Cara Mengatur Suhu Warna di Layar HP Oppo Reno7 4G untuk Jaga Kesehatan Mata

Oleh Iskandar pada 04 Jul 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi foto selfie dengan Reno7
Perbesar
Ilustrasi: foto selfie dengan Reno7 (Foto: Oppo Indonesia).

Liputan6.com, Jakarta - American Optometric Association menemukan gejala paling umum dari kondisi kesehatan mata yang buruk, seperti ketegangan mata adalah sakit kepala, penglihatan kabur, dan mata kering. Dalam kasus yang ekstrim, pasien akan merasa nyeri leher dan bahu.

Sementara ketika mata kamu kering, umumnya karena secara tidak sadar mata berhenti berkedip saat beraktivitas di depan layar smartphone.

Saat kamu menggunakan smartphone sepanjang hari untuk mendukung pekerjaan, mengakses media sosial atau bermain game, gejala di atas akan muncul setelah menggunakan layar dalam jangka waktu lama.

Ketegangan mata yang disebabkan karena terlalu lama di depan layar smartphone hampir sama dengan gejala ketegangan mata karena komputer. Ketegangan mata dapat menyebabkan mata kering dan iritasi, sakit kepala berdenyut yang menyakitkan di sekitar daerah mata dan bahkan penglihatan kabur.

Mengutip laman Kraff Eye Institute, Senin (4/7/2022), salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dari layar smartphone adalah dengan mengatur suhu warnanya.

Oppo Reno7 4G adalah salah satu smartphone kelas menengah yang mengakomodasikan pengguna untuk mengatur suhu warna layar smartphone.

Caranya, buka 'Pengaturan', lalu pilih 'Tampilan dan Kecerahan', gulir ke bawah hingga melihat 'Suhu Warna Layar', dan kamu bisa mengaturnya dalam tiga pilihan: cool, default, dan warm.

Namun, mata setiap orang berbeda, dan semua smartphone umumnya memungkinkan kamu untuk mengubah kontras, kecerahan, dan pengaturan teks.

Disarankan untuk menurunkan kecerahan saat kamu berada di rumah, atau aktifkan pengaturan kecerahan otomatis agar smartphone dapat menyesuaikan lingkungan.

Lalu, tingkatkan ukuran teks untuk membaca pesan teks menjadi lebih mudah. Caranya, buka 'Pengaturan', ketuk 'Tampilan dan Kecerahan', lalu gulir ke bawah dan ketuk 'Font' dan pilih gaya font sesuai keinginan.

Untuk mengubah ukuran font di HP Oppo Reno7 4G, kamu harus kembali ke 'Tampilan dan Kecerahan' dan gulir ke bawah lalu ketuk 'Ukuran Font'. Kamu dapat mengatur ukuran font dalam pilihan: kecil, default, sedang, besar atau ekstra besar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Matikan HP Oppo Reno7, Ada yang Manual dan Otomatis

OPPO Reno7.
Perbesar
OPPO Reno7/Istimewa.

Oppo telah memperkenalkan smartphone seri terbarunya untuk pasar Indonesia lewat lini Reno7. Untuk pasar Tanah Air, ada dua model Reno7 yang diluncurkan, yakni versi 4G dan 5G.

Sebagai salah satu model andalan, Oppo membekali smartphone ini dengan beragam fitur yang mumpuni. Termasuk, salah satunya adalah dari lini fotografi yang menawarkan kemampuan apik untuk mengambil foto dan video.

Nah, kali ini Tekno Liputan6.com akan mengupas cara untuk mematikan HP Oppo Reno7. Cara ini sebenarnya bisa pula diterapkan untuk model smartphone Oppo lainnya.

Menariknya, tidak hanya bisa mematikan perangkat secara manual, pengguna juga bisa melakukannya secara otomatis. Untuk diketahui, mematikan HP memang perlu dilakukan sesekali, meski tidak perlu terlalu sering.

Selain itu, dengan mematikan HP, pengguna juga bisa mengatasi sejumlah masalah yang mungkin muncul. Tanpa berlama-lama, berikut ini langkah-langkah mematikan HP Oppo Reno7.

Cara Manual

  • Langkah paling umum yang dilakukan adalah menekan tombol Power
  • Pengguna tinggal menekan tombol Power beberapa detik hingga muncul opsi untuk mematikan ponsel
  • Setelah muncul, kamu tinggal menggeser layar dan memilih opsi Turn Off
  • Untuk versi 4G, selain tombol Power, pengguna juga perlu menekan tombol Volume Atas untuk memunculkan opsi Turn Off

Cara Otomatis

  • Buka menu Settings, pilih Additional Settings dan buka Automatic on/off
  • Untuk mematikan HP Oppo secara otomatis, aktifkan Auto Power-OffL
  • Lalu, atur waktu yang diinginkan dan pilih jadwalnya dengan mengklik Save
  • Untuk menghidupkan kembali secara otomatis, aktifkan Auto Power-On
  • Pengguna tinggal mengatur waktu yang diinginkan dan pilih Save

Kupas Kemampuan Snapdragon 680 yang Tertanam di Oppo Reno7

OPPO Reno7
Perbesar
OPPO Reno7/Istimewa.

Oppo telah memperkenalkan Oppo Reno7 sebagai smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia. Produk terakhir dari lini Oppo Reno7 ini hadir dipersenjatai chipset Snapdragon 680.

Menurut Senior Manager Business Development, Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, Snapdragon 680 merupakan salah satu chipset terbaru yang dimiliki Qualcomm dan sudah menggunakan teknologi terkini, yakni 6nm.

"Dengan arsitektur 6nm, Snapdragon 680 memiliki kemampuan processing lebih tinggi, tapi tetap irit daya," tuturnya saat peluncuran Oppo Reno7. Bahkan, menurutnya, kemampuan Snapdragon 680 tidak kalah dari Snapdragon 720G yang sebelumnya digunakan di Oppo Reno6.

Ia menjelaskan, meski penamaan nama chipset sering dijadikan acuan untuk menunjukkan kelas, tapi perlu dilihat pula kapan sebuah chipset itu beredar. Sebagai contoh, Snapdragon seri 7 kerap dikenal menawarkan performa yang lebih mumpuni, jika dibandingkan Snapdragon seri 6.

Namun, Susanto menuturkan, apabila Snapdragon seri 6 itu merupakan produk terbaru, performa yang ditawarkan tentu bisa lebih baik dari Snapdragon seri 7 yang rilis beberapa tahun lalu. Alasannya, seri terkini tentu mengadopsi teknologi terbaru, sehingga performanya lebih baik.

Salah satunya yang hadir di Snapdragon 680 adalah kemampuan Triple ISP. "Fotografi dengan triple ISP sebelumnya hanya ada di Snapdragon seri 8, tapi akhirnya kini kami bawa di seri Snapdragon 680," ujar Susanto menjelaskan.

Ia juga menuturkan, pembahasan mengenai performa sebenarnya tidak melulu soal CPU atau GPU yang digunakan di smartphone, melainkan pengalaman secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, performa apik yang ditawarkan di sebuah smartphone itu meliputi pengalaman penggunaan yang baik, mulai dari berbagai hal, seperti bekerja, bermain, dan melakukan banyak hal lainnya.


Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Perbesar
Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya