Sukses

Penampakan Bodi HP Android Asus ROG Phone 6, Seperti Apa?

Berdasarkan gambar yang kamu lihat di bawah, Asus masih tetap mempertahankan desain ikonik untuk model ROG Phone 6.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah muncul di TENAA, bocoran informasi tentang Asus ROG Phone 6 pun semakin marak beredar.

Salah satunya adalah kabar tentang spesifikasi ROG Phone 6 tersebut. Kini, sebuah gambar gaming smartphonen teranyar milik Asus itu nongol di TENAA.

Berdasarkan gambar yang kamu lihat di bawah, Asus masih tetap mempertahankan desain ikonik seri ROG Phone sebelumnya.

<p>Seperti ini bentuk ROG Phone 6? (Doc: GSMArena/ TENAA)</p>

Bedanya, kini ROG Phone 6 memiliki modul kamera dimana salah satu lensa--dengan cicin biru--terlihat lebih besar dari yang lain.

Tak hanya itu, terlihat juga sebuah layar kecil di belakang ponsel dengan ukuran lebih besar dari layar yang terpasang di ROG Phone 5 Ultimate.

Mengutip GSMArena, Minggu (26/6/2022), ROG Phone 6 akan dirilis pada 5 Juli 2022 dengan prosesor Snapdragon 8 Plus Gen 1, dan RAM 16GB.

HP Android juga akan dilengkapi dengan layar AMOLED 6.78 inci yang sudah mendukung refresh rate hingga 165Hz, dan kapasitas baterai 6,000mAh.

Sebelumnya, ROG Phone 6 juga mampir di laman Geekbench. Menggunakan kode nama ASUS_AI2201_F, ponsel baru Asus ini mencatatkan skor 1323 di uji single core.

Sedangkan untuk uji multi-core, ROG Phone 6 mencatatkan skor hingga 4238.

Diketahui, ponsel ini akan mengunakan chipset octa-core dengan empat core berkecepatan 2,02GHz dan empat core lainnya di 3,19GHz.

Seperti yang tercatat di Geekbench, ponsel ini menggunakan RAM 16GB. Namun, Asus dikabarkan juga akan merilis ROG Phone 6 versi 12GB dan 16GB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asus ROG Phone 6 Muncul di TENAA

ROG Phone 5S dan ROG Phone 5S Pro. (Doc: GSM Arena)

Berdasarkan informasi dari sertifikasi TENAA ini, tampaknya model yang terdaftar adalah varian ROG Phone 6 Pro, sebagaimana dilansir GSMArena, Jumat (24/6/2022).

Disebutkan, ponsel ini memiliki ukuran bodi 172,8 x 77,3 x 10,4mm--sama seperti ROG Phone 5/5/Pro tetapi lebih ringan dengan berat 229gram (sebelumnya 238gram).

ROG Phone 6 ini tampil dengan layar AMOLED berukuran 6.78 inci dan baterai 6,000mAh yang dibagi dua dengan kemampuan fast charging 65W.

Dalam hal performa, Asus sendiri sudah sesumbar ROG Phone 6 akan menjadi salah satu ponsel pertama di dunia yang menggunakan Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Dari info TENAA, gaming smartphone ini akan dilengkapi dengan RAM hingga 18GB dan penyimpanan sebesar 512GB.

Untuk urusan fotografi, ROG Phone 6 mengusung kamera belakang beresolusi 64MP. Beberapa pihak menyebutkan, kamera di ponsel ini akan memiliki kemampuan zoom optik hingga 5x.

Meski belum diketahui secara pasti, ROG Phone 6 Pro ini diyakini akan memiliki 4 kamera termasuk selfie 12MP.

3 dari 4 halaman

Bocoran Bentuk ROG Phone 6

Seperti ini penampakan HP Android ROG Phone 6? (Doc: EqualLeaks)

Lebih lanjut, Sumber bernama EqualLeaks baru-baru ini membagikan sketsa penampakan HP Android Zenfone 9 dan ROG Phone 6, dan informasi detail terkait keduanya.

ROG Phone 6 akan tampil dengan bagian LED, dan spesifikasi hardware paling tangguh di pasaran saat ini.

Dikutip dari Gizchina, Senin (3/1/2022), perusahaan asal Taiwan ini akan menyematkan logo ROG, LED, layar tambahan, dan tiga lensa kamera di ROG Phone 6.

Sedangkan untuk Zenfone 9 tampaknya tidak akan terlalu jauh berbeda dari seri sebelumnya, tetapi hadir dengan bentuk lebih modern.

4 dari 4 halaman

Kemampuan Snapdragon 8 Plus Gen 1

<p>Qualcomm resmi umumkan kehadiran Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1. (Doc: Qualcomm)</p>

Snapdragon 8 Plus Gen 1 merupakan chipset dengan peningkatan daya dan kinerja agar pengalaman menggunakan perangkat meningkat.

Sementara itu, Snapdragon 7 Gen 1 menawarkan pilihan fitur dan teknologi kelas atas, serta memperluas akses bagi pengguna ponsel di kelas menengah.

“Fokus utama kami adalah menghadirkan fitur-fitur baru dan teknologi inovatif yang dapat diaplikasikan di sektor industri, dan untuk perangkat unggulan pelanggan kami,” ungkap Christopher Patrick, Senior Vice President and General Manager, Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc, dalam keterangannya, Senin (23/5/2022).

Dia menambahkan, "Kami mengimplementasikan fitur-fitur ini terlebih dahulu di seri Snapdragon 8 dan kemudian mengembangkannya ke roadmap mobile kami."

Snapdragon 8 Plus Gen 1 diklaim akan memberikan dorongan luar biasa untuk meningkatkan pengalaman penggunaan di semua perangkat pengguna, dan memaksimalkan kemampuan bermain game sepanjang hari.

Adapun HP Android yang akan memakai chipset baru Qualcomm ini, termasuk ASUS, ROG, Black Shark, Honor, iQOO, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, OSOM, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Rencananya, ponsel-ponsel ini akan mulai dijual dan tersedia di pasaran pada Q3 2022 mendatang.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.