Sukses

Sering Di-tag Stranger di TikTok, Gini Cara Untag-nya

Kamu sering mendapatkan tag atau ditandai oleh akun tidak dikenal di TikTok dan merasa terganggu oleh hal itu? Begini nih cara untuk men-untag-nya.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti platform media sosial lainnya, pengguna TikTok tidaklah asing dengan spam dan bot. Bahkan, baru-baru ini platform video pendek asal Tiongkok tersebut mendapatkan banyak laporan pengguna yang di-tag alias ditandai oleh orang-orang asing alias stranger.

Ada laporan, banyak pengguna TikTok yang di-tag secara random oleh strangers. Masalah ini dikeluhkan oleh banyak orang di Twitter.

Seorang pengguna Twitter bahkan melaporkan, dirinya di-tag oleh 15 orang yang berbeda dalam semalam, di mana semuanya mengunggah hal yang sama. Pengguna lainnya menyatakan, mereka ditandai di sembilan video, bahkan setelah mengubah pengaturan privasinya.

Melihat banyaknya laporan yang sama, tampaknya para pengguna ini ditandai dalam video yang sama, tentang seseorang yang menari dengan gaun. Akun spam yang men-tag pengguna TikTok berbeda, tetapi video yang ditandai adalah video yang sama.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika kamu sebagai pengguna TikTok banyak mendapat tag dari orang-orang tidak dikenal? Mengutip Digital Trends, berikut tips TikTok yang bisa dilakukan.

- Langkah pertama, batasi pengguna yang bisa men-tag kamu di TikTok. Caranya, buka TikTok dan masuk ke halaman Profile.

- Setelah masuk ke Profile (Profil), kamu bisa masuk ke tab Setting (Pengaturan)

- Selanjutnya, masuk ke Privacy (Privasi)

- Langkah berikutnya, cari opsi Mention and Tags (berada di bawah section Safety).

- Pada bagian Mention and Tag, kamu bisa memilih empat opsi audiens yang tersedia, yakni Everyone (semua orang), People you follow (orang yang diikuti), Friends (teman-teman), dan No one (tidak ada seorang pun). Pilih salah satu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Untag Mention di TikTok

Kalau kamu sudah di-tag oleh orang yang tidak dikenal di TikTok, pengguna punya opsi untuk men-untag diri dari video tersebut. Caranya?

- Buka TikTok

- Tap pada ikon Inbox

- Masuk ke tab All Activity (Semua Aktivitas) untuk menemukan like, komentar, Q&A, mentions, tag, follower, dan lain-lain.

- Pilih Mention & Tags, temukan video di-tag oleh orang tidak dikenal dan pilih notifikasinya.

- Saat video terbuka, pilih ikon Tag yang ada di samping username, kemudian pilih Remove Tag (Hapus Ditandai). Selesai.

Pengguna TikTok Habiskan 95 Menit Per Hari di Aplikasi

Terlepas dari serangan tag dari akun tidak dikenal, TikTok menjadi aplikasi non-game yang paling banyak diunduh dan meraih pendapatan tertinggi di dunia pada paruh pertama tahun 2022.

Aplikasi garapan ByteDance itu juga memiliki salah satu basis pengguna yang paling aktif di antara aplikasi jejaring sosial.

Menurut Power User Curve di Consumer Intelligence dari Sensor Tower, TikTok memiliki basis pengguna kedua paling aktif jika dibandingkan dengan pesaingnya. Tepatnya, 29 persen pengguna TikTok aktif membuka aplikasi itu secara harian setiap bulan pada kuartal kedua 2022.

3 dari 4 halaman

Orang Pakai TikTok Lebih Lama dari Aplikasi Lain

Secara global, rata-rata pengguna TikTok menghabiskan 95 menit per hari pada kuartal kedua 2022. Itu lebih dari empat kali durasi rata-rata yang dihabiskan di Snapchat (21 menit), lebih dari tiga kali waktu yang dihabiskan di Twitter (29 menit), dan hampir dua kali lipat dari Facebook (49 menit) dan Instagram (51 menit).

Sementara itu, YouTube mencatat waktu rata-rata tertinggi kedua yang dihabiskan setiap hari pada paruh kedua 2022 dengan 74 menit.

Sementara itu, bayang-bayang pemblokiran di toko aplikasi berdasarkan usulan pemerintah AS bukanlah hal pertama bagi TikTok.TikTok telah terbukti tangguh di masa lalu ketika dihapus dari pasar terbesarnya, India.

Terlepas dari pemblokiran di India, TikTok menjadi aplikasi pertama selain ekosistem Meta yang mencapai tiga miliar pemasangan di seluruh dunia.

Ancaman Pemblokiran

Namun, penghapusan dari App Store dan Google Play di Amerika Serikat dapat berdampak lebih besar pada operasi bisnis ByteDance karena Amerika Serikat  adalah pasar terbesar TikTok dalam hal pendapatan setelah China.

4 dari 4 halaman

Temuan Lainnya

Pasar Amerika Serikat mewakili sekitar 19 persen belanja pengguna pada paruh pertama tahun 2022. Pengguna TikTok di Amerika Serikat pun menghabiskan sekitar USD 322,6 itu pada paruh pertama 2022, naik 398 persen secara tahunan dibandingkan paruh pertama 2021 yang mencapai USD 64,8 juta saja.

Temuan Lain

Temuan lainnya adalah Instagram memimpin dalam hal keaktifan pengguna karena sekitar 39 persen pemasangan aplikasi ini adalah pengguna kuat. Mereka aktif di aplikasi itu setiap hari pada kuartal kedua 2022. Capaian Instagram pun 10 persen lebih tinggi daripada TikTok.

Sesama platform media sosial milik Meta, Facebook berada di urutan ketiga dengan 27 persen pemasangannya mencerminkan perilaku pengguna yang kuat. Lalu ada Snapchat dengan capaian 26 persen. Twitter membuntuti dengan sekitar 18 persen.

Meskipun YouTube tidak sepenuhnya jejaring sosial, fungsinya mirip dengan Instagram dan TikTok dengan menyediakan platform untuk streaming langsung dan video sesuai permintaan. Menurut Sensor Tower, 20 persen pengguna YouTube membuka aplikasi itu setiap harinya pada kuartal kedua 2022. YouTube terpaut dari TikTok sebesar 9 persen dan Instagram sekitar 19 persen.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.