Sukses

Cara Pakai Background Stream di Oppo A16k, Tetap Bisa Putar YouTube Meski Layar Mati

Berikut cara untuk memutar YouTube di latar belakang menggunakan fitur Background Stream di Oppo A16k.

Liputan6.com, Jakarta - Di samping layanan streaming musik seperti Spotify atau JOOX, tidak sedikit orang yang menggunakan aplikasi utama YouTube untuk mendengarkan lagu atau podcast, meski mereka juga memiliki aplikasi khusus musik yaitu YouTube Music.

Sayangnya, aplikasi utama YouTube versi gratis, kebanyakan tidak mengizinkan penggunanya untuk mendengarkan atau memutar video di latar belakang atau background perangkat.

Pengguna harus meng-upgrade akunnya ke Premium, untuk mendapatkan fitur memutar video di background atau Lock Screen.

Meski begitu, salah satu fitur unik di Oppo A16k memungkinkan pengguna smartphone ini untuk tetap bisa memutar video YouTube meski sudah keluar dari aplikasi.

Ini sangat membantu kalau kamu ingin mendengarkan podcast (siniar) atau lagu, tanpa harus membuka aplikasi YouTube secara penuh dan membuat layar terus aktif, sehingga menguras baterai. Nama fiturnya adalah Background Stream.

Sebagai sebuah smartphone yang masuk ke kategori entry level, tentu saja fitur Background Stream di Oppo A16k terbilang istimewa.

Untuk mengaktifkan fitur Background Stream di HP Oppo A16k, ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan.

  1. Buka aplikasi YouTube di Oppo A16k
  2. Mainkan video yang diinginkan
  3. Lalu, swipe layar dari atas ke bawah untuk memunculkan berbagai ikon menu seperti WiFi, Bluetooth, dan lain-lain dalam Quick Settings.
  4. Nantinya, akan ada opsi Background Stream dengan ikon headset. Apabila kamu tidak menemukannya, kamu dapat mencarinya di menu edit lewat ikon pensil dan kertas di kanan atas tab menu
  5. Setelah mengklik Background Stream, nantinya akan muncul bahwa notifikasi yang berbunyi YouTube is streaming in the background, yang menandakan fitur ini sudah diaktifkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Fitur di Oppo A16k

Oppo A16k ditopang prosesor MediaTek Helio G35 dengan kombinasikan System Booster yang merupakan rangkaian optimalisasi tingkat sistem sehingga dapat memberikan kinerja mulus setiap saat.

Baterai 4230mAh berpadu dengan serangkaian fitur pengisian daya, termasuk Super Nighttime Standby, Optimized Night Charging, dan Super Power Saving Mode.

ColorOS11.1 menawarkan efisiensi, kenyamanan, privasi, dan keamanan, dengan berbagai fitur unggulan seperti FlexDrop, Terjemahan Tiga Jari, dan Tangkapan Layar Bebas untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja.

OPPO A16k dibuat agar tahan cipratan air yang divalidasi dengan sertifikat IPX4. Perangkat ini juga telah menjalani serangkaian uji kualitas ketat dan memastikan untuk dapat digunakan dalam jangka panjang.

Penambahan heatsink berupa lembaran grafit, memberikan pembuangan panas optimal, mencegah perangkat dari panas berlebih saat melakukan streaming video atau bermain game untuk waktu yang lama.

Layarnya HD+ berukuran 6,52 inci yang dilengkapi dengan All-day Eye Care, serangkaian fitur yang terdiri dari Sunlight Display Moonlight Display, dan AI Smart Backlight yang membantu memastikan pengalaman visual yang lebih sehat dan nyaman sepanjang hari.

 

3 dari 4 halaman

Kamera dan Harga

OPPO A16k menyertakan kamera utama 13MP, dilengkapi dengan beberapa fitur yang ditingkatkan untuk membantu menangkap gambar terbaik di berbagai situasi.

Fitur HDR Backlight dapat mempertahankan detail ketika mengambil foto pada lingkungan cahaya latar kuat atau cahaya redup. Tiga filter malam baru diperkenalkan untuk memberikan gambaran unik pemandangan kota malam hari.

Kamera ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur AI beautification untuk foto potret yang tampil lebih alami dan jernih. Sementara, fitur AI Palette dapat mengubah foto dengan gaya gambar referensi populer pada media sosial hanya dengan satu klik.

OPPO A16k tersedia di Indonesia dalam pilihan warna hitam dan putih dengan konfigurasi 4GB RAM dan 64GB ROM, di mana A16k dijual dengan harga Rp 2,199 juta.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Oppo A16k

Warna: Hitam dan Putih

Ukuran: 164mm × 75.4mm × 7.85mm

Berat: 175 gram

Layar: 6.52‘’ HD+ (1600x720 pixel) Waterdrop LCD

CPU: MTK Helio G35

Sistem Operasi: ColorOS 11.1 (berbasis Android 11)

RAM & ROM: 4 GB LPDDR4X + 64 GB

Kamera Utama: 13MP

Kamera Depan: 5 MP

Sertifikasi: IPX4

Baterai dan pengisian daya: 4230mAh, 10 Watt

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.