Indosat Ooredoo Hutchison dan Pemkot Bogor Gelar Program Tukar Botol Plastik Jadi Pulsa

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 27 Jun 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 13:00 WIB
President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha  dan Wali Kota Pemerintah Kota Bogor, Bima Arya saat peluncuran program Sampah Jadi Pulsa di Bogor (24/6/2022). (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)
Perbesar
President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha (kanan) dan Wali Kota Pemerintah Kota Bogor, Bima Arya saat peluncuran program Sampah Jadi Pulsa di Bogor (24/6/2022). (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, dan Bogor Trade Mall (BTM), untuk meluncurkan program Sampah Jadi Pulsa.

Program Sampah Jadi Pulsa ini sendiri digelar dengan misi melestarikan lingkungan secara berkelanjutan menggunakan solusi teknologi inovatif.

Dalam program ini, seperti dikutip dari siaran pers, Senin (27/6/2022), masyarakat pun bisa menukarkan botol plastik bekas dengan pulsa IM3 atau Tri, melalui Reverse Vending Machine (RVM) Plasticpay di BTM.

Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, Sampah Jadi Pulsa merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di pilar lingkungan.

"Program ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi limbah botol plastik dan menjaga kelestarian alam dengan pemanfaatan teknologi digital," kata Vikram.

Vikram mengatakan, IOH merasa terhormat dapat menggandeng Pemkot Bogor dan sejumlah pihak, untuk meluncurkan program ini ke tengah masyarakat.

Menurutnya, program ini dapat mendorong perilaku hidup bersih dan mengelola sampah, untuk menjadi sesuatu yang memberikan manfaat dan menciptakan nilai tambah.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, program ini sangat bermanfaat untuk mengubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungannya, serta sebagai salah satu upaya untuk mengurangi tumpukan sampah plastik.

"Kami percaya bahwa teknologi digital dapat membawa kemajuan bagi peradaban manusia dan pelestarian lingkungan hidup," kata Wali Kota Bogor Bima Arya menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Menukar Sampah Jadi Pulsa

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, dan Bogor Trade Mall (BTM), untuk meluncurkan program Sampah Jadi Pulsa (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)
Perbesar
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, dan Bogor Trade Mall (BTM), untuk meluncurkan program Sampah Jadi Pulsa (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)

Untuk menukarkan sampah botol plastik menjadi pulsa, masyarakat dapat mengunduh dan mendaftarkan diri pada aplikasi Plasticpay yang ada di Google Play Store dan App Store.

Kemudian, masukkan botol plastik bekas ke RVM untuk menukarkan satu botol dengan pulsa IM3 atau Tri senilai Rp 10 ribu.

Masyarakat yang menukarkan botol-botol plastik bekas ini nantinya akan mendapatkan poin, yang bisa ditukarkan dengan beberapa pilihan yang ada di aplikasi.

Poin-poin yang didapatkan dapat ditukar dengan pulsa IM3 atau Tri, yang bisa digunakan untuk membeli kuota data, telepon, SMS, serta aktivasi layanan Over-the-Top (OTT) seperti aplikasi streaming musik dan film.

Sementara itu, botol plastik bekas yang terkumpul melalui RVM akan dikelola oleh Plasticpay untuk dijadikan kerajinan tangan dan bentuk lain. sebagai bagian dari pemberdayaan komunitas mitra UMKM.

Plasticpay adalah gerakan sosial berbasis platform digital, yang mengajak masyarakat untuk mengubah sampah botol plastik yang merusak lingkungan menjadi produk yang bermanfaat, bernilai lebih, dan membawa kebaikan.

"Peluncuran hari ini merupakan langkah awal untuk menyebarkan gerakan melestarikan lingkungan secara berkelanjutan sambil memberdayakan masyarakat untuk mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat," kata Vikram.


Voucher BonsTri untuk Pelanggan Prabayar Tri

Indosat Ooredoo Hutchison
Perbesar
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand Tri menghadirkan program BonsTri menjelang masa liburan sekolah. (Dok: Indosat Ooredoo Hutchison).

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand Tri menghadirkan program BonsTri menjelang masa liburan sekolah di minggu ketiga Juni hingga minggu pertama Juli tahun ini.

Lewat program ini, Tri Indonesia menawarkan berbagai voucher menarik yang bisa didapatkan dengan menukarkan poi BonsTri di Bima+.

"Kami berharap voucher-voucher menarik tersebut dapat melengkapi gaya hidup digital pelanggan dan mereka akan mendapatkan energi positif setelah masa liburan," tutur Chief Commercial Officer IOH Ritesh Kumar Singh dalam siaran pers yang diterima, Selasa (21/6/2022).

Lebih lanjut Ritesh menuturkan, program BonsTri ini sekaligus bentuk apresiasi pada para pelanggan setia Tri Indonesia dalam menikmati musim liburan sekolah. Voucher yang ditawarkan pun beragam, mulai dari akomodasi, belanja, gaming, termasuk hiburan.

"Penawaran khusus dalam program BonsTri ini dapat dinikmati oleh pelanggan tanpa batas waktu selama persediaan masih ada," tutur Ritesh menjelaskan.

Adapun BonsTri diterima setelah pelanggan prabayar Tri melakukan pembelian dan registrasi kartu perdana, isi ulang pulsa, atau pembelian paket data. Poin BonsTri tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan produk dan penawaran menarik.

Beberapa di antaranya adalah voucher gaming dengan cashback dari ShopBack, akses premium di Viu, KlikFilm, dan Genflix, serta voucher menginap dengan diskon hingga Rp 2 juta dari PegiPegi, OYO, dan layanan lainnya.


Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Paket Ibadah Haji

Indosat Ooredoo Hutchison
Perbesar
Indosat Ooredoo Hutchison kembali meluncurkan paket komunikasi untuk mendukung ibadah haji pelanggan di Tanah Suci. (Dok: Indosat Ooredoo Hutchison).

Sebelumnya, IOH kembali meluncurkan paket komunikasi untuk mendukung ibadah haji pelanggan di Tanah Suci. Paket ini hadir baik untuk pelanggan IM3 maupun Tri.

Untuk pelanggan IM3, Indosat Ooredoo Hutchison mempermudah pelanggan untuk dapat terus terhubung dengan keluarga dan tidak perlu menukar kartu. Sementara Tri meluncurkan paket data unlimited Tri Ibadah.

"Berbagai pilihan paket yang kami sediakan melalui dua brand andalan IM3 dan Tri, bertujuan memberikan ketenangan saat beribadah serta kenyamanan pelanggan berkomunikasi dengan keluarga di rumah," tutur Ritesh Kumar Singh dalam keterangan resmi, Jumat (17/6/2022).

Ritesh menuturkan, pelanggan prabayar dan pascabayar IM3 maupun Tri dapat dengan mudah memilih satu dari beberapa paket yang tersedia tanpa perlu mengganti kartu. Pilihan paket yang dihadirkan pun terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

(Dio/Isk)


Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya