Sukses

Video Teaser Asus Zenfone 9 Bocor di Internet, Spesifikasinya?

Namun, dalam video tersebut dapat diketahui beberapa hal terkait spesifikasi Zenfone 9.

Liputan6.com, Jakarta - Asus Zenfone 8 diumumkan pada Mei 2021 dan baru secara resmi meluncur di Indonesia pada Oktober.

Lewat satu tahun pengumuman Zenfone 8, Asus dikabarkan sudah bersiap utnuk meluncurkan anggota baru di keluarga Zenfone tersebut.

Hal ini terungkap lewat video teaser Zenfone 9 yang sudah beredar di internet. Sayangnya, Asus tidak menyertakan informasi terkait tanggal rilis.

Namun, dalam video tersebut dapat diketahui beberapa hal terkait spesifikasi Zenfone 9.

Diketahui, Zenfone 9 dilengkapi dengan layar Samsung AMOLED berukuran 5,9 inci dengan kemampuar refresh rate 1230Hz dan lubang di kiri atas.

Hadir sebagai anggota baru di keluarga Zenfone, HP Android buatan Asus ini sudah menggunakan prosesor Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan baterai berkapasitas 4,300mAh.

Soal fotografi, Asus menyematkan dua lensa dimana kamera utama Zenfone 9 menggunakan sensor Sony IMX766 berkemampuan 50MP--sama seperti di ROG Phone 6.

Bedanya, Asus melengkapi kamera di Zenfone 9 ini dengan teknologi gimbal dengan 6-axis agar mampu merekam video lebih stabil, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Jumat (8/7/2022).

Asus juga memasang sensor sidik jadi di tombol power/lock, speaker stereo, dan audio jack di bagian atas.

Perusahaan asal Taiwan itu juga sudah melengkapi ponsel barunya ini dengan sertifikasi IP68, sehingga tahan air dan debu.

Seperti disebutkan di atas, masih belum diketahui kapan Asus Zenfone 9 dirilis. Namun dengan kehadiran teaser ini, dapat diprediksi peluncurannya dapat terjadi dalam waktu dekat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro Diumumkan

<p>Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro Diumumkan. (Doc: Asus ROG Phone)</p>

Di sisi lain, Asus baru saja mengumumkan kehadiran ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro dalam acara yang digelar secara online.

Kali ini, kedua ponsel gaming baru besutan Asus ini sudah dilengkapi dengan prosesor teranyar milik Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Plus Gen 1.

 Seperti seri ROG Phone tahun lalu, perbedaan ROG Phone 6 versi standar dengan model Pro adalah RAM dan kemampuan untuk memprogram tampilan di layar AMOLED di belakang bodi ponsel.

Adapun untuk ROG Phone 6 Pro dilengkapi dengan RAM 18GB, sementara untuk model standar hanya dilengkapi dengan RAM 12GB dan 16GB.

Kedua ROG Phone 6 sama-sama tampil menggunakan layar AMOLED berukuran 6,78 inci, resolusi 1080 x 2448 piksel, dan refresh rate 165Hz.

Yup, ROG Phone 6 menjadi HP Android dengan kemampuan refresh rate hingga 165Hz.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi ROG Phone 6 dan Pro

<p>Harga Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro. (Doc: Asus ROG Phone)</p>

Walau sudah mendukung refresh rate yang tinggi, Asus masih memberikan pengguna opsi untuk merubah refresh rate ke 60Hz, 90Hz, 120Hz, atau 144Hz.

Seperti disebutkan, kedua ponsel baru milik Asus ini sudah menggunakan prosesor Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Performa ROG Phone 6 akan didukung dengan LPDDR5 RAM 12/16GB, dan 16GB untuk ROG Phone 6 Pro.

Sayangnya, Asus kembali tidak menyediakan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan di kedua ponsel.

Karena itu, pengguna harus cukup berpuas diri dengan HP Android berkapasitas storage mulai dari 256GB dan 512GB.

4 dari 5 halaman

Kamera ROG Phone 6

<p>Seperti ini bentuk ROG Phone 6? (Doc: GSMArena/ TENAA)</p>

Pada seri ROG Phone 6, perusahaan asal Taiwan ini melakukan perubahan besar dalam hal sistem pendingin yang diklaim mampu menurunkan temperatur ponsel hingga 10 derajat celcius.

Perusahaan juga masih menggunakan tombol ultrasonic AirTrigger yang dapat diprogram seperti seri ROG Phone sebelumnya.

ROG Phone 6 tampil dengan dua buah speaker yang menghadap ke depan, tiga mikrofon, spatial audio Dirac Virtuo, dan audio jack 3,5mm.

Menariknya, kini Asus mampu menyertakan sertifikasi IPX4 sehingga dapat bertahan ketika terkena cipratan cairan.

Dalam hal kamera, perusahaan meng-upgrade lensa utama ROG Phone 6 dengan menggunakan sensor Sony IMX766 berkemampuan 50MP.

Asus juga menyertakan lensa ultrawide 13MP dan macro 5MP, sementara untuk urusan selfie berkemampuan 12MP.

5 dari 5 halaman

Harga ROG Phone 6

ROG Phone 6 dan 6 Pro masih menggunakan teknologi baterai berkapasitas 6,000mAh terpisah dua, dimana masing-masing berdaya 3,000mAh.

Tak lupa, Asus juga masih mempertahankan dua port pengisian baterai USB-C yang berada di bawah dan samping bodi ponsel.

Soal software, ROG Phone 6 series sudah langsung menggunakan OS Android 12 dengan ROG UI dan Zen UI.

Sebagai teman bermain game di ponsel, Asus juga memperkenalkan deretan aksesoris ikonik mereka, seperti AeroActive cooler 6, gamepad ROG Kunai, ROG Cetra True Wireless, dan Cetra True Wireless.

Lalu bagaimana dengan harga kedua ponsel? ROG Phone 6 12/256GB dan 16/512GB dijual 999 euro (Rp 15 juta) dan 1149 euro (Rp 17 juta).

Sementara untuk ROG Phone 6 Pro dengan RAM 18GB dan memori 512GB dijual seharga 1299 euro atau sekitar Rp 20 juta.

Sayangnya, Asus tidak mengungkap secara pasti kapan kedua ROG Phone 6 ini akan mulai tersedia di pasaran.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.