HTC Diam-Diam Rilis Tablet Android Baru untuk Pasar Negara Berkembang

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 06 Jul 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 09:30 WIB
Tablet HTC A101
Perbesar
Tablet HTC A101 yang diam-diam dirilis perusahaan. Tablet ini dipasarkan untuk wilayah Afrika (Foto: HTC).

Liputan6.com, Jakarta - Vendor smartphone HTC secara mengejutkan merilis tablet Android terbaru untuk menemani Desire 22 Pro yang berfokus pada metaverse.

Adapun tablet terbaru yang dirilis bernama HTC A101. Seperti namanya, tablet Android ini memiliki layar seluas 10,1 inci dengan spesifikasi entry level.

Mengutip The Verge, Rabu (6/7/2022), kehadiran perangkat ini diungkap oleh Android Police dan tampaknya sudah diumumkan secara diam-diam pada bulan lalu.

Tablet Android ini hadir untuk pasar Afrika, mengikuti tablet A100 yang diluncurkan khusus untuk pasar Rusia setahun sebelumnya.

Mengingat tablet tersebut dipasarkan di negara berkembang, spesifikasinya terbilang biasa saja. Namun, cukup aneh melihat HTC selaku pembesut perangkat Android pertama di dunia yang pernah dipercaya oleh Google menggarap merek Nexus, kini membuat produk secara diam-diam.

Sekadar informasi, tablet A101 ini menjalankan Android 11, sistem operasi Android yang dirilis pada 2020, alih-alih Android 12 atau Android 12L yang fokus pada perangkat layar lebar.

Tablet HTC A101 ini ditenagai chipset Unisoc T618, RAM 8GB, dan memori internal 128GB yang bisa diperluas melalui microSD.

Ada sepasang kamera di bagian belakang, yakni kamera utama 16MP dan kamera ultra-wide 2MP.

Selain itu, tablet ini juga memiliki kamera selfie 5MP, jack headphone 3,5mm, dan baterai 7.000mAh untuk menyokong performanya. Tablet ini juga didukung fitur keamanan face unlock.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Akan Comeback dengan Ponsel Layar Lipat?

HTC akan meluncurkan HP Viverse
Perbesar
HTC akan meluncurkan HP Viverse pada 28 Juni 2022. (Doc: GSM Arena)

Sebelumnya, HTC sempat dikabarkan bakal comeback dengan HP Android baru, setelah merilis ponsel terakhir mereka pada 2018 lewat seri HTC U12+.

Selang lama tidak terdengar kabarnya, perusahaan asal Taiwan itu membagikan undangan acara peluncuran HP Android terbaru mereka.

Dikutip dari laman Facebook HTC Taiwan via GSM Arena, Sabtu (11/6/2022), perusahaan meluncurkan ponsel barunya pada 28 Juni 2022.

Berdasarkan kabar yang beredar, ponsel baru HTC ini akan fokus pada teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR).

Tak hanya itu, ponsel ini juga akan terintegrasi dengan platform metaverse open-source milik HTC bernama Viverse.

Sebelumnya, ponsel HTC ini akan diumumkan pada April 2022. Namun karena ada masalah rantai pasokan hardware, peluncurannya pun ditunda.

Selain foto undangan yang bisa kamu lihat di atas, tidak banyak informasi diketahu tentang ponsel baru HTC ini.


Kompatibel dengan Handset VR

HTC
Perbesar
Headset anyar dari HTC dan Qualcomm yang siap meluncur (sumber: engadget)

Karena sudah terintegrasi dengan Viverse, ponsel HTC ini juga akan kompatible dengan headset Vive Flow VR.

Untuk peluncuran ponsel barunya ini, HTC dilaporkan telah bermitra dengan Taiwan Mobile, Chunghwa Telecom, dan FarEasTone untuk HP HTC Viverse ini.

Sekadar informasi, HTC menjual sebagian besar bisnis smartphone mereka ke Google pada 2018.

Sejak itu, perusahaan hanya meluncurkan beberapa seri ponsel Android kelas bawah dan menengah di beberapa negara tertentu.

Tercatat, kesepakatan akuisisi antara Google dan HTC ditutup pada angka USD 1,1 miliar (setara dengan Rp 14,7 triliun kala itu).

Sebelumnya, HTC dirumorkan akan kembali ke pasar smartphone dengan ponsel layar lipat pertama mereka.

Kabar ini terungkap lewat paten yang didaftarkan HTC pada 2019 ke WIPO (World Intellectual Property Office), dan diterbitkan pada Agustus 2020.

(Tin/Ysl)

Infografis Konsumsi Media
Perbesar
Musim Semi Internet (liputan6.com/deisy)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya