Sukses

Samsung Galaxy Z Fold4 Dapat Sertifikasi di AS, Ungkap Sejumlah Informasi Penting

Menurut laporan terbaru, Samsung Galaxy Z Fold4 sudah mendapatkan sertifikasi dari otoritas komunikasi Amerika Serikat FCC.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Fold4 dilaporkan telah mendapatkan sertifikasi dari otoritas komunikasi Amerika Serikat FCC. Dengan terungkapnya sertifikasi ini, sejumlah informasi mengenai penerus Galaxy Z Fold3 ini pun sedikit terungkap.

Salah satunya seperti dikutip dari GSM Arena, Selasa (12/7/2022), smartphone yang hadir dengan nama model SM-F936U ini dibekali dengan fitur Smart Transmit dari Qualcomm untuk meningkatkan kemampuan uplink.

Lalu, smartphone layar lipat ini akan mendukung seluruh jaringan yang ada saat ini, mulai dari 2G hingga 5G mmWave. Kemampuan WiFi di smartphone ini pun ditingkatkan.

Dari informasi yang ditampilkan, Galaxy Z Fold4 juga akan mendukung S Pen, sama seperti pendahulunya. Sejumlah informasi ini sekaligus menambah bocoran mengenai seri Galaxy Z Fold terbaru dari Samsung tersebut.

Sebelumnya, ada bocoran yang menyebutkan tentang Samsung akan meluncurkan model Galaxy Z Fold4 dengan memori lebih besar dari generasi sebelumnya.

Mengutip Sammobile via GSM Arena, Samsung akan meluncurkan model Galaxy Z Fold4 dengan memori internal sebesar 1TB.

Bila memang benar, kapasitas memori di smartphone layar lipat baru milik Samsung ini meningkat dua kali lipat dari seri Galaxy Z Fold3.

Selain itu, Yogesh Brar, leaker terpercaya di industri smartphone juga baru-baru ini membocorkan informasi terkait dengan spesifikasi ponsel baru Samsung itu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bocoran Informasi Lain

Mengutip postingan Twitter Brar (@heyitsyogesh), Selasa (31/5/2022), spesifikasi Galaxy Z Fold4 diklaim akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 baru milik Qualcomm.

Tak hanya itu, ponsel layar lipat milik Samsung ini juga akan dilengkapi dengan RAM 12/16GB dan menggunakan Android 12.

Sementara untuk fotografi, Samsung menyematkan kamera 50MP, 12MP (ultrawide), dan 12MP (telephoto). Ada pun untuk selfie, ada lensa 16MP (under display) dan 10MP.

Galaxy Z Fold4 ini juga sudah menggunakan baterai berkapasitas 4,400mAh dengan kemampuan mengisi daya 25W--serupa dengan generasi sebelumnya.

Bagi pengguna setia Samsung yang menanti ukuran layar yang berbeda, Galaxy Z Fold4 masih menggunakan panel QXGA+ berukuran 7,6 inci dan refresh rate 120Hz.

Lalu untuk panel depan ponsel, Samsung akan menggunakan layar HD+ berukuran 6,2 inci--juga dengan refresh rate 120Hz.

3 dari 5 halaman

Samsung Tak Sertakan Slot S Pen di HP Galaxy Z Fold4

Bocoran lain mengenai tentang HP Samsung Galaxy Z Fold4 juga sempat beredar di internet. Sebelumnya, HP Samsung mendatang ini tidak akan tampil dengan slot S Pen.

Akan tetapi, media asal Korea Selatan mengatakan Samsung tetap akan meyertakan slot S Pen di Galaxy Z Fold4--seperti di Galaxy S22 Ultra saat ini.

Terkini, sebuah laporan kembali menyebutkan Galaxy Z Fold4 tidak akan memiliki slot untuk S Pen di bodinya. Kabar ini datang dari tipster kenamaan Ice Universe.

Dilansir GSM Arena, Kamis (21/4/2022), HP Android terbaru milik Samsung ini akan memiliki bodi yang lebih kecil dan tipis ketimbang seri Galaxy Z Fold sebelumnya.

Sayang, dia tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang bentuk desain, kamera yang diusung, hingga spesifikasi hardware Galaxy Z Fold4 tersebut.

Absennya S Pen di Galaxy Z Fold4 ini sebetulnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat seri sebelumnya--Galaxy Z Fold3--sama sekali tidak tampil dengan fitur ini.

Meski begitu, perusahaan berbasis di Korea Selatan itu kabarnya tetap akan mem-bundling Galaxy Z Fold4 dengan S Pen.

Bila memang benar, ini akan menjad smartphone layar lipat pertama Samsung yang dijual dengan stylus.  

4 dari 5 halaman

S Pen di Bodi Galaxy Z Fold4

Seperti disebutkan, kesuksesan Galaxy Z Flip3 dan Z Fold3 membuat perusahaan berbasis di Korea Selatan itu sudah menyiapkan seri penerus kedua ponsel layar lipat tersebut.

Dilansir The Elec, Kamis (17/2/2022), Galaxy Z Fold4 diklaim akan hadir dengan S Pen tertaut di bodi ponsel seperti Galaxy S22 Ultra saat ini.

Bocoran informasi ini muncul dari sumber anonim yang memprediksi dukungan S Pen akan menjadi jual utama seri Galaxy Z Fold4 tersebut.

Samsung diyakini akan tetap mempertahankan bentuk ponsel layar lipat barunya tersebut dengan Galaxy Z Fold3 di pasaran saat ini.

Disebutkan, smartphone ini akan hadir dengan layar utama berukuran 7.56 inci, dan 6.19 inci untuk layar keduanya.

Laporan terbaru mengatakan, Samsung sedang mengembangkan teknologi layar lebih baik di Galaxy Z Fold4 sehingga tidak mudah muncul lipatan.

Disebutkan, seri baru Galaxy Z Fold4 ini akan tampil dengan dua kamera selfie (di layar bagian dalam maupun di luar).  

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.