Sukses

Keren, YouTuber Ini Rakit Sendiri PS5 Slim

Tak sabar menunggu kehadiran PS5 versi slim, YouTuber bernama Matt Perks memberanikan diri untuk merakit dan membuat sendiri PS5 "Slim".

Liputan6.com, Jakarta - PlayStation 5 (PS5) memang memiliki bentuk bodi yang besar ketimbang konsol di pasaran saat ini, seperti Xbox Series X|S, PS4 atau PS4 Pro.

Berdasarkan pengalaman, Sony biasanya meluncurkan model "slim" untuk konsol PlayStation sebelumnya.

Namun, hingga kini Sony masih belum mengungkap informasi apa pun tentang keberadaan konsol PS5 Slim.

Tak sabar menunggu kehadiran PS5 versi slim, YouTuber bernama Matt Perks memberanikan diri untuk merakit dan membuat sendiri PS5 "Slim".

Matt pun merekam seluruh proses perakitan dan pembuatan PS5 "Slim", dan mempostingnya ke kanal DIY Perks miliknya di YouTube.

Menakjubkannya, Matt mampu berhasil mengecilkan ukuran bodi PS5 versi biasa dari hampir empat inci menjadi hanya di bawah satu inci.

Hasilnya adalah sebuah konsol dengan bodi tembaga tipis berisikan komponen utama PS5, dan power supply dan sistem pendingin terpisah dari konsol.

Sebagaimana dijelaskan di dalam video DIY Perks, sebagian besar alasan PS5 memiliki bentuk besar karena ukuran heatsink pendingin dan power supply.

Matt pun membuat sistem pendingin air khusus untuk menggantikan sistem pendingin PS5, dan menggunakan lapisan tembaga untuk mengalirkan air ke CPU.

Karena seluruh bagian motherboard konsol tertutup laporan tembaga, hal ini membantu komponen SSD dan sirkut power di motherboard tetap dingin.

Meskipun mengalami beberapa masalah saat perakitan, Matt mampu membuat konsol PS5 "Slim" buatanya beroperasi.

Menariknya, sistem pendingin buatan DIY Perks lebih efisien ketimbang yang terpasang di PS5 saat ini, berdasarkan suhu yang dia ambil saat melakukan pengujian bermain game Horizon Forbidden West.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sony Akan Rilis Fitur Edit Video Pendek di PS5

Bits PlayStation 5 (Dok. PlayStation)

Sony baru-baru ini meluncurkan fitur baru untuk Share Factory Studio PlayStation 5 (PS5), yang memungkinkan pengguna membuat video gameplay pendek dengan pre-set seperti di TikTok.

Dalam blog resmi PlayStation Rabu pekan lalu, Stuart Platt, Senior Producer di Sony Interactive Entertainment mengungkapkan nama dari mode tersebut adalah Bits.

"Bits adalah cara yang disederhanakan untuk mempersonalisasi dan membagikan klip gameplay dan tangkapan layar Anda ke teman-teman Anda di PS5," kata Stuart, dikutip Selasa (21/6/2022).

Menurut perusahaan, pengguna dapat memilih salah satu dari banyak style Bit yang telah dikurasi untuk membuat meme yang sedang trending atau terkenal dengan cepat.

Selain itu, pengguna PlayStation 5 juga dapat memakai mode Quick Edit untuk membuat Bit sendiri. Sony mengklaim, mode pengeditan baru ini sangat ideal untuk editor pemula ataupun profesional.

Stuart menambahkan, Bits juga menjadi pendamping sempurna untuk fitur Game Captures yang baru dirilis di PS App. 

3 dari 4 halaman

Sony Perkenalkan Bits

PS5. (Doc: Sony PlayStation)

Semua Bit yang dibuat di Share Factory Studio juga dapat diakses secara otomatis dari ponsel dan kemudian dibagikan ke aplikasi sosial favorit.

Pemain pun akan mendapatkan tema Bits baru yang dirilis setiap pekannya. Selain itu, tema Bits juga akan didasarkan pada acara-acara khusus, musim liburan, atau konten yang sedang trending.

"Tujuan kami dengan Bits adalah untuk membuatnya sangat mudah dan menyenangkan bagi gamer PlayStation membuat dan berbagi video gameplay berdurasi pendek untuk berbagi pencapaian keren, lelucon, aksi, dan jenis konten menarik lainnya," tulis Sony.

Sebagai informasi, dikutip dari Engadget, Share Factory Studio adalah aplikasi editing gratis PlayStation yang memungkinkan pemain mengambil dan mengedit cuplikan permainan secara langsung di konsol, dan membagikannya di media sosial.

Aplikasi ini dikemas dengan fitur editing video dan audio, termasuk dukungan untuk video HDR dan kemampuan untuk menambahkan animasi, stiker, filter, dan efek suara.

4 dari 4 halaman

Game Final Fantasy XVI Bakal Rilis di PS5

Cuplikan game Final Fantasy XVI (YouTube PlayStation)

Square Enix akhirnya mengumumkan bahwa judul terbaru dari waralaba Final Fantasy, Final Fantasy XVI, bakal dirilis pada musim panas 2023 mendatang untuk platform PlayStation 5 (PS5).

Hal ini disampaikan Square Enix dalam serangkaian acara State of Play yang digelar oleh PlayStation. Meski begitu, belum ada tanggal spesifik kapan gim ini akan diluncurkan.

Mengutip Engadget, Jumat (3/6/2022), Final Fantasy XVI (FFXVI) pertama kali diumumkan pada September 2020. Tim pengembang saat ini menjanjikan bakal merilis lebih banyak informasi di 2021.

Namun pada Desember 2021, tim pengembang mengungkapkan bahwa gim ini harus molor enam bulan dari jadwal karena pandemi. Akhirnya, melalui State of Play, sebuah trailer pun dirilis.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.