Fire Emblem Heroes Kantongi Rp 14,9 Triliun Sejak Rilis Perdana

Oleh M Hidayat pada 03 Jul 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 11:00 WIB
Main mobile game
Perbesar
Main mobile game/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta - Fire Emblem Heroes meraih pemasukan USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,9 triliun yang berasal dari belanja pemain mereka secara global sejak mobile game dari Nintendo ini tanggal rilis perdananya pada 2 Februari 2017 lalu.

Menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower, Fire Emblem Heroes menjadi RPG pertama di antara mobile game garapan Nintendo yang meraih tonggak pencapaian ini.

"Fire Emblem Heroes menyumbang 54,5 persen dari total pendapatan Nintendo di aplikasi mobile hingga saat ini," tutur Sensor Tower di dalam laporannya.

Sementara itu, Mario Kart Tour berada satu peringkat di bawah Fire Emblem dengan pendapatan USD 282 juta. Lalu di posisi berikutnya ada Animal Crossing: Pocket Camp dengan pendapatan USD 281,6 juta.

Dalam hal unduhan, Fire Emblem Heroes menempati peringkat keempat di portofolio game garapan Nintendo. Mobile game dengan genre RPG itu berkontribusi atas 17,8 juta unduhan atau sekitar 2,7 persen dari total unduhan.

Sementara itu, Super Mario Run berada di peringkat pertama dengan 310,7 juta unduhan atau sekitar 47 persen dari total unduhan.

Lalu Mario Kart Tour menempati peringkat kedua dengan 227,2 juta unduhan dan Animal Crossing: Pocket Camp kembali menempati peringkat 3 dengan 65,4 juta unduhan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Temuan Lainnya

Selama kuartal pertama 2022, Fire Emblem Heroes terus menjadi mobile game penghasil pendapatan tertinggi bagi penerbit game asal Jepang itu.

Ia telah berhasil mengumpulkan lebih dari USD 29 juta dari pengeluaran pemain global atau 50,7 persen dari total pendapatan pada periode itu.

Menurut laporan Sensor Tower, Fire Emblem Heroes juga menduduki peringkat ke-18 Mobile Squad RPG penghasil pendapatan tertinggi di seluruh dunia pada kuartal pertama 2022 secara global.

Bahkan, itu mengungguli beberapa titel populer lainnya, sebut saja Mobile Legends: Adventure dari Moonton dan Pokémon Masters EX dari DeNA.

 


Pasar Utama

Jepang menjadi pasar paling menguntungkan bagi Fire Emblem Api dengan pendapatan USD 540,6 juta atau 54 persen dari total pendapatan.

Amerika Serikat berada di peringkat kedua dengan 32,4 persen pendapatan, dan Kanada berada di peringkat ketiga dengan 3,2 persen.

Google Play menyumbang sebagian besar pendapatan global dengan USD 583,7 juta atau 58,3 persen pendapatan.

App Store, sementara itu, berkontribusi atas USD 417,3 juta atau 41,7 persen dari pemasukan.

 


Temuan Lainnya

Jepang juga menempati peringkat pertama dalam hal unduhan. Di neagra tersebut, Fire Emblem Heroes mengumpulkan 8,4 juta unduhan hingga saat ini atau sekitar 47 persen dari total.

A.S. menempati urutan kedua dengan hampir 26 persen. Sementara Prancis menempati urutan ketiga dengan 3,2 persen.

App Store dan Google Play berbagi unduhan yang merata, yang mana masing-masing menyumbang 50 persen.


Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya