Cara Pindahkan Riwayat Chat di WhatsApp Jika Ingin Ganti HP

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 16 Jul 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 16 Jul 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp / WA
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp / WA. (Image by Tumisu from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Dunia smartphone pasti akan terus berkembang dengan keluarnya produk-produk baru, serta pembaruan yang berlanjut untuk setiap aplikasi, termasuk aplikasi chatting WhatsApp.

Dengan perkembangan semacam ini, masyarakat pun dituntut untuk mengganti smartphone lamanya dengan yang baru, agar tetap bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

WhatsApp sendiri menjadi aplikasi messaging yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, di mana pengembang bakal selalu menggulirkan pembaruan terus menerus.

Tak jarang, pembaruan pun menuntut pengguna untuk mengganti perangkatnya dengan yang lebih baru.

Seringkali, dalam riwayat chat di aplikasi milik Meta ini, ada banyak percakapan penting kita dengan orang lain, sehingga akan sangat disayangkan jika harus hilang saat kita berganti HP.

Maka dari itu, berikut ini cara untuk memulihkan atau memindahkan riwayat chat di WhatsApp, apabila kamu mau berganti smartphone.

Cara ini cocok untuk kamu ajarkan ke orangtuamu yang mungkin gaptek, atau ke orang lain yang belum mengerti bagaimana cara memindahkan riwayat chat WhatsApp ke ponsel lain.

Untuk memastikan bahwa chat WhatsApp Anda dicadangkan sebelum memulihkannya pada perangkat Android yang baru:

  • Buka WhatsApp, pilih Opsi lainnya, pilih Setelan, pilih Chat, pilih Cadangan Chat.
  • Pilih Akun Google yang Anda inginkan untuk mencadangkan chat. Anda juga dapat membuat cadangan lokal pada perangkat.
  • Ketuk CADANGKAN.
  • Setelah cadangan disimpan, Anda dapat menghapus WhatsApp dari perangkat dan menginstalnya pada perangkat Android yang baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Memulihkan Riwayat Chat WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp (Image by iGlobalWeb from Pixabay)

Memulihkan dari cadangan Google Drive

Untuk menyimpan salinan riwayat chat di Google Drive, aktifkan fitur cadangkan otomatis untuk chat-mu, dan pilih frekuensinya baik harian, mingguan, atau bulanan.

Agar dapat memulihkan cadangan Google Drive, kamu perlu menggunakan nomor telepon dan akun Google yang sama, dengan yang digunakan untuk membuat cadangan.

Untuk memulihkan cadangan:

  • Pastikan perangkat Android yang baru ditautkan ke Akun Google tempat cadangan Anda disimpan.
  • Pasang dan buka WhatsApp, lalu verifikasi nomor telepon Anda.
  • Ketuk PULIHKAN ketika diminta untuk memulihkan chat dan media dari Google Drive.
  • Setelah proses pemulihan selesai, ketuk LANJUT. Chat Anda akan ditampilkan setelah proses inisialisasi selesai.
  • WhatsApp akan melanjutkan dengan memulihkan file media setelah chat dipulihkan.

Jika Anda memasang WhatsApp tanpa cadangan sebelumnya dari Google Drive, WhatsApp akan secara otomatis memulihkan dari file cadangan lokal.

Memulihkan dari cadangan lokal

Jika ingin menggunakan cadangan lokal, kamu perlu mentransfer file ke telepon menggunakan komputer, file explorer, atau kartu SD:

  • Unduh aplikasi manajer file.
  • Di aplikasi manajer file, buka penyimpanan lokal atau kartu SD > WhatsApp > Database. Jika data tidak disimpan di kartu SD, Anda mungkin dapat menemukannya di "penyimpanan internal" atau "penyimpanan utama". Salin file cadangan terbaru ke folder Database di penyimpanan lokal perangkat baru Anda.
  • Pasang dan buka WhatsApp, lalu verifikasi nomor telepon Anda.
  • Ketuk PULIHKAN ketika diminta untuk memulihkan chat dan media dari cadangan lokal.

Catatan:

  • Telepon Anda akan menyimpan file cadangan lokal yang dibuat dalam tujuh hari terakhir.
  • Cadangan lokal akan dibuat secara otomatis setiap hari pukul 02.00 dan disimpan sebagai file pada telepon Anda.
  • Jika data tidak disimpan di folder /sdcard/WhatsApp/, Anda mungkin dapat menemukannya di folder "penyimpanan internal" atau "penyimpanan utama".

 

 


Cadangan Lokal yang Lebih Lama

Whatsapp - Vania
Perbesar
Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Christian Wiediger

Memulihkan cadangan lokal yang lebih lama (bukan yang terbaru)

Jika ingin memulihkan cadangan lokal, tetapi bukan yang terbaru, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  • Unduh aplikasi manajer file.
  • Di aplikasi manajer file, buka penyimpanan lokal atau kartu SD > WhatsApp > Database. Jika data tidak disimpan di kartu SD, Anda mungkin dapat menemukannya di "penyimpanan internal" atau "penyimpanan utama".
  • Ubah nama file cadangan yang ingin Anda pulihkan dari msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12. Ada kemungkinan cadangan yang lebih lama menggunakan protokol yang lebih lama, seperti crypt9 atau crypt10. Jangan mengubah nomor ekstensi crypt.
  • Copot dan pasang ulang aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk PULIHKAN ketika diminta.

 

 


WhatsApp Kembangkan Fitur Satu Akun di 2 Smartphone?

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Adem AY/Unsplash

Hingga artikel ini ditulis, WhatsApp baru memungkinkan satu pengguna menggunakan satu akun di satu smartphone. Pengguna memang dapat membuka akunnya di tempat lain tapi melalui perangkat berbeda, misalnya di desktop.

Namun, WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba fitur baru yang diberi nama Companion Mode. Fitur ini disebut merupakan peningkatan dari kemampuan Multi Device yang dimiliki aplikasi chatting tersebut.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur ini hadir pada WhatsApp beta for Android bersi 2.22.15.13.

Dikutip dari BGR, Minggu (10/7/2022), ada kemungkinan fitur ini memudahkan pengguna untuk menghubungkan satu akun di dua smartphone berbeda.

Karenanya, fitur ini disebut akan membantu pengguna aplikasi chatting ini untuk memiliki satu akun di dua smartphone.

Kendati demikian, ada pula yang menyebut fitur ini sebenarnya hanya membantu sinkronisasi antara satu akun di dua smartphone berbeda. Untuk itu, nantinya data dari salah satu perangkat lain akan tetap dihapus.

Oleh sebab itu, menarik untuk menunggu seperti apa kemampuan yang ditawarkan WhatsApp lewat fitur ini. Mengingat ini masih dalam WhatsApp beta, informasi mengenai kapan fitur ini akan digulirkan juga belum diketahui.

(Dio/Isk)

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker
Perbesar
Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya