Sukses

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Pakai Semua Emoji untuk Kirim Reaction

Setelah sebelumnya terbatas hanya bisa pilih enam, kini pengguna WhatsApp bisa pakai semua emoji untuk berikan reaction saat chatting.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp telah mulai meluncurkan pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk bereaksi dengan emoji apa pun saat chatting di aplikasi.

Sebagai informasi, Meta pertama kali memperkenalkan fitur reaksi (reaction) dengan emoji ke WhatsApp pada April 2022, dan membuatnya tersedia untuk semua pengguna pada Mei.

Saat itu, pengguna hanya bisa bereaksi terhadap pesan di WhatsApp menggunakan enam emoji, yaitu ibu jari, hati, berpegangan tangan, air mata kegembiraan, mulut terbuka, dan wajah menangis.

Mengumumkan fitur baru di Facebook, Mark Zuckerberg berkata, "Kami meluncurkan kemampuan untuk menggunakan emoji apa pun sebagai reaksi WhatsApp."

Mengutip The Verge, Selasa (12/7/2022), Meta sudah mulai mengulirkan update fitur reaksi emoji ini untuk semua pengguna mulai hari ini.

Namun bila kamu belum melihat perubahaan fitur reaksi di aplikasi, maka harus bersabar karena update WhatsApp ini belum tersebar secara merata ke seluruh pengugna.

Untuk menggunakan emoji sebagai reaksi saat chat, kamu dapat tap dan tahan pesan yang diinginkan. Setelah itu, akan muncul balon chat berisikan emoji. 

<p>Pengguna kini bisa bereaksi dengan pakai semua emoji saat chatting di WhatsApp. (Doc: WhatsApp)</p>

Bila sudah mendapatkan update, kamu akan melihat tambahan tombol plus (+) di chat emoji--seperti di atas ini.

Lanjutkan dengan mengeklik ikon + untuk melihat daftar emoji yang tersedia dan dapat dipakai untuk memberikan reaksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

WhatsApp Kembangkan Fitur Companion Mode

WhatsApp (YASUYOSHI CHIBA / AFP)

Di sisi lain, WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba fitur baru yang diberi nama Companion Mode. Fitur ini disebut merupakan peningkatan dari kemampuan Multi Device yang dimiliki aplikasi chatting tersebut.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur ini hadir pada WhatsApp beta for Android bersi 2.22.15.13. Dikutip dari BGR, Minggu (10/7/2022), ada kemungkinan fitur ini memudahkan pengguna untuk menghubungkan satu akun di dua smartphone berbeda.

Saat ini, fitur Multi Device memang sudah memungkinkan hal tersebut. Namun, fitur tersebut hanya berlaku untuk perangkat di luar smartphone, seperti WhatsApp Web, PC, desktop hingga tablet.

Sementara untuk dua smartphone berbeda, WhatsApp belum memungkinkan hal tersebut. Karenanya, fitur ini disebut akan membantu pengguna aplikasi chatting ini untuk memiliki satu akun di dua smartphone.

Kendati demikian, ada pula yang menyebut fitur ini sebenarnya hanya membantu sinkronisasi antara satu akun di dua smartphone berbeda. Untuk itu, nantinya data dari salah satu perangkat lain akan tetap dihapus.

3 dari 5 halaman

WhatsApp Siapkan Fitur Baru untuk Sembunyikan Status Online

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Setelah peluncuran beta pada April 2022, perusahaan merilis pembaruan yang menambahkan pengaturan "My Contacts Except", memungkinkan kontrol yang lebih terperinci atas siapa yang dapat melihat kapan pengguna terakhir kali menggunakan aplikasi WhatsApp.

Status Last Seen pada WhatsApp memungkinkan orang untuk mengetahui apakah kamu sudah melihat pesan yang mereka kirim atau belum, bahkan jika kamu mematikan fumgsi 'tanda terima telah dibaca'.

Pada tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, fitur status online baru akan memungkinkan kamu membatasi orang untuk melihat status Last Seen kamu.

Pertengahan Juni 2022, WhatsApp menggulirkan fitur baru untuk pengaturan privasi di aplikasinya. Lewat fitur baru ini, WhatsApp menambah opsi pengaturan yang bisa dipilih pengguna.

"Untuk lebih melindungi privasi kamu secara online, kami meluncurkan opsi baru untuk pengaturan kontrol privasi kamu," tulis WhatsApp seperti dikutip dari akun Twitter-nya, Minggu (19/6/2022).

Sebelumnya, pengguna hanya bisa memilih tiga opsi privasi di aplikasi WhatsApp, yakni Everyone, My contacts, hingga Nobody. Namun, kini ada opsi keempat yakni 'My contacts except...' yang sudah tersedia di menu Privacy. 

4 dari 5 halaman

Berlaku untuk Empat Info Personal

Ilsutrasi WhatsApp dengan fitur barunya. Credits: pexels.com by Anton

Pengaturan baru ini berlaku untuk empat info personal yang biasa ditampilkan pengguna, seperti last seen, foto profil, about, hingga status.

Pengaturan ini baru bisa diakses lewat menu Settings, Account, serta pilih menu Privacy.

Fitur baru WhatsApp tersebut sudah bisa diakses untuk pengguna di Android dan iPhone. Karenanya, bagi kamu yang ingin mencobanya bisa langsung mengakses atau melakukan pembaruan terlebih dulu.

Sebelumnya, Mark Zuckerberg baru saja mengumumkan bahwa pengguna WhatsApp sekarang dapat dengan mudah mentransfer riwayat percakapan dari ponsel Android ke iPhone.

Bos Meta yang menjalankan Facebook, Instagram, dan WhatsApp ini mengungkapkan bahwa fitur tersebut adalah fungsi yang paling banyak diminta pengguna aplikasi chatting ini.

"Kami menambahkan ke WhatsApp kemampuan untuk beralih antar ponsel dengan aman dan mentransfer riwayat obrolan, foto, video, dan pesan suara kamu antara Android dan iPhone sambil mempertahankan enkripsi ujung ke ujung," kata Mark Zuckerberg, dilansir The Sun, Sabtu (18/6/2022).

"Ini adalah fitur yang paling banyak diminta. Kami meluncurkan kemampuan beralih dari iPhone-->Android tahun lalu, dan sekarang menambahkan Android-->iPhone juga," sambungnya.

(Ysl/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.