Sukses

Asus ROG Phone 6 Muncul di TENAA, Pakai Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan RAM 18GB

Berdasarkan informasi dari sertifikasi TENAA ini, tampaknya model yang terdaftar adalah varian ROG Phone 6 Pro dengan Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan RAM 18GB.

Liputan6.com, Jakarta - Asus disebut-sebut sedang bersiap untuk meluncurkan gaming smartphone terbarunya, ROG Phone 6, di pasaran.

Walau masih sungkan mengungkap kapan merilis ponsel itu, salah satu model ROG Phone 6 dengan kode nama ASUS_AI2201_B sudah mendapatkan sertifikasi TENAA.

Yup, kabar beredar menyebutkan Asus akan meluncurkan dua model HP Android ROG Phone 6, yaitu versi standar dan Pro.

Berdasarkan informasi dari sertifikasi TENAA ini, tampaknya model yang terdaftar adalah varian ROG Phone 6 Pro, sebagaimana dilansir GSMArena, Jumat (24/6/2022).

Disebutkan, ponsel ini memiliki ukuran bodi 172,8 x 77,3 x 10,4mm--sama seperti ROG Phone 5/5/Pro tetapi lebih ringan dengan berat 229gram (sebelumnya 238gram).

ROG Phone 6 ini tampil dengan layar AMOLED berukuran 6.78 inci dan baterai 6,000mAh yang dibagi dua dengan kemampuan fast charging 65W.

Dalam hal performa, Asus sendiri sudah sesumbar ROG Phone 6 akan menjadi salah satu ponsel pertama di dunia yang menggunakan Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Dari info TENAA, gaming smartphone ini akan dilengkapi dengan RAM hingga 18GB dan penyimpanan sebesar 512GB.

Untuk urusan fotografi, ROG Phone 6 mengusung kamera belakang beresolusi 64MP. Beberapa pihak menyebutkan, kamera di ponsel ini akan memiliki kemampuan zoom optik hingga 5x.

Meski belum diketahui secara pasti, ROG Phone 6 Pro ini diyakini akan memiliki 4 kamera termasuk selfie 12MP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Bentuk ROG Phone 6

Seperti ini penampakan HP Android ROG Phone 6? (Doc: EqualLeaks)

Lebih lanjut, Sumber bernama EqualLeaks baru-baru ini membagikan sketsa penampakan HP Android Zenfone 9 dan ROG Phone 6, dan informasi detail terkait keduanya.

ROG Phone 6 akan tampil dengan bagian LED, dan spesifikasi hardware paling tangguh di pasaran saat ini.

Dikutip dari Gizchina, Senin (3/1/2022), perusahaan asal Taiwan ini akan menyematkan logo ROG, LED, layar tambahan, dan tiga lensa kamera di ROG Phone 6.

Sedangkan untuk Zenfone 9 tampaknya tidak akan terlalu jauh berbeda dari seri sebelumnya, tetapi hadir dengan bentuk lebih modern.

3 dari 4 halaman

Kemampuan Snapdragon 8 Plus Gen 1

<p>Qualcomm resmi umumkan kehadiran Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1. (Doc: Qualcomm)</p>

Snapdragon 8 Plus Gen 1 merupakan chipset dengan peningkatan daya dan kinerja agar pengalaman menggunakan perangkat meningkat.

Sementara itu, Snapdragon 7 Gen 1 menawarkan pilihan fitur dan teknologi kelas atas, serta memperluas akses bagi pengguna ponsel di kelas menengah.

“Fokus utama kami adalah menghadirkan fitur-fitur baru dan teknologi inovatif yang dapat diaplikasikan di sektor industri, dan untuk perangkat unggulan pelanggan kami,” ungkap Christopher Patrick, Senior Vice President and General Manager, Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc, dalam keterangannya, Senin (23/5/2022).

Dia menambahkan, "Kami mengimplementasikan fitur-fitur ini terlebih dahulu di seri Snapdragon 8 dan kemudian mengembangkannya ke roadmap mobile kami."

Snapdragon 8 Plus Gen 1 diklaim akan memberikan dorongan luar biasa untuk meningkatkan pengalaman penggunaan di semua perangkat pengguna, dan memaksimalkan kemampuan bermain game sepanjang hari.

Adapun HP Android yang akan memakai chipset baru Qualcomm ini, termasuk ASUS, ROG, Black Shark, Honor, iQOO, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, OSOM, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Rencananya, ponsel-ponsel ini akan mulai dijual dan tersedia di pasaran pada Q3 2022 mendatang. 

4 dari 4 halaman

Tawarkan Peningkatan Snapdragon Elite Gaming

<p>Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1 resmi diluncurkan. (Doc: Qualcomm)</p>

Seperti seri Snapdragon 8 sebelumnya, varian Plus ini akan menawarkan fitur-fitur Snapdragon Elite Gaming sehingga mampu menawarkan tingkat respons yang sangat cepat.

Tak hanya itu, tampilan HDR pun akan ditingkatkan hingga memiliki kualitas visual tertinggi dan kemampuan kelas dekstop.

Dengan kemampuan Qualcomm Adreno GPU yang ditingkatkan Snapdragon 8 Plus memberikan peningkatan kecepatan hingga 10 persen dan 30 persen pengurangan daya untuk memberikan pengalaman gameplay terbaik.

Dengan peningkatan dan efisiensi daya tambahan, pengguna dapat merasakan waktu gameplay tambahan hinggga 60 menit.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 juga dilengkapi Qualcomm Kryo CPU dengan pemrosesan hingga 10 persen lebih cepat dan peningkatan efisiensi daya hingga 30 persen.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 menghadirkan teknologi Snapdragon Sight terbaru, seperti perekaman video HDR 8K untuk meningkatkan videografi smartphone.

Kemampuan tersebut mampu menangkap menggunakan format HDR10+ premium yang memuat lebih dari 1 miliar warna.

Selain itu, perusahaan juga menyertakan Snapdragon Smart yang ditenagai oleh7th Gen Qualcomm AI Engine dengan kinerja per Watt hingga 20 persen lebihbaik untuk memungkinkan penggunaan AI untuk efek bokeh legendaris Leica Leitz.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini