Kenali 6 Role Hero Mobile Legends: Bang Bang dan Fungsinya

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 02 Jul 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 12:00 WIB
Simak Selusin Tips Main Mobile Legends Bagi Pemula, Modal Awal untuk Jadi Pro
Perbesar
Mobile Legends: Bang Bang. (Doc. Moonton)

Liputan6.com, Jakarta - Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) menjadi salah satu mobile game yang paling populer di Indonesia hingga saat ini.

Dengan berbagai promosi hingga pertandingan esports, kepopuleran gim Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) ini sepertinya belum akan surut dalam waktu dekat.

Bagi para pemain gim MOBA, mungkin tidak akan asing dalam memainkan gim ini. Namun, mereka yang baru terjun ke genre ini mungkin akan sedikit bingung saat memulai memainkannya.

Salah satu yang harus dikenali oleh para pemain baru Mobile Legends untuk pertama kali adalah class/role atau peran dari karakter yang akan dimainkan.

Ada enam role yang dapat kamu pilih saat akan terjun ke arena yaitu: Tank, Fighter, Assassin, Mage, Marksman, dan Support, yang masing-masing memiliki kemampuan unik dan tugasnya masing-masing.

Berikut ini tugas dari tiap-tiap class tersebut, yang bisa kamu pilih sesuai gaya permainanmu.

1. Tank

Tank adalah hero yang paling tahan lama di antara semua karakter MLBB. Mereka biasa berada di garis depan dan sangat membantu untuk menyerang musuh.

Dikutip dari Mobile Legends Fandom, karakter ini biasanya menjadi pemimpin serangan, serta memilih waktu dan situasi yang tepat untuk memulai agresi.

Banyak juga hero Tank yang dapat melindungi rekan satu tim yang lebih rapuh atau mendorong musuh berbahaya dan mengurangi potensi kerusakan mereka.

Tank memiliki defense dan hit point yang tinggi. Namun damage-nya rendah. Apabila digunakan dengan benar, mereka bisa menjadi hero yang paling kuat di gim.

Hero ini biasanya secara alami memiliki HP, Magic Resistance, dan armor yang lebih tinggi. Mereka juga biasanya memiliki beberapa bentuk crowd control (CC) biasanya stun, slow, atau taunt.

Hero Mobile Legends jenis Tank juga umumnya memiliki sinergi yang hebat dengan item defensif tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Fighters

Mobile Legends: Bang Bang.
Perbesar
Mobile Legends: Bang Bang.

Hero di role ini adalah petarung jarak dekat dengan campuran kemampuan ofensif dan defensif. Kerusakan dari hero jenis ini dapat bertambah seiring waktu, menjadikannya sebuah ancaman besar.

Mereka adalah tipe role dengan kombinasi karakteristik Tank dan Assassin, meski fungsinya tak sebanyak Tank dan kerusakannya tak sebanyak Assassin.

Fighter merupakan hero jarak dekat dengan ketahanan Tank dan kerusakan Assassin, sehingga membuatnya sebagai petarung yang multifungsi seperti Semi Tank, Crowd Controller, atau Tank and Assassin.

Perannya sendiri tergantung pada susunan tim. Mereka terkadang dipakai dalam bermain solo lane atau menemani sekutu. Mereka dapat bersinar di late game.

3. Assassin

Assassin adalah hero yang spesialisasinya membunuh atau menonaktifkan target yang roaming saat mereka mencoba untuk mengisi kembali HP. Fokusnya adalah infiltrasi, menipu, dan mobilitas.

Hero jenis ini cocok dimainkan bagi mereka yang memiliki pengalaman karena memiliki HP yang rendah dan burst damage yang tinggi.

Mereka ideal untuk mengalahkan lawan dengan mudah, namun gampang untuk dibunuh apabila berada di posisi yang buruk dan waktu yang salah.

Hero ini juga sering menunggu untuk menyerang agar tidak mati, karena kelemahan mereka adalah crowd control. Assassin direkomendasikan memiliki lifesteal atau spell vamp untuk meningkatkan ketahanan mereka selama pertarungan tim.

Beberapa ciri yang mungkin dimiliki hero jenis ini seperti gesit, HP rendah, memiliki set kemampuan yang memungkinkan untuk mengejar musuh, serta lincah dan cepat.

 


4. Marksman

Timnas Indonesia melaju ke Grand Final Mobile Legends di SEA Games 2021
Perbesar
Timnas Indonesia melaju ke Grand Final Mobile Legends di SEA Games 2021 usai kalahkan Malaysia dengan skor 2-0. (Doc: YouTube Mobile Legends: Bang Bang)

 

Marksman adalah hero jarak jauh yang kekuatannya hampir seluruhnya didasari pada serangan dasar mereka, dengan menggunakan jangkauan mereka untuk mendaratkan kerusakan besar terus menerus dari jarak jauh.

Marksman juga lebih baik dalam melakukan objectives seperti Lord dan turret. Hero ini biasanya memiliki basic attack yang tinggi, memberikan damage dalam jarak jauh. Tipe ini biasa disebut dengan carry/ADC (Attack Damage Carry).

Role ini umumnya memiliki daya tahan dan mobilitas rendah, sehingga bermain aman disarankan dengan menjaga jarak dari musuh, atau ditemani oleh anggota tim.

5. Mage

Magician atau mage, adalah hero dengan jangkauan yang lebih jauh, area damage berdasarkan kemampuan, dan crowd control yang dapat digunakan untuk menyerang dari jarak jauh.

Mage utamanya fokus pada keterampilan sihir yang menghasilkan kerusakan sihir, biasanya burst damage, dan akibatnya, mereka menghabiskan banyak gold untuk peralatan yang memungkinkan mereka melakukan lebih banyak damage.

Selain itu, hero tipe ini juga memiliki cooldown skill yang lebih pendek. Mage adalah tipe role yang punya magic power tinggi dan skill CD tinggi, yang mengkhususkan diri dalam menangani magic damage dengan skill-nya.

Role ini juga biasanya memiliki durabilitas yang rendah sehingga sering menjadi sasaran dalam teamfight yang membutuhkan perlindungan. Kebanyakan Hero dalam role ini memiliki kemampuan crowd control atau memiliki burst damage yang tinggi.

 


6. Support

MLBB All Star 2021
Perbesar
Tim Lemon tumbangkan tim Emperor di MLBB All Star 2021. (Doc: Moonton/ YouTube)

Peran Support adalah untuk membantu dan menolong melindungi anggota tim dalam situasi apa pun.

Hero dengan peran ini adalah untuk melindungi atau menyembuhkan tim, menahan beberapa kerusakan, atau mengorbankan diri sehingga teman satu tim bisa teteap hidup.

Hero Support biasanya sejalur dengan Marksman di top lane atau mid lane, agar bisa melakukan perjalanan dengan cepat di mana mereka dibutuhkan.

Beberapa manfaat dari hero Support bagi tim adalah penyembuhan, memberikan perisai, atau menangani bentuk crowd control misalnya dengan melakukan stun pada musuh. Mereka juga sering menemani hero carry untuk membantunya naik level dengan lebih cepat.

Hero Support direkomendasikan untuk berpartisipasi dalam pertarungan tim untuk membantu rekan satu tim dalam mencapai tujuannya, serta tidak sendirian di lane.

(Dio/Ysl)

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya