinyal 4G+. Saat dipakai untuk Telegram-an, internet XL juga lancar dan tidak mengalami delay pengiriman meski untuk mengirim foto. Begitu juga dengan saat dipakai untuk streaming YouTube, tidak ada masalah loading meski kami akses dilakukan di tengah danau.

Pengujian menggunakan aplikasi SpeedTest by Ookla menunjukkan kecepatan download adalah 55,9 Mbps dan kecepatan upload adalah 18 Mbps, dengan ping 103 ms. Ping merujuk pada seberapa cepat pengguna mendapatkan respon setelah mengirimkan permintaan ke internet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Uji Jaringan di Danau Toba Pakai Telkomsel

<p>Uji kecepatan internet Telkomsel menggunakan aplikasi SpeedTest by Ookla (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>

Selanjutnya, pengujian internet Telkomsel untuk WhatsApp dan YouTube. Internetan dengan Telkomsel di Danau Toba juga terbilang lancar dan tidak ada kendala. WhatsApp-an dengan Telkomsel di Danau Toba juga lancar dan tidak ada gangguan delay meski dipakai untuk mengirimkan video atau foto.

Sementara saat dipakai untuk streaming YouTube, internet pun tidak lemot dan tidak buffering meski disetel ke kualitas video HD.

Di atas kertas, pengujian melalui aplikasi SpeedTest by Ookla memperlihatkan kecepatan download adalah 43,2 Mbps dan kecepatan unggah adalah 13,4 Mbps. Sementara, waktu ping-nya adalah 47 ms.

 


Uji Jaringan di Danau Toba Pakai IM3 Ooredoo

<p>Uji kecepatan internet IM3 Ooredoo menggunakan aplikasi SpeedTest by Ookla (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>

Terakhir, kami melakukan pengujian internetan menggunakan layanan milik Indosat Ooredoo Hutchison. Internetan dengan IM3 Ooredoo dilakukan untuk mengirim pesan teks dan foto di WhatsApp. Hasilnya, pengalaman internet menggunakan layanan Indosat berlangsung lancar dan tidak ada kendala apa pun.

Pengujian di atas aplikasi SpeedTest by Ookla memperlihatkan bahwa kecepatan download-nya adalah 114 Mbps dan kecepatan upload-nya 55,9 Mbps dengan ping 34ms.

Berdasarkan pengujian tersebut, bisa dikatakan wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Danau Toba bisa mendapatkan pengalaman internetan yang memuaskan karena minimnya loading atau buffering saat dipakai untuk streaming.

Pelanggan atau UMKM di sekitar pun bisa memanfaatkan layanan internet broadband 4G yang mumpuni untuk mendukung komunikasinya dan bisnisnya.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya