Sukses

Sony PlayStation Absen dari Gamescom 2022

Kabar PlayStation absen di Gamescom 2022 ini dikonfirmasi oleh Sony Interactive langsung saat ditanyakan oleh situs Games Wirtschaft.

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja mengonfirmasi tidak akan hadir alias absen dari ajang pameran gaming tahunan bernama Gamescom 2022.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara Gamescom digelar di Cologne, Jerman. Rencananya, ajang gaming itu akan diadakan pada 23 Agustus 2022.

Selain PlayStation, penerbit dan perusahaan gaming lain yang tidak akan hadir di Gamescom 2022, termasuk Nintendo, Activision Blizzard, dan Take-Two Interactive.

Kabar PlayStation absen di Gamescom 2022 ini dikonfirmasi oleh Sony Interactive langsung saat ditanyakan oleh situs Games Wirtschaft.

Selain tidak hadir di Gamescom 2022, PlayStation juga tidak akan mengumumkan apa pun di acara Geoff Keighley's Gamescom: Opening Night Live, dikutip dari Gamespot, Kamis (23/6/2022).

Karena tidak akan menghadiri Gamescom 2022, banyak pihak yang bertanya-tanya tentang apakah game God of War Ragnarok akan meluncur tahun ini.

Sony kerap kali menjadi peserta pameran paling besar di ajang Gamescom, dan sering memenangkan penghargaan dan memperlihatkan judul game baru buatan pihak ketiga.

Informasi, Gamescom tahun ini digelar dalam konsep hybrid--sesi tatap muka dan online. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Semenjak pandemi dan pembatasan acara secara offline, banyak penerbit dan pengembang game mengadakan acara mereka sendiri untuk meluncurkan game baru.

Salah satu paling terkini adalah Xbox & Bethesda Games Showcase 2022 pada 12 Juni kemarin.

Selain Xbox, Nintendo adalah perusahaan lain yang juga kerap mengumumkan game baru mereka secara online bertajuk Nintendo Direct.

Baik Xbox dan Nintendo menggunakan momen live streaming ini untuk mengumumkan judul game baru apa saja yang akan dirilis tahun ini, atau tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sony Akan Rilis Fitur Edit Video Pendek seperti TikTok di PS5

PS5. (Doc: Sony PlayStation)

Lebih lanjut, Sony baru-baru ini meluncurkan fitur baru untuk Share Factory Studio PlayStation 5 (PS5), yang memungkinkan pengguna membuat video gameplay pendek dengan pre-set seperti di TikTok.

Dalam blog resmi PlayStation Rabu pekan lalu, Stuart Platt, Senior Producer di Sony Interactive Entertainment mengungkapkan nama dari mode tersebut adalah Bits.

"Bits adalah cara yang disederhanakan untuk mempersonalisasi dan membagikan klip gameplay dan tangkapan layar Anda ke teman-teman Anda di PS5," kata Stuart, dikutip Selasa (21/6/2022).

Menurut perusahaan, pengguna dapat memilih salah satu dari banyak style Bit yang telah dikurasi untuk membuat meme yang sedang trending atau terkenal dengan cepat.

Selain itu, pengguna PlayStation 5 juga dapat memakai mode Quick Edit untuk membuat Bit sendiri. Sony mengklaim, mode pengeditan baru ini sangat ideal untuk editor pemula ataupun profesional.

Stuart menambahkan, Bits juga menjadi pendamping sempurna untuk fitur Game Captures yang baru dirilis di PS App. 

3 dari 3 halaman

Fitur Editing Bernama Bit

Bits PlayStation 5 (Dok. PlayStation)

Semua Bit yang dibuat di Share Factory Studio juga dapat diakses secara otomatis dari ponsel dan kemudian dibagikan ke aplikasi sosial favorit.

Pemain pun akan mendapatkan tema Bits baru yang dirilis setiap pekannya. Selain itu, tema Bits juga akan didasarkan pada acara-acara khusus, musim liburan, atau konten yang sedang trending.

"Tujuan kami dengan Bits adalah untuk membuatnya sangat mudah dan menyenangkan bagi gamer PlayStation membuat dan berbagi video gameplay berdurasi pendek untuk berbagi pencapaian keren, lelucon, aksi, dan jenis konten menarik lainnya," tulis Sony.

Sebagai informasi, dikutip dari Engadget, Share Factory Studio adalah aplikasi editing gratis PlayStation yang memungkinkan pemain mengambil dan mengedit cuplikan permainan secara langsung di konsol, dan membagikannya di media sosial.

Aplikasi ini dikemas dengan fitur editing video dan audio, termasuk dukungan untuk video HDR dan kemampuan untuk menambahkan animasi, stiker, filter, dan efek suara.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini