Sukses

Warganet Sambut Meriah Ulang Tahun Jakarta 22 Juni 2022

Liputan6.com, Jakarta - DKI Jakarta merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 pada hari ini, Rabu (22/6/2022). Warganet pun menyambut ulang tahun Jakarta ini dengan meriah.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, tagar #JakartaHajatan495 mulai merangkak naik di trending topic milik Twitter.

Berbagai ucapan selamat ulang tahun dan harapan warganet pun membanjiri lini masa media sosial Twitter.

Hingga berita ini ditulis, #JakartaHajatan495 sudah dicuitkan sebanyak 1,396 kali.

Untuk mengetahui seperti apa kicauan warganet mengenai HUT DKI Jakarta ke-495, berikut ini ada beberapa tweet yang sudah dihimpun dari Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upacara Perayaan HUT DKI Jakarta ke-495 Berlangsung di Monas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta di Monumen Nasional (Monas) hari ini, Rabu (22/6/2022).

Upacara Perayaan Hari Ulang Tahun ke-495 Jakarta digelar di kawasan monumen nasional (Monas), Rabu (22/6/2022).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, kawasan Monas dihias secantik mungkin dengan ornamen khas betawi, seperti kembang kelape. Dipajang pula dua ondel-ondel besar di sebelah kiri dan kanan tenda putih tempat duduk tamu dan undangan kehormatan. Dibentang pula karpet merah menutupi sebagian lapangan upacara.

Upacara Perayaan HUT ke-495 Jakarta ini dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring). Disediakan satu layar ukuran besar dan satu layar ukuran kecil yang menampilkan rangkaian acara yang sedang berlangsung.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang pada pukul 07.18 WIB didamping istrinya Ferry Farhati. Hadir pula Wakil Gubernur DKI Jakarta beserta istri Ellisa Sumarlin.

Acara dimulai diawali dengan rombongan Pasukan Defile yang memasuki kawasan Monas. Pasukan Defile pertama yang memasuki kawasan Monas ialah abang none Jakarta, yakni sebanyak 98 abang none mengenakan baju adat betawi dan memberikan salam takzim pada tamu yang hadir.

Selanjutnya, Pasukan Defile dari Perwakilan Bapeda, Dinas Kebudayaan DKI, Perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai kota administrasi seperti dari Kepulauan Seribu, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

3 dari 4 halaman

Anies Baswedan Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

Pengunjung melihat parade karnaval pada Jakarta Fair ke-53 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022) malam. Adapun kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Jakarta yang jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kemudian, nampak memasuki kawasan upacara Pasukan Kuning, Pasukan Hijau, Pasukan Biru, dan Pasukan Oranye.

Disusul oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perwakilan Dinas Perhubungan, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Polri, dan diakhiri oleh pasukan TNI.

Para Pasukan Defile berkeling berkeling lapangan upacara sisi selatan Medan Merdeka Monas. Beberapa pasukan terlihat membawa bendera kecil sembari dikibarkan bertulis Jakarta Hajatan. Para Pasukan Defile ini kemudian berbaris di depan panggung menghadap tenda para tamu kehormatan.

Turut hadir siswa-siswi berprestasi, Qori dan Qoriah pemenang lomba tilawah nasional dan internasional, ASN teladan dan berprestasi, guru-guru, atlet, serta pemenang, pemuka agama, kepala daerah, dan pemenang lomba Jakarta Hajatan.

Acara dilanjutkan dengan dibacakannya sejarah Jakarta oleh Imam Priyono dan diilustrasikan oleh pelukis pasir Vina Candrawati.

Upacara dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB. Bertindak sebagai Inspektur upacara Anies Baswedan, Asisten Pemerintahan DKI Sigit Wijatmoko selaku Komandan Upacara.

4 dari 4 halaman

11 Museum Ini Gratis Dikunjungi pada Rabu 22 Juni 2022

Pengunjung menyaksikan pesta kembang api di langit saat Jakarta Fair ke-53 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022) malam. Pesta kembang api menggelegar di kawasan PRJ bertepatan dengan HUT Jakarta yang jatuh pada besok, 22 Juni 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya @disbuddki, menyebut akan menggelar kunjungan gratis ke sejumlah museum di Ibu Kota pada Rabu, 22 Juni 2022 besok.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyemarakkan hari ullang tahun (HUT) atau Jakarta Hajatan ke-495.

Masyarakat dapat mengunjungi 11 museum yang dikelola Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Adapun 11 museum tersebut antara lain Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, dan Museum Tekstil.

Lalu ada Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeologi Unrust, Rumah Si Pitung, dan Museum Betawi Setu Babakan.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.