5 Cara Percepat Kinerja iPhone Lawas agar Kembali Ngebut

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 29 Jun 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 08:00 WIB
Baru Melirik iPhone, Kenali Perbedaan iPhone 11, XR, dan XS
Perbesar
iPhone11. (Shutterstock/Framesira)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu daya tarik terbesar iPhone adalah pengalaman pengguna yang intuitif. iPhone kerap dianggap mengungguli kompetitornya dalam hal kecepatan kinerja.

Namun, kinerja tiap perangkat tentunya bakal mengalami pelambatan seiring bertambahnya usia. Pembaruan iOS pun bisa membuat iPhone lebih cepat, tetapi pada model iPhone lawas, bisa saja kinerjanya justru melambat.

Memiliki ponsel dengan kinerja yang lambat tentu bikin frustasi si pengguna. Nah, berikut adalah sejumlah tips iPhone mudah untuk meningkatkan kecepatan iPhone lawas agar ngebut kembali.

1. Matikan Visual Effect

Efek visual pada iPhone tentu lebih menyenangkan dilihat, namun untuk memproses visual efek, ponsel bekerja lebih keras.

Nah, jika ingin membuat kinerja perangkat lebih cepat, pengguna bisa mematikan visual efek tersebut atau menguranginya.

Cara pertama, pengguna bisa masuk ke iPhone, pilih Setting > Accessibility (Akesibilitas) > Pilih Display and Text Size (Layar dan Ukuran Teks) > Aktifkan Reduce transparency (Kurangi transparansi).

Metode lain yang bisa dilakukan adalah masuk ke iPhone, pilih Setting > Accessibility > Motion (Gerakan) > Reduce Motion (Kurangi Gerakan) di-on-kan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Matikan iPhone, Lalu Nyalakan Lagi

WhatsApp iPhone
Perbesar
Ilustrasi menggunakan WhatsApp di iPhone. Credits: pexels.com by Anton

Cara sederhana lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan dan menghidupkan kembali perangkat. Meski sangat sederhana, cara ini seringkali dapat memecahkan masalah dan meningkatkan kinerja smartphone, termasuk iPhone.

Caranya:

- Tekan dan tahan tombol Sleep/wake dan bersamaan dengan tombol volume up, lalu layar akan menampilkan tombol geser untuk mematikan iPhone.

- Setelah iPhone mati, nyalakan kembali iPhone dengan cara menekan dan tahan tombol Sleep/wake.

 


3. Uninstal Aplikasi yang Tidak Terpakai

iPhone XR
Perbesar
iPhone XR. (Shuttestock/Farknot Architect)

Tinjau semua aplikasi dan game di iPhone yang tidak terpakai. Jika memang ada aplikasi-aplikasi yang tidak pernah dipakai, sebaiknya hapus pemasangan aplikasi tersebut secara teratur.

Hal ini perlu dilakukan mengingat aplikasi-aplikasi yang tidak dipakai menghabiskan ruang penyimpanan dan berpotensi memakan sumber daya dengan menjalankan dan memperbarui latar belakang.

Pengguna bisa menghapus aplikasi iPhone dengan mengetuk dan tahan, hingga semua aplikasi masuk ke mode jiggle.

Cara lain, pengguna bisa mengetuk dan manahan ikon aplikasi yang ingin dihapus, lalu hapus dari menu popup dengan memilih Hapus aplikasi.

 


4. Update ke iOS Versi Terbaru

Update iOS 15.4
Perbesar
Apple menggulirkan update iOS 15.4, memungkinkan pengguna untuk membuka Face ID meski sedang pakai masker (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Apple memperbarui versi iOS secara teratur. Update iOS ini tidak hanya memberikan fitur-fitur baru serta keamanan yang lebih baik, tetapi juga meningkatkan performa perangkat secara keseluruhan.

Pengguna sebaiknya selalu memperbarui iOS iPhone mereka ke versi terbaru jika memang sudah ada pembaruan yang dimaksud.

Untuk mengecek apakah sebuah pembaruan iOS tersedia, pengguna bisa masuk ke Setting > General (Umum) > Software Update > jika ada versi terbaru, segera unduh dan instal.

 


5. Matikan Siri

Siri
Perbesar
Siri di iPhone 6 (Sumber: CNET)

Asisten pribadi Apple, Siri, bisa sangat berguna. Namun, pengguna mungkin perlu mempertimbangkan untuk mematikan beberapa fitur, guna meningkatkan kinerja iPhone.

Siri memang bisa secara otomatis menyarankan sumber daya saat pengguna mencaru di iOS 9 dan yang lebih baru. Namun, fitur ini bisa memperlambat kinerja iPhone pengguna.

- Untuk menonaktifkan Siri, pengguna bisa membuka Setting > Siri and Search (Siri dan Pencarian).

- Jika pengguna memakai iPhone 6S atau yang lebih baru, pengguna bisa memanggil Siri dengan "Hey Siri" kapan pun.

Nah, pengguna bisa mematikan fitur ini melalui Setting > Siri and Search dan matikan Listen for Hey Siri. Kemudian ketuk tombol Turn off Siri.

(Tin/Isk)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya