WhatsApp Siapkan Fitur Baru untuk Sembunyikan Status Online

Oleh Iskandar pada 03 Jul 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 18:00 WIB
WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi aplikasi WhatsApp di ponsel. Credits: pexels.com by Tracy Le Blanc

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan status online. Demikian menurut WABetaInfo, sebagaimana dikutip dari Engadget, Minggu (3/7/2022).

Pada Sabtu (2/7/2022), WABetaInfo membagikan tangkapan layar terkait pengaturan privasi baru yang memungkinkan seseorang memutuskan siapa yang dapat melihatnya ketika mereka menggunakan aplikasi.

Fitur ini kemungkinan besar akan melengkapi pengaturan terbaru yang diperkenalkan WhatsApp untuk fungsionalitas Last Seen.

Setelah peluncuran beta pada April 2022, perusahaan merilis pembaruan yang menambahkan pengaturan "My Contacts Except", memungkinkan kontrol yang lebih terperinci atas siapa yang dapat melihat kapan pengguna terakhir kali menggunakan aplikasi WhatsApp.

Status Last Seen pada WhatsApp memungkinkan orang untuk mengetahui apakah kamu sudah melihat pesan yang mereka kirim atau belum, bahkan jika kamu mematikan fumgsi 'tanda terima telah dibaca'.

Pada tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, fitur status online baru akan memungkinkan kamu membatasi orang untuk melihat status Last Seen kamu.

Pertengahan Juni 2022, WhatsApp menggulirkan fitur baru untuk pengaturan privasi di aplikasinya. Lewat fitur baru ini, WhatsApp menambah opsi pengaturan yang bisa dipilih pengguna.

"Untuk lebih melindungi privasi kamu secara online, kami meluncurkan opsi baru untuk pengaturan kontrol privasi kamu," tulis WhatsApp seperti dikutip dari akun Twitter-nya, Minggu (19/6/2022).

Sebelumnya, pengguna hanya bisa memilih tiga opsi privasi di aplikasi WhatsApp, yakni Everyone, My contacts, hingga Nobody. Namun, kini ada opsi keempat yakni 'My contacts except...' yang sudah tersedia di menu Privacy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berlaku untuk Empat Info Personal

Ilustrasi WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Pengaturan baru ini berlaku untuk empat info personal yang biasa ditampilkan pengguna, seperti last seen, foto profil, about, hingga status.

Pengaturan ini baru bisa diakses lewat menu Settings, Account, serta pilih menu Privacy.

Fitur baru WhatsApp tersebut sudah bisa diakses untuk pengguna di Android dan iPhone. Karenanya, bagi kamu yang ingin mencobanya bisa langsung mengakses atau melakukan pembaruan terlebih dulu.

Sebelumnya, Mark Zuckerberg baru saja mengumumkan bahwa pengguna WhatsApp sekarang dapat dengan mudah mentransfer riwayat percakapan dari ponsel Android ke iPhone.

Bos Meta yang menjalankan Facebook, Instagram, dan WhatsApp ini mengungkapkan bahwa fitur tersebut adalah fungsi yang paling banyak diminta pengguna aplikasi chatting ini.

"Kami menambahkan ke WhatsApp kemampuan untuk beralih antar ponsel dengan aman dan mentransfer riwayat obrolan, foto, video, dan pesan suara kamu antara Android dan iPhone sambil mempertahankan enkripsi ujung ke ujung," kata Mark Zuckerberg, dilansir The Sun, Sabtu (18/6/2022).

"Ini adalah fitur yang paling banyak diminta. Kami meluncurkan kemampuan beralih dari iPhone-->Android tahun lalu, dan sekarang menambahkan Android-->iPhone juga," sambungnya.


Kerja Sama Apple dan WhatsApp

[Fimela] WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

Apple dan WhatsApp telah bekerja sama untuk mewujudkan fitur itu. Fitur yang telah lama ditunggu-tunggu telah menjadi salah satu pembaruan yang paling banyak diminta.

Jika memiliki ponsel Android, kamu cukup menginstal versi terbaru 'Pindahkan ke iOS dari Google Play Store'.

Fitur WhatsApp ini sudah ada, dan dirancang untuk memindahkan teks, foto, dan lainnya dari Android ke iPhone baru. Tapi sekarang sedang ditingkatkan untuk menyertakan dukungan fungsi mengalihkan pesan WhatsApp.

Kamu harus memberikan izin agar data dapat dipindahkan. Data itu kemudian akan dikemas--tetap dienkripsi dan tidak mungkin dilihat oleh Apple--kemudian dipindahkan ke iOS.

Lalu, WhatsApp dikabarkan telah merilis secara bertahap kemampuan untuk membuat grup dengan jumlah peserta hingga mencapai 512 anggota. Sebelumnya, anggota grup dibatasi sampai 256 akun.

Hal ini seperti diungkap oleh situs WABetaInfo, dikutip Minggu (12/6/2022). Sebelumnya, kemampuan untuk menambahkan hingga 512 orang di grup WhatsApp hanya diluncurkan ke sejumlah penguji secara terbatas.

Fitur ini sudah dirilis ke hampir semua pengguna pada pekan ini, dan bisa didapatkan apabila kamu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru, baik lewat Play Store atau App Store.


Grup WhatsApp Kini Bisa Tampung hingga 512 Anggota

Ilustrasi WhatsApp / WA
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp / WA. (Image by Tumisu from Pixabay)

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com menggunakan aplikasi yang sudah di-update, saat mencoba untuk membuat sebuah grup WhatsApp, nantinya akan terlihat di bawah tulisan "Add Participants", jumlah anggota maksimal mencapai 512 akun.

Diketahui, ini merupakan salah satu kemampuan baru yang diluncurkan oleh aplikasi chatting milik Meta tersebut. Beberapa fitur kabarnya juga sedang digodok oleh WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp juga dilaporkan sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyunting atau mengedit pesan yang sudah terkirim.

"WhatsApp sedang mengembangkan opsi baru yang memungkinkan kamu mengedit pesan teks," ungkap WABetaInfo sebagaimana dikutip dari The Sun, Senin (6/6/2022).

"Akhirnya kita dapat memperbaiki kesalahan ketik apa pun setelah mengirim pesan," sambung WABetaInfo memaparkan soal fitur baru WhatsApp tersebut. 

Postingan tersebut menekankan bahwa mungkin tidak akan ada riwayat edit yang memungkinkan pengguna memeriksa versi pesan WhatsApp sebelumnya.

Akan tetapi, itu bisa saja berubah, mengingat fitur tersebut masih dalam pengembangan. Juga tidak jelas apakah akan ada jendela batas waktu untuk mengedit pesan yang sudah terlanjur dikirim.

"Sayangnya, karena fitur ini sedang dalam pengembangan, kami tidak tahu kapan fitur ini akan diluncurkan ke penguji beta," tambah WABetaInfo.

Mungkin WhatsApp dapat menghapus fitur tersebut sebelum diluncurkan. Dan mungkin perlu berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menguji fitur baru itu sepenuhnya sebelum hadir untuk semua pengguna.

Awal Mei lalu, WhatsApp mengumumkan kemampuan untuk berkirim file melalui platformnya kini telah ditingkatkan. Lewat peningkatan ini, pengguna sekarang bisa berkirim file dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya.


Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial. (Liputan6.com/Trieyasni)

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya