Ciptakan Belajar Menyenangkan, TikTok Hadirkan "#SerunyaBelajar Ada di TikTok"

Oleh Muhammad Fachri Darmawan pada 30 Jun 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 13:45 WIB
Serunya Belajar.
Perbesar
Lewat kampanye edukasi kali ini, TikTok mendorong terciptanya konten edukasi yang seru dan bermanfaat dari komunitas platform berbagi video pendek tersebut.

Liputan6.com, Jakarta TikTok yang merupakan platform distribusi video pendek, baru saja mengenalkan kampanye terbarunya yang bertajuk, “#Serunya Belajar Ada di Tiktok”. Lewat kampanye edukasi kali ini, TikTok mendorong terciptanya konten edukasi yang seru dan bermanfaat dari komunitas platform berbagi video pendek tersebut.

Konten-konten pendidikan yang dimaksud, tidak terbatas pada yang diajarkan di bangku pendidikan semata, tetapi juga pendidikan nonformal, seperti membahas teknologi hingga edukasi perkembangan diri.

“Jadi, ini memang inisiatif dari TikTok mengajak para pengguna kami dan kreator konten edukasi untuk mengunggah konten-konten informatif dan mengedukasi agar semakin menghibur dan menyenangkan. Dengan kampanye #SerunyaBelajar, diharapkan ada banyak berbagai konten edukatif baik dari yang formal maupun nonformal bisa lebih bermanfaat untuk banyak orang,” tutur Education & Lifestyle Creators Partnership Lead TikTok Indonesia, Kevin Chandra saat konferensi pers virtual, Rabu (29/6/2022).

Sebagai informasi, konten edukasi masuk ke dalam kategori lima besar konten yang paling banyak ditonton dan memiliki banyak penggemar di TikTok. Bisa dilihat dari antusias para pengguna terhadap konten TikTok di kampanye #SamaSamaBelajar yang sebelumnya dilakukan TikTok. Dalam kampanye itu, TikTok mendapatkan lebih dari 95 miliar views.


Gandeng Kreator Peduli Pendidikan

Cinta Laura Kiehl.
Perbesar
TikTok menggandeng Cinta Laura Kiehl sebagai TikTok Edu Ambassador.

Kevin menjelaskan, kampanye edukasi terbaru yang dilakukan TikTok dihadirkan agar semakin banyak orang yang bisa belajar digitalisasi. Hal ini tentunya sejalan dengan fokus utama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang ingin menjadikan platform digital sebagai sarana pembelajaran yang dibuat mandiri oleh konten kreator. 

Sebagai bagian dari kampanye ini, TikTok menggandeng Cinta Laura Kiehl sebagai TikTok Edu Ambassador. Ia menyambut baik inisiatif ini, karena menurutnya, penting bagi kita untuk membuka pikiran dan terus belajar dengan skill baru.

"Aku senang sekali bisa menjadi bagian dari kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok. Aku ingin ikut berbagi proses dan pengalaman belajar pribadi saya dengan cara yang seru dan menghibur kepada komunitas TikTok dan masyarakat yang lebih luas. Buatku, belajar adalah proses yang dijalani seumur hidup. Di tengah dunia yang semakin kompetitif dan digital, penting bagi kita untuk membuka pikiran dan terus belajar dengan skill baru, mengetahui tren baru agar bisa lebih baik," kata Cinta Laura Kiehl.

Kehadiran platform digital seperti TikTok pun dinilainya sebagai langkah maju bagi perkembangan positif pendidikan, khususnya di Tanah Air.

“Sekarang Generasi Millennial dan Generasi Z sudah punya pemikiran yang lebih kritis, karena ketika mereka penasaran akan sesuatu, mereka dengan mudah bisa mencari dan mendapatkannya. Kehadiran platform digital TikTok dan kampanye #SerunyaBelajar bisa jadi cara orang-orang belajar lebih menyenangkan tanpa merasa didikte, karena topiknya yang diinginkan bisa dicari sendiri,” kata Cinta Laura Kiehl.

Tidak hanya Cinta Laura Kiehl, kreator dan Pemenang TikTok Awards 2022 kategori Best of Learning dan Education, Tjokro Wimantara, dan Vina Muliana sebagai kreator yang kerap berbagi konten soal karier pengembangan diri juga akan berpartisipasi dalam kampanye ini.


Ragam Kegiatan Menarik

Serunya Belajar.
Perbesar
TikTok akan menggelar beberapa kegiatan menarik yang tidak hanya ditujukan untuk pengguna aplikasi TikTok, tapi juga masyarakat luas.

Dalam kampanye ini, Kevin menuturkan, TikTok akan menggelar beberapa kegiatan menarik yang tidak hanya ditujukan untuk pengguna aplikasi TikTok, tapi juga masyarakat luas. Salah satunya adalah kompetisi konten edukasi #SerunyaBelajar di platform TikTok.

Kegiatan di MBloc Space yang diisi dengan Creative Edu Exhibition dan Networking Party. Untuk Creative Edu Exhibition yang akan menampilkan instalasi menarik dan edukatif yang akan berlangsung mulai 4 hingga 10 Juli 2022 ini GRATIS dan terbuka bagi seluruh masyarakat, dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

"Ada pula offline event yang berlokasi di MBloc Space yang bisa dikunjungi mulai 4 hingga 10 Juli 2022 dan dibuka untuk publik. Di acara puncak nya 9-10 Jul, pengunjung bisa berdiskusi dengan para kreator konten edukasi lain, termasuk mendapatkan informasi mengenai pengembangan diri," tutur Kevin menjelaskan.

Sementara itu untuk Networking Party, akan ada kolaborasi dengan para super master seperti Anton Ismael, Garin Nugroho, Rachel Amanda, hingga Merry Riana. Puncak acara Creative Edu Exhibition dan Networking Party akan berlangsung selama 2 hari, yaitu pada 9-10 Juli 2022. Dalam sesi ini, akan ada sederet talkshow interaktif dari para super master dan kreator ternama lainnya untuk berbagi seputar bidang yang dikuasai masing-masing.

Di hari pertama, ada Rachel Amanda yang akan mengisi tema Spektrum Kepribadian Manusia di Dunia Hari Ini. Turut hadir juga Pak Win yang akan mengisi sesi Cerdas Memulai Bisnis dan Vina Muliana yang sharing seputar Mempersiapkan Karier dengan Cerdas. Terakhir ada Anton Ismael yang akan mengisi kelas fotografi lewat tema menarik Melihat Ketidakteraturan Dunia Melalui Lensa.

Lanjut di hari kedua, opening session akan menghadirkan Merry Riana yang akan berbagi inspirasi tentang Berbahagia dengan Kreativitas yang Tepat untuk Dunia. Kreator lain juga akan mengisi kelas selanjutnya, yaitu @urrofi_ yang akan berbagi dengan tema Menyambut Era Baru Audio Visual dan Erika Richardo yang mengisi kelas Berekspresi Melalui Lukisan. Terakhir, Garin Nugroho akan menutup sesi puncak hari kedua dengan tema Berkembang dan Berbagi dengan Bercerita.

Seluruh kegiatan kampanye "#SerunyaBelajar Ada di TikTok" akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Juni hingga 10 Juli 2022. Selain Creative Edu Exhibition dan Networking Party, Kegiatan yang akan dilakukan meliputi kompetisi hashtag challenge untuk semua pengguna TikTok di atas usia 18 tahun, serial TikTok LIVE dengan tema #SerunyaBelajar Bangun Masa Depan pada 29 Juni hingga 7 Juli 2022.

Konten-konten edukasi yang inspiratif dan menghibur di TikTok dapat diakses melalui tagar #SerunyaBelajar di laman search TikTok atau melalui tautan ini untuk informasi lebih lengkap terkait kegiatan kampanye "#SerunyaBelajar Ada di TikTok", Let's check this out fellas!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya