Sukses

Huawei MateBook D16 Bakal Rilis di Indonesia 27 Juli 2022, Bawa Sederet Fitur Ini

Huawei MateBook D16 disebut cocok untuk pelajar, penggunaan keluarga di rumah, atau pun juga untuk bekerja secara profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Huawei memperkenalkan laptop teranyar mereka yaitu MateBook D16, yang diumumkan bakal dirilis di Indonesia pada tanggal 27 Juli 2022 mendatang.

Laptop Huawei MateBook D16 mendapatkan tenaga dari prosesor Intel Core 12 Gen H-Series terbaru, dengan RAM 16 GB dan SSD 512 GB berkecepatan tinggi.

Edy Supartono, Training Director of Huawei Device Indonesia dalam media roundtable virtual, Senin sore (18/7/2022) menjelaskan, laptop ini sudah menggunakan prosesor Intel Core i7-12700H.

"Bisa dibayangkan performanya jauh lebih meningkat. Apalagi sudah menggunakan prosesor seri H," kata Edy menambahkan.

Huawei mengatakan, Huawei MateBook D16 sangat direkomendasikan bagi pelajar dan pekerja yang membutuhkan dukungan komputasi untuk multitasking maupun kebutuhan hiburan, dari gaming, nonton video, atau editing.

Untuk layarnya berukuran 16 inci Huawei FullView Display dengan 100 persen sRGB, namun tetap memiliki desain ringan yaitu hanya seberat 1,7 kilogram.

Layar Huawei MateBook D16 sendiri mampu menampilkan layar IPS 1080p yang mendukung gamut warna 100 persen sRGB sehingga cocok untuk kebutuhan desain, dan kecerahan maksimum 300 nits.

Laptop Huawei ini dilengkapi pelindung layar anti-silau sehingga layar tetap terlihat jelas meski di lingkungan yang terang. Huawei menyebut, panel IPS lebih cocok untuk konten dinamis.

Rasio aspek layar laptop juga telah berevolusi menjadi 16:10, sehingga memungkinkan pengguna untuk melihat bagan, data, dan dokumen secara lebih mudah, dengan area tampilan yang lebih besar dan lebih tinggi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknologi Metaline Antennae

Laptop ini juga mewarisi desain FullView Display pada keluarga MateBook. Ini terlihat dari bezel ultra-tipis 4,6mm di sisi kiri dan kanan, sehingga mampu menghasilkan rasio screen-to-body yang tinggi sampai 90 persen.

Untuk mendukung koneksi internet yang lebih stabil, Huawei menghadirkan teknologi Metaline Antennae di lini Huawei MateBook D16 untuk pertama kalinya.

Teknologi Metaline Antennae ini berbasis Metamaterial dengan struktur komposit yang dapat mengakibatkan gelombang elektromagnetik tersebar dengan lebih baik, tanpa mengubah frekuensi antena.

Huawei mengklaim, teknologi ini memungkinkan efisiensi jaringan meningkat sampai 56 persen. Sehingga, pengguna bisa menikmati kestabilan koneksi internet yang lebih baik.

Dengan koneksi internet yang lebih stabil, tentu saja risiko video buffering, proses unduhan terputus di tengah jalan, hingga lag saat bermain game, jadi lebih terminimalisir.

3 dari 4 halaman

FollowCam dan Virtual Background

Huawei juga menyematkan Webcam dengan resolusi tinggi 1080p AI Webcam di Bezel Atas. Webcam ini juga mendukung Wide Angle, sehingga memiliki sudut pandang yang lebih lebar.

Fitur unggulan lainnya di Huawei MateBook D16 adalah FollowCam, yang memungkinkan kamera mengikuti penggunanya.

Huawei juga mengatakan, laptop ini mendukung kebutuhan seperti virtual meeting, salah satunya dengan Virtual Background, yang menggunakan teknologi AI terbaru Huawei.

Di perangkat ini, pengguna bisa mengaktifkan virtual background sesuai dengan keinginan penggunanya, yang dapat diaplikasikan di berbagai aplikasi rapat online yang berbeda.

Fitur FollowCam dan Virtual Background pun dapat diaktifkan atau dimatikan melalui Huawei Control Panel.

4 dari 4 halaman

Cocok untuk Pelajar, Keluarga, dan Profesional

Selain itu, Edy juga mengungkapkan charger untuk MateBook D16 30 persen lebih kecil dibandingkan MateBook sebelumnya. "Hanya 126 gram, dan ini tetap bisa memberikan kualitas pengisian daya Super Charge 65W," imbuhnya.

Untuk segmen pasar, Edy mengatakan Huawei MateBook D16 ini cocok untuk digunakan oleh pelajar maupun keluarga.

Namun, dengan berbagai fitur-fitur baru seperti AI Camera, AI Sound, High Performance Processor, perangkat ini juga mumpuni untuk para pekerja profesional.

"Jadi laptop ini cocok untuk pelajar yang memang mencari value for money, atau untuk penggunaan keluarga di rumah, atau pun juga untuk bekerja secara profesional," kata Edy.

Sementara untuk gaming, Edy mengatakan MateBook D16 masih mumpuni untuk digunakan bermain game ringan sampai kelas medium.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.