Inzone, Brand Baru Sony Khusus Perangkat Gaming

Oleh Agustinus Mario Damar pada 01 Jul 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 09:30 WIB
Sony
Perbesar
Lini produk terbaru dari Sony untuk aksesoris gaming yang hadir dengan nama Inzone. (Dok: Sony).

Liputan6.com, Jakarta - Sony mengumumkan kehadiran brand produk baru yang ditujukan khusus untuk pasar gaming. Hadir dengan nama Inzone, brand ini menawarkan pengalaman gaming yang lebih baik untuk platform PC maupun PlayStation 5.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (1/7/2022), ada produk yang diperkenalkan lewat lini Inzone, yakni monitor dan headset. Untuk monitor, ada model yang diluncurkan, yakni Sony Inzone M9 dan M3.

Keduanya sama-sama monitor gaming yang menggunakan panel LCD dan memiliki layar berukuran 27 inci. Namun, masing-masing memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda.

Inzone M9 mendukung resolusi 4K dan refresh rate 144Hz. Monitor gaming ini juga memiliki sertifikasi VESA DisplayHDR 600 dengan kecerahan 600 nits dan DCI-P3 95 persen.

Sementara Inzone M3 memiliki resolusi 1080p, tapi dengan refresh rate 240Hz. Monitor ini memiliki kecerahan optimal 400 nits dan menawarkan cakupan 99 persen sRGB.

Keduanya mendukung HDR10 dan HLG. Baik M9 dan M4 dibekali dengan dua port HDMI, satu DisplayPort 1.4, hub USB yang terdiri dari satu Type-B, dan tiga Type untuk output. Sebagai tambahan, kedua monitor ini juga mendukung sejumlah fitur spesifik yang ada di PS5 maupun PC.

Sementara untuk headset, ada tiga model yang diperkenalkan lewat lini Inzone, yakni H9, H7, serta H3. Ketiganya memiilki desain serupa, tapi memiliki perbedaan dari sisi kemampuan.

H9 dan H7 merupakan headset nirkabel, sedangkan H3 merupakan headset kabel. Kendati demikian, ketiga headset ini sudah mendukung fitur 360 Spatial Sound.

Sony Inzone H9 dilengkapi dengan kemampuan ANC (Active Noise Cancellation), sedangkan H7 tidak memiliki fitur ANC. Baik H9 dan H7 dibekali dengan driver 40mm dan frekuensi 5Hz-20.000Hz.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sony PlayStation Absen dari Gamescom 2022

Logo PlayStation
Perbesar
Logo PlayStation. (Doc: Sony)

Di sisi lain, Sony baru saja mengonfirmasi tidak akan hadir alias absen dari ajang pameran gaming tahunan bernama Gamescom 2022.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara Gamescom digelar di Cologne, Jerman. Rencananya, ajang gaming itu akan diadakan pada 23 Agustus 2022.

Selain PlayStation, penerbit dan perusahaan gaming lain yang tidak akan hadir di Gamescom 2022, termasuk Nintendo, Activision Blizzard, dan Take-Two Interactive.

Kabar PlayStation absen di Gamescom 2022 ini dikonfirmasi oleh Sony Interactive langsung saat ditanyakan oleh situs Games Wirtschaft.

Selain tidak hadir di Gamescom 2022, PlayStation juga tidak akan mengumumkan apa pun di acara Geoff Keighley's Gamescom: Opening Night Live, dikutip dari Gamespot, Kamis (23/6/2022).

Karena tidak akan menghadiri Gamescom 2022, banyak pihak yang bertanya-tanya tentang apakah game God of War Ragnarok akan meluncur tahun ini.

Sony kerap kali menjadi peserta pameran paling besar di ajang Gamescom, dan sering memenangkan penghargaan dan memperlihatkan judul game baru buatan pihak ketiga.

Informasi, Gamescom tahun ini digelar dalam konsep hybrid--sesi tatap muka dan online. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Semenjak pandemi dan pembatasan acara secara offline, banyak penerbit dan pengembang game mengadakan acara mereka sendiri untuk meluncurkan game baru.

Salah satu paling terkini adalah Xbox & Bethesda Games Showcase 2022 pada 12 Juni kemarin.

Selain Xbox, Nintendo adalah perusahaan lain yang juga kerap mengumumkan game baru mereka secara online bertajuk Nintendo Direct.

Baik Xbox dan Nintendo menggunakan momen live streaming ini untuk mengumumkan judul game baru apa saja yang akan dirilis tahun ini, atau tahun depan.


Sony Akan Rilis Fitur Edit Video Pendek seperti TikTok di PS5

PS5
Perbesar
PS5. (Doc: Sony PlayStation)

Lebih lanjut, Sony baru-baru ini meluncurkan fitur baru untuk Share Factory Studio PlayStation 5 (PS5), yang memungkinkan pengguna membuat video gameplay pendek dengan pre-set seperti di TikTok.

Dalam blog resmi PlayStation Rabu pekan lalu, Stuart Platt, Senior Producer di Sony Interactive Entertainment mengungkapkan nama dari mode tersebut adalah Bits.

"Bits adalah cara yang disederhanakan untuk mempersonalisasi dan membagikan klip gameplay dan tangkapan layar Anda ke teman-teman Anda di PS5," kata Stuart, dikutip Selasa (21/6/2022).

Menurut perusahaan, pengguna dapat memilih salah satu dari banyak style Bit yang telah dikurasi untuk membuat meme yang sedang trending atau terkenal dengan cepat.

Selain itu, pengguna PlayStation 5 juga dapat memakai mode Quick Edit untuk membuat Bit sendiri. Sony mengklaim, mode pengeditan baru ini sangat ideal untuk editor pemula ataupun profesional.

Stuart menambahkan, Bits juga menjadi pendamping sempurna untuk fitur Game Captures yang baru dirilis di PS App.  


Fitur Editing Bernama Bit

Bits PlayStation 5 (Dok. PlayStation)
Perbesar
Bits PlayStation 5 (Dok. PlayStation)

Semua Bit yang dibuat di Share Factory Studio juga dapat diakses secara otomatis dari ponsel dan kemudian dibagikan ke aplikasi sosial favorit.

Pemain pun akan mendapatkan tema Bits baru yang dirilis setiap pekannya. Selain itu, tema Bits juga akan didasarkan pada acara-acara khusus, musim liburan, atau konten yang sedang trending.

"Tujuan kami dengan Bits adalah untuk membuatnya sangat mudah dan menyenangkan bagi gamer PlayStation membuat dan berbagi video gameplay berdurasi pendek untuk berbagi pencapaian keren, lelucon, aksi, dan jenis konten menarik lainnya," tulis Sony.

Sebagai informasi, dikutip dari Engadget, Share Factory Studio adalah aplikasi editing gratis PlayStation yang memungkinkan pemain mengambil dan mengedit cuplikan permainan secara langsung di konsol, dan membagikannya di media sosial.

Aplikasi ini dikemas dengan fitur editing video dan audio, termasuk dukungan untuk video HDR dan kemampuan untuk menambahkan animasi, stiker, filter, dan efek suara.

(Dam/Isk)


Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya