Cara Asyik Nonton di Rumah Buat Para Pencinta Film

Oleh stella maris pada 30 Jun 2022, 22:29 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 04:11 WIB
Ilustrasi nonton di rumah
Perbesar
Ilustrasi nonton di rumah/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Kalau lagi waktu senggang di rumah, biasanya kita kerap melakukan aktivitas yang bikin lebih refresh. Mulai dari membaca buku atau novel digital, coba resep baru, hingga menonton film atau serial terfavorit. 

Semua aktivitas itu bisa dilakukan berkat kemajuan teknologi yang membuat hiburan kini makin mudah dinikmati oleh siapapun. Nah buat kamu para pencinta film pada khususnya, hadirnya layanan streaming online, tentunya jadi hal yang menarik bukan? 

Gimana nggak, biasanya untuk menikmati film dengan genre terfavorit kita harus pergi dulu ke bioskop. Tapi kini dengan hadirnya layanan streaming online, nggak perlu pergi ke bioskop untuk menikmati film terfavorit. 

Apalagi saat ini, semua orang bisa menikmati layanan streaming online dengan hadirnya film berkualitas tinggi. Nah, biar kegiatan nontonmu makin asyik, kamu bisa menikmatinya lewat perangkat digital seperti laptop yang bisa kamu jadikan ‘bioskop portable’ 

Saat ini makin banyak laptop yang digunakan untuk menikmati hiburan digital seperti menonton film secara online. Selain rata-rata ukuran dan bentuknya sudah sangat ringkas dan mudah untuk dibawa bepergian, laptop modern juga memiliki ukuran layar yang lebih besar sehingga menonton film bisa semakin menyenangkan. 

Tapi sayangnya, nggak semua laptop dibekali dengan layar yang memberikan kenyamanan saat menonton film. Kenapa? Itu karena masih banyak laptop yang dirancang hanya untuk bekerja dan laptop tersebut kurang dapat menampilkan sajian film dengan optimal. 

Nah, buat kamu para pencinta film atau yang lagi memilih laptop untuk memaksimalkan pengalaman menonton film, yuk cek beberapa aspek yang wajib diperhatikan untuk agar nontonmu jadi lebih asik di rumah:


Cek Tingkat Reproduksi Warna di Laptop

Kamu harus tahu kalau tingkat reproduksi warna atau color gamut pada layar laptop merupakan faktor paling penting yang harus diperhatikan bagi para pencinta film. Color gamut pada layar laptop dapat memperlihatkan seberapa banyak warna yang bisa ditampilkan di layar tersebut.

Jadi, semakin banyak warna yang bisa ditampilkan, maka film akan terlihat lebih jelas dan immersive. Apalagi, warna sangat berpengaruh dengan mood serta detail di dalam film. Saat ini ada banyak sekali jenis color gamut, seperti sRGB dan DCI-P3 yang banyak digunakan di sebuah laptop. 

Khusus untuk para pencinta film, laptop dengan layar yang memiliki color gamut 100% DCI-P3 merupakan yang paling direkomendasikan. Selain memiliki tingkat reproduksi warna yang lebih banyak dari sRGB (100% DCI-P3 setara dengan 133% sRGB), DCI-P3 merupakan standar color gamut yang digunakan oleh industri film. Dengan demikian, tampilan film di layar laptop dengan color gamut 100% DCI-P3 akan sesuai dengan yang diinginkan oleh sutradara filmnya.

 


Warna Akurat dan Fitur HDR

Kamu pasti ingin menikmati tontonan alias film dengan kualitas visual terbaik kan? Maka dari itu, pastikan kamu memilih laptop dengan memiliki tingkat akurasi warna terbaik. Pastikan lapotop yang kamu pilih juga memiliki sertifikasi Pantone Validate Display. 

Sertifikasi tersebut dapat memastikan layar laptop telah melalui proses kalibrasi warna di pabrik secara akurat berdasarkan standar Pantone yang telah banyak digunakan di berbagai industri. Selain itu, kamu juga harus pastikan laptop yang akan dibeli memiliki HDR atau High Dynamic Range. 

Ini merupakan fitur yang memungkinkan film atau video dapat ditampilkan dengan kontras warna yang tinggi sehingga kamu sebagai penonton dapat menikmati kualitas visual mirip seperti di lokasi sebenarnya. Salah satu keunggulan HDR adalah menampilkan warna hitam sempurna dan hal tersebut tidak bisa dihadirkan di layar laptop biasa.

panel oled
Perbesar
Panel OLED merupakan salah satu cara untuk menampilkan warna hitam sempurna.

Selain itu, penggunaan panel OLED merupakan salah satu cara untuk menampilkan warna hitam sempurna. Berbeda dengan panel IPS atau TN yang banyak digunakan di laptop pada umumnya, OLED nggak memiliki lapisan backlight. Setiap pixel di layar merupakan lampu LED berukuran sangat kecil yang dapat dinyalakan dan dimatikan sesuai dengan kebutuhan. 

Hal tersebutlah yang membuat OLED dapat menampilkan warna hitam yang sempurna dengan kontras warna tinggi sesuai dengan spesifikasi fitur HDR. Jangan lupa juga untuk memastikan layar laptop yang dipilih sudah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black untuk mendapatkan pengalaman sinematik terbaik.


Jangan Abaikan Response Time

Salah satu spesifikasi layar yang seringkali diabaikan adalah response time, yaitu seberapa cepat layar dapat menampilkan frame tampilan berikutnya. Dengan response time yang kencang, tampilan visual dengan gerak cepat dapat dilihat lebih tajam dan detail. Tentunya spesifikasi ini cocok banget jadi perhatian kamu yang menyukai film action. Oh ya, tipsnya pilihlah laptop dengan layar yang memiliki response time kurang dari 1ms.

Selain response time yang menjaga kualitas visual, kamu juga harus pastikan kalau layar laptopmu nggak berdampak negatif terhadap kesehatan mata. Yup, layar perangkat komputasi seperti laptop dapat memancarkan radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada kesehatan mata. Meski demikian, saat ini ada layar yang dapat mengurangi tingkat pancaran radiasi sinar biru, sehingga lebih aman untuk kesehatan mata khususnya dalam jangka waktu panjang. Laptop dengan layar tersebut akan membuatmu bebas mengkhawatirkan kesehatan mata dalam jangka waktu yang panjang.


Laptop yang Punya Semua Kebutuhan

Semua fitur atau spesifikasi di atas, bisa kamu dapatkan dari laptop ASUS OLED. Itu karena teknologi layar laptop ASUS memiliki semua aspek yang membuat para pencinta film dapat menikmati kualitas visual terbaik sekaligus aman untuk kesehatan mata.

Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED dipastikan memiliki color gamut 100% DCI-P3, tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta mendukung fitur HDR dengan sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black. 

Nggak cuma itu saja, layar ASUS OLED juga memiliki response time hanya 0,2ms. Itu artinya, kecepatannya jauh lebih kencang dibanding layar laptop pada umumnya, juga dilengkapi fitur EyeCare bersertifikasi TÜV Rheinland. Semua kualifikasi tersebut hadir dengan satu tujuan, yaitu memanjakan mata para penggunanya.

layar ASUS OLED juga memiliki response time hanya 0,2ms.
Perbesar
Layar ASUS OLED juga memiliki response time hanya 0,2ms.

Fakta menariknya lagi, ASUS juga merupakan pemimpin pasar laptop dengan layar OLED dan diakui sebagai produsen laptop OLED nomor satu di Indonesia dan di dunia. ASUS juga merupakan satu-satunya brand laptop yang menghadirkan varian laptop dengan layar OLED terbanyak di Indonesia, serta satu-satunya brand laptop di Indonesia yang memiliki varian laptop berlayar OLED dengan harga di bawah Rp10 juta. 

Kini semua orang bisa menikmati hiburan digital dengan kualitas visual terbaik melalui laptop dengan teknologi layar ASUS OLED. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini.  

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya