Tokopedia Hadirkan Fitur Belanja Bersama, Manfaatkan Kemampuan SharePlay di iOS

Oleh Agustinus Mario Damar pada 28 Jun 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 28 Jun 2022, 17:00 WIB
Tokopedia
Perbesar
Ilustrasi fitur Belanja Bersama yang hadir untuk pengguna Tokopedia yang memakai perangkat iOS. (Dok: Tokopedia).

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia mengumumkan kehadiran fitur baru untuk para penggunanya yang memakai sistem operasi iOS. Lewat fitur baru bernama Belanja Bersama ini, Tokopedia menghadirkan pengalaman belanja online yang lebih menarik.

Menurut Head of Engineering iOS Tokopedia, Tonito, fitur Belanja Bersama ini hadir untuk meningkatkan pengalaman belanja pengguna perangkat iOS. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna berbelanja online bersama kerabat atau rekan meski berada di lokasi yang berbeda.

"Biasanya kita bisa saling menunjukkan atau berdiskusi langsung mengenai produk yang ingin dibeli. Fitur Belanja Bersama kami hadirkan untuk memfasilitasi hal tersebut di ranah online. Biasanya kita bisa saling menunjukkan atau berdiskusi langsung mengenai produk yang ingin dibeli. Fitur Belanja Bersama kami hadirkan untuk memfasilitasi hal tersebut di ranah online," tutur Tonito dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (28/6/2022).

Fitur Belanja Bersama ini memanfaatkan kemampuan SharePlay yang diperkenalkan di iOS 15.1. Seperti diketahui, SharePlay merupakan fitur yang membuat pengguna bersama-sama mengakses aplikasi di perangkatnya masing-masing lewat FaceTime.

Cara menggunakan fitur Belanja Bersama di Tokopedia pun terbilang mudah dan praktis. Pengguna cukup membuat panggilan lewat FaceTime, buka layar utama, lalu aplikasi Tokopedia, dan pilih Mulai SharePlay.

Nantinya, setiap anggota dalam FaceTime tersebut bisa memulai SharePlay, termasuk mengundang anggota lain untuk bergabung. Setelah bergabung, masing-masing anggota bisa mulai mencari produk di Tokopedia dan saling berbagi produk yang mereka suka dengan mengklik 'Bagikan' di panel bawah.

Sebagai informasi, lewat SharePlay pengguna perangkat Apple juga dapat bersama-sama menonton konten di aplikasi bawaan, seperti Apple TV Plus dan Apple Music lewat FaceTime. Pengguna juga dapat berbagi konten atau melakukan screen sharing melalui fitur ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Live.On dan Tokopedia Kolaborasi Tawarkan Tukar Tambah HP

Ilustrasi Main Hp
Perbesar
Ilustrasi main hp (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Sebelumnya, layanan telekomunikasi digital besutan XL Axiata, Live.On, menjalin kerja sama dengan Tokopedia untuk semakin mempermudah pelanggan memanfaatkan program inovatif #KuotaSeumurHidup.

Dengan kolaborasi ini pelanggan bisa melakukan tukar tambah smartphone online melalui aplikasi Tokopedia mulai 1 Juni 2022, di mana pengguna bisa mendapatkan bonus SIM Card Live.On dengan kuota internet 2.5GB setiap bulannya selama seumur hidup.

Bagaimana cara mendapatkannya? Pengguna cukup membuka aplikasi Tokopedia, pilih smartphone berlogo Live.On yang ingin ditukar tambah pada bagian ‘Tukar Tambah HP’, dan masukkan tipe smartphone yang akan ditukar, mulai dari tahun 2015 tipe apa saja.

Setelahnya, kurir akan melakukan pengecekan ke lokasi yang ditentukan. Jika kondisi sudah sesuai, maka smartphone baru beserta SIM Card Live.On dengan kuota seumur hidup akan langsung diberikan kepada pengguna.

Direktur & Chief Commercial Officer-Home Enterprise XL Axiata, Abhijit J. Navalekar, mengatakan program ini adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk memaksimalkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan paket data yang disediakan oleh Live.On.

"Kemitraan dengan Tokopedia ini kami harapkan bisa semakin meningkatkan penawaran sekaligus memudahkan pelanggan untuk mengikuti program inovatif ini,” ujar Abhijit melalui keterangannya, Minggu (19/6/2022).


Untungkan Pelanggan

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi aplikasi Tokopedia. (dok. Tokopedia)

Ia menambahkan, melalui program ini pengguna sangat diuntungkan karena harga jual smartphone mereka akan berlaku sebagai cashback pembelian smartphone baru yang akan dibeli.

Setelahnya, pengguna bisa menikmati kuota seumur hidup Live.On di smartphone barunya untuk menunjang kebutuhan digital mereka.

Kemudahan lainnya yang bisa didapatkan pengguna adalah smartphone yang ditukarkan tidak harus dalam kondisi prima. Yang penting, smartphone yang ditukarkan masih dapat berfungsi.

Saat ini, pengguna bisa melakukan tukar tambah smartphone lamanya dengan beberapa smartphone pilihan dari official store yang tersedia di halaman tukar tambah di aplikasi Tokopedia.

Paket data Live.On 2.5GB per bulan selama seumur hidup dalam penawaran ini adalah paket data eksklusif yang hanya berlaku untuk program tukar tambah smartphone di Tokopedia.


BRI Resmi Luncurkan Kartu Kredit Tokopedia Card

Director of Consumer BRI Handayani menghadiri peluncurkn kartu kredit Tokopedia Card.
Perbesar
Director of Consumer BRI Handayani menghadiri peluncurkn kartu kredit Tokopedia Card. (dok: Arief)

Di sisi lain, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau Bank BRI resmi meluncurkan kartu kredit Tokopedia Card. Ini merupakan hasil kolaborasi antara BRI, Tokopedia, dan VISA Internasional.

Kartu kredit ini disebut hadir untuk mendukung target pemerintah dalam menghadirkan inklusi keuangan. Desain kartu kredit juga diracik sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik.

Director of Consumer BRI Handayani menyebut kartu kredit ini telah ditunggu-tunggu masyarakat indonesia. Pasalnya, telah semakin banyak masyarakat yang memilih pembayaran non tunai.

"Hampir satu tahun lebih kita diskusi dan bisa wujudkan co-brand card, kalau teman-teman gak punya salah banget, harus punya. Karena ada benefit yang bisa dimanfaatkan baik fungsi dan program yang sengaja dibuat untuk para user Tokopedia lebih nyaman dalam melakukan transaksi pembayaran," katanya dalam peluncuran, Sabtu (4/6/2022).

Mengacu pada survei yang dilakukan, ia menururkan masyarakat indonesia cenderung memilih pembayaran non tunai. Ia mengklaim kelompok masyarakat itu tak ingin kembali melakukan transaksi offline dan memanfaatkan e-commerce yang ada.

Lebih jauh, ia menyebut ini jadi produk pertama di indonesia yang membawa integrasi berbagai kemudahan. Mulai dari integrasi data dan kemudahan pengaplikasian kartu kredit.

"Co-brand Tokopedia Cars ini menghadirkan integrasi sistem BRI dan Tokopedia, dilakukan sangat baik dan ini pertama di Indonesia," katanya.

"Visa dan Tokopedia melakukan untuk mewujudkan ini, yang pertama integrasi API sehingga semua user Tokopedia melihat proses pengajuan aplikasinya melalui mobile apps Tokopedia," terang Handayani.

(Dam/Tin)

Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos
Perbesar
Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya